Rpp Daring (Panduan Untuk Guru Dan Orang Tua) Jadwal Dan Bahan Jenjang Smp Kelas 7 8 9 Kegiatan Berguru Dari Rumah ( Bdr) Melalui Tvri Ahad Ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020)

(Panduan Untuk Guru dan Orang Tua) Jadwal dan Materi Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 8 9 Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020) - Seru Belajar Kebiasaan Baru yaitu kampanye publik Kemendikbud dalam menginformasikan dan mengedukasi masyarakat perihal penyelenggaraan pembelajaran dan tahun akademik gres di masa pandemi COVID-19.

Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak berguru di rumah sebab terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam acara BDR mencakup tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, Sekolah Menengah Pertama dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan acara keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi. 

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain acara BDR yaitu untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan abjad positif.

Tahun fatwa gres tidak sama dengan dibukanya kembali sekolah. Apakah sekolahmu termasuk yangbisa dibuka kembali? Ada syarat yang perlu Bapak dan Ibu ketahui biar anak kita dan seluruh warga sekolah tetap sehat dan selamat.
Selain itu, tentu ada cara-cara seru berguru kebiasaan baru. Seperti apa? Simak tayangan ini, ya!

Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum acara ditayangkan, orang bau tanah mengajak anak duduk bersama dengan perilaku rileks dan menjelaskan sekilas perihal lamanya tayangan dan acara yang akan dilakukan dengan anak ketika dan/atau sehabis menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.

- KOMPETENSI LITERASI

   A. PANDUAN UNTUK ORANG TUA

Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 
  1. Jika memungkinkan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi setelah menyaksikan tayangan acara dengan memperhatikan kesantunan berbahasa. 
  3. Pandulah anak mengerjakan kiprah yang disampaikan dalam tayangan. 
  4. Berikanlah semangat dan dukungan kepada anak untuk melaksanakan acara pembelajaran lainnya sebagai umpan balik dari hasil tayangan program. 
  5. Bacalah hasil pekerjaan anak. Berikanlah semangat, motivasi, dan pandangan gres dari kehidupan yang sanggup menguatkan abjad anak.
  B. PANDUAN UNTUK SISWA

Berikut hal yang sanggup kau lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi dari melihat tayangan: 
  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami keseluruhan ide pokok dan bukti pendukung isu dengan data yang akurat dan juga tepat. 
  2. Berdiskusilah dengan orang bau tanah atau saudaramu untuk merumuskan dugaan yang masuk nalar yang sanggup diuji perihal bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi dengan sangat sempurna menurut kiprah yang diberikan. 
  3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menuliskan pendapat atau gagasan. 
  4. Pastikan acuan atau rujukan yang kau ambil yaitu rujukan yang akurat dan benar. 
  5. Kutiplah isu yang mempunyai nilai kebaruan, relevan dengan kondisi sekarang, dan potensial untuk diwujudkan. 6. Berkomunikasilah dengan baik dengan melihat situasi kondisi lawan bicara serta gunakan memperhatikan norma kesopanan. 
- KOMPETENSI NUMERASI 
   A. PANDUAN UNTUK ORANG TUA

Berikut hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 

  1. Jika memungkikan, perhatikan apakah anak menyimak tayangan dengan baik. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. 
  3. Berilah motivasi untuk penyelesaian kiprah yang diberikan dengan menyidik kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 
  4. Untuk kiprah yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari acuan lainnya dari buku. 
  5. Jika memungkikan, berdiskusilah dengan guru apabila anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 
  6. Berikan penghargaan untuk upaya yang telah dilakukan anak untuk menuntaskan tugas. 
  B. PANDUAN UNTUK SISWA

Berikut hal yang sanggup kau lakukan untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi dari melihat tayangan: 

  1. Siapkan alat tulis sebelum tayangan. Simaklah tayangan dengan baik untuk memahami materi yang disampaikan. 
  2. Berusahalah untuk mengerjakan kiprah yang disampaikan. 
  3. Pergunakan sumber lain untuk membantu mengerjakan tugas. 
  4. Catatlah hal-hal yang belum sanggup kau pahami dengan baik sebagai materi diskusi dengan orang bau tanah dan/atau dengan guru serta temanmu dengan memakai gawai. 
  5. Mintalah bimbingan dari orang bau tanah atau saudaramu kalau memungkinkan.  

1. HARI SENIN, 13 JULI 2020 ( Memahami Konsep Waktu )


Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kau akan sanggup menyebarkan kompetensi berikut :

KOMPETENSI LITERASI: 

Menuliskan pengamatan dan pengalaman secara koheren dan padu memakai rujukan secara etis dan metodologi sederhana
Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Teman-teman, bagaimana liburanmu? Berbedakah liburan sekolah tahun ini dengan tahun kemarin? Siapa yang masih merasa kurang liburannya? Hm… mengapa waktu terasa lebih cepat ketika kita liburan? Ternyata ada penjelasannya, lho. Simak yuk, tayangan berikut!


Ketika berguru di sekolah, waktu terasa begitu lama. Namun ketika bermain, waktu terasa begitu cepat. Apalagi, ketika kita tidak sanggup mengatur waktu. Cara apa yang sanggup kau lakukan untuk menciptakan berguru terasa mengasyikan menyerupai ketika bermain? 
  1. Video Pembelajaran Segmen 1 Silahkan Simak (Klik Disini)
  2. Video Pembelajaran Segmen 2 Silahkan Simak (Klik Disini)
  3. Video Pembelajaran Segmen 3 Silahkan Simak (Klik Disini)
  4. Video Pembelajaran Segmen 4 Silahkan Simak (Klik Disini)
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Tuliskan pendapatmu, mengapa ketika kita bersenang-senang waktu terasa lebih cepat berlalu?
  2. Waktu berguru ketika tidak ada pandemi COVID-19 tentu berbeda dengan sekarang. Ceritakan bagaimana kau memanfaatkan waktu dengan bijak dengan contoh 4 kuadran prioritas atau dengan to do list? 
 Ternyata asyik yah berkebun! Nah, adik-adik sanggup mempraktikkannya di rumah bersama ayah, bunda. Adik-adik juga sanggup menentukan tanaman yang kalian inginkan.

