Rpp Daring Buku Guru Dan Buku Siswa Pjok Kelas 5 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019
Buku Guru dan Buku Siswa PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 - Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan cuilan integral dari acara pendidikan nasional untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, contoh hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Pengembangan aspek-aspek tersebut dilakukan melalui pembekalan pengalaman mencar ilmu memakai aktivitas jasmani terpilih serta dilakukan secara sistematis dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.
Pembekalan pengalaman mencar ilmu dilakukan dengan menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Proses dan hasil pembelajaran diukur melalui evaluasi kinerja untuk mengetahui ketercapaian kompetensi. Kompetensi PJOK dikembangkan berdasarkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik.
Pengembangan kompetensi ranah fisik dan motorik didasarkan prinsip pertumbuhan serta perkembangan fisik dan gerak. Pembelajaran ranah fisik dan gerak dibedakan sesuai jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan SD/MI kelas rendah (kelas 1–3) diarahkan mencapai penyempurnaan dan pemantapan contoh gerak dasar, pengembangan kebugaran jasmani, serta contoh hidup sehat.
Pencapaian kompetensi dilakukan melalui permainan sederhana dan tradisional, kegiatan senam, kegiatan gerak berirama, aktivitas air, dan bahan kesehatan. Pada kelas tinggi (4–6) diarahkan untuk pengembangan gerak dasar menuju kesiapan gerak spesifik, pengembangan kebugaran jasmani, serta gaya hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, bela diri, senam, gerak berirama, kegiatan air, dan bahan kesehatan.
Buku Guru Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas V SD/MI ini sebagai panduan guru dalam menggunakan buku siswa Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas V SD/MI. Buku Guru ini memudahkan guru memberikan materi, melaksanakan penilaian, menyajikan remedial, pengayaan, serta berinteraksi dengan orang tua. Guru dapat mengelola kegiatan pembelajaran yang variatif dan menyenangkan.
Buku ini disusun menurut pada kompetensi mata pelajaran untuk membantu guru memfasilitasi penerima didik untuk belajar aktif, efisien, dan efektif sehingga mencapai kompetensi tertentu.
Pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk mewujudkan generasi cerdas dan berakhlak mulia dalam memperluas wawasan, menguasai teknologi, mempunyai rasa cinta tanah air, serta mempunyai sikap pantang menyerah. Dengan Kurikulum 2013, pemerintah mempersiapkan generasi penerus yang bisa menuntaskan permasalahan dan menjawab tantangan pada masa depan. Generasi ini juga diharapkan mampu menuntaskan persoalan berkategori higher order thinking skills (HOTS). Pada pembelajaran PJOK, penerima didik diarahkan menguasai keterampilan era XXI, mencakup communication, collaborative, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation.
Mengingat beratnya tantangan guru PJOK, implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan dengan contoh pembelajaran berikut :
- Pembelajaran berpusat pada penerima didik.
- Pembelajaran bersifat interaktif.
- Pembelajaran secara berjejaring.
- Pembelajaran bersifat aktif–mencari.
- Pembelajaran berbasis kelompok.
- Pembelajaran berbasis alat multimedia.
- Pembelajaran untuk pengembangan potensi penerima didik.
- Pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisiplin).
- Pembelajaran menjadi bersifat kritis.
Pada pemberlakuan Kurikulum 2013, guru sebagai ujung tombak yang memilih tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Guru juga bersentuhan eksklusif dalam kegiatan pembelajaran sebagai dinamisator, motivator, dan fasilitator. Oleh alasannya ialah itu, guru dituntut mempunyai wawasan serta kemampuan mengelola kegiatan pembelajaran. Buku Guru inilah yang membantu guru memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.
PJOK bukan sekadar mata pelajaran yang berisi materi aktivitas untuk mengasah kompetensi keterampilan penerima didik atau memberi pengetahuan perihal kesehatan dan keterampilan berolahraga. PJOK juga tidak menuntut penerima didik menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu. Melalui kegiatan dalam PJOK, penerima didik sanggup bereksplorasi dan menemukan sesuatu yang gres secara tidak langsung.
Pada kelas V, bahan pembelajaran PJOK disampaikan untuk meraih kompetensi berikut :
Berdasarkan jumlah kompetensi dasar terutama yang terkait dengan klasifikasi KI3, buku PJOK kelas V disusun menjadi sepuluh pelajaran (bab) sebagai berikut.
Pada kelas V, bahan pembelajaran PJOK disampaikan untuk meraih kompetensi berikut :
- Mengetahui konsep dan mempraktikkan contoh gerak dasar dan variasi gerak dasar.
- Mengetahui konsep dan mempraktikkan latihan kebugaran sederhana.
- Mengetahui dan mempraktikkan contoh gerak dasar dan variasi gerak secara umum dikuasai statis pada olahraga senam.
- Mengetahui dan mempraktikkan contoh gerak dasar dan variasi gerak berirama.
- Mengetahui dan mempraktikkan gerak dasar pengenalan di air dan gerak dasar keselamatan dalam kegiatan air.
- Memahami/mengetahui dan menyajikan konsep pemeliharaan kebersihan alat reproduksi; menjaga diri dari banyak sekali tindakan/ sikap tidak senonoh; penyakit menular dan tidak menular; serta ancaman merokok, ancaman narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.
- Menunjukkan sikap sportif, kerja sama, toleransi, disiplin, dan menerima kekalahan dengan sikap konkret dan mengekspresikan kemenangan secara wajar.
- Gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
- Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil.
- Aktivitas atletik.
- Aktivitas bela diri.
- Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
- Aktivitas senam.
- Aktivitas gerak berirama.
- Aktivitas air dan keselamatan diri.
- Kesehatan.
Berdasarkan jumlah kompetensi dasar terutama yang terkait dengan klasifikasi KI3, buku PJOK kelas V disusun menjadi sepuluh pelajaran (bab) sebagai berikut.
- Pelajaran I : Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Besar
- Pelajaran II : Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Kecil
- Pelajaran III : Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar melalui Lompat Jauh dan Lempar Roket
- Pelajaran IV : Variasi Gerak Dasar Pencak Silat
- Pelajaran V : Latihan Daya Tahan Jantung
- Pelajaran VI : Pola Gerak Dominan pada Senam Ketangkasan Menggunakan Alat
- Pelajaran VII : Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan dalam Aktivitas Berirama
- Pelajaran VIII : Renang Gaya Dada
- Pelajaran IX : Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit
- Pelajaran X : Bahaya Rokok, Minuman Keras, dan Narkoba
Unduh Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Pada link yang sudah kamis sediakan dibawah ini :
1. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 ( Unduh Disini )
2. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 ( Unduh Disini )
Demikian Kami Sampaikan Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 , Semoga Bermanfaat .
0 Response to "Rpp Daring Buku Guru Dan Buku Siswa Pjok Kelas 5 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019"
Post a Comment