Rpp Daring Buku Guru Dan Buku Siswa Pjok Kelas 6 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Guru dan Buku Siswa PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 - Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan serpihan integral dari acara pendidikan nasional untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, contoh hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Pengembangan aspek-aspek tersebut dilakukan melalui pembekalan pengalaman