2. HARI SELASA, 14 JULI 2020 ( Penerapan Konsep Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari )


Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kau akan sanggup menyebarkan kompetensi berikut:

KOMPETENSI NUMERASI : 

Menyebutkan penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari 

Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Tahukah kalian kalau zaman dahulu orang Mesir memakai matematika untuk membangun piramida. Sekarang pun dalam kehidupan sehari-hari, konsep matematika diterapkan di sekitar kita, menyerupai di rumah yang kita tinggali, di film animasi yang kita tonton, dan juga di es krim yang kita makan. Seperti apa yah konsep-konsep matematika ini? Yuk dengarkan tayangan berikut!
  1. Video Pembelajaran Segmen 1 Silahkan Simak (Klik Disini)
  2. Video Pembelajaran Segmen 2 Silahkan Simak (Klik Disini)
  3. Video Pembelajaran Segmen 3 Silahkan Simak (Klik Disini)
  4. Video Pembelajaran Segmen 4 Silahkan Simak (Klik Disini)
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Sebutkan minimal 6 penerapan konsep matematika yang terdapat dalam kehidupan kau sehari-hari! 
2. HARI RABU, 15 JULI 2020 ( Planet Kita: Air Tawar )


Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kau akan sanggup menyebarkan kompetensi berikut :

KOMPETENSI LITERASI: 

Mempresentasikan pendapat secara verbal dengan argumen yang sanggup dipertanggungjawabkan 

Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Keindahan alam planet bumi, dan bagaimana perubahan iklim mempengaruhi seluruh sendi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi. Kebutuhan air higienis sangat besar dan penting bagi berlangsungnya kehidupan untuk semua makhluk. Namun, ketersediaan air higienis ternyata tidak sanggup diprediksi dan memadai bagi semua keperluan makhluk hidup di bumi. Film dokumenter Planet Kita: Air Tawar mengajarkan kita bahwa ada banyak kehidupan yang bergantung pada aliran air. Untuk siswa SMP, setelah menonton tayangan berikut ini, jawab pertanyaan berikut ya. Untuk siswa SMA/SMK, pertanyaan akan ada di selesai tayangan. 
  1. Video Pembelajaran Segmen 1 Silahkan Simak (Klik Disini)
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :

  1. Sebutkan tiga acara insan yang sanggup menyebabkan terjadinya krisis air! 
  2. Langkah kreatif apa yang sanggup kau lakukan untuk menyadarkan masyarakat perihal pentingnya pelestarian air? 
  3. Langkah aktual apa yang sanggup kau lakukan sehari-hari untuk melestarikan air? 
4. HARI KAMIS, 16 JULI 2020 ( Operasi Hitung Pecahan )


Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kau akan sanggup menyebarkan kompetensi berikut :

KOMPETENSI LITERASI: 

  1. Mengenal isu akurat dan menurut fakta; 
  2. Menuliskan pengamatan dan pengalaman secara koheren dan padu memakai rujukan secara etis dan metodologi sederhana 


Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Teman-teman, tahukah kalian bahwa Indonesia kaya akan peninggalan prasejarah? Salah satu peninggalan prasejarah itu yaitu gambar cadas. Seperti apa lebih jelasnya gambar cadas itu? Simak baik-baik tayangan berikut. 
  1. Video Pembelajaran Segmen 1 Silahkan Simak (Klik Disini)
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Bagaimana karakteristik daerah yang biasanya ditemukan peninggalan gambar cadas di Indonesia?
  2. Apa kesamaan yang kau lihat dari gambar cadas temuan peneliti di sejumlah gua?

5. HARI JUMAT, 17 JULI 2020 ( Tokoh-tokoh Inspiratif Dunia )


Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Teman-teman, dari tayangan hari ini, kau akan sanggup menyebarkan kompetensi berikut :

KOMPETENSI LITERASI : 

Mempresentasikan pendapat secara verbal dengan argumen yang sanggup dipertanggungjawabkan.


Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :
  1. Video Pembelajaran Segmen 1 Silahkan Simak (Klik Disini)
  2. Video Pembelajaran Segmen 2 Silahkan Simak (Klik Disini)
  3. Video Pembelajaran Segmen 3 Silahkan Simak (Klik Disini)
  4. Video Pembelajaran Segmen 4 Silahkan Simak (Klik Disini)
  5. Video Pembelajaran Segmen 5 Silahkan Simak (Klik Disini)
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Menurutmu, bagaimana biar seseorang sanggup menginspirasi orang lain? 
  2. Ceritakan perihal seorang tokoh yang menginspirasimu, dan berikan alasan mengapa tokoh tersebut inspiratif! 
  3. Inspirasi positif apa yang sanggup kau berikan pada orang di sekitarmu terkait pandemi yang melanda supaya mereka tetap semangat?

Silahkan Unduh Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 8 9 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020) pada link yang sudah kami siapkan dibawah ini :






(Unduh Disini) Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang SMP Kelas 7 8 9 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020).pdf

Demikian kami sampaikan Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang SMP Kelas 7 8 9 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020), Semoga bermanfaat.

0 Response to "Rpp Daring (Panduan Untuk Guru Dan Orang Tua) Jadwal Dan Bahan Jenjang Smp Kelas 7 8 9 Kegiatan Berguru Dari Rumah ( Bdr) Melalui Tvri Ahad Ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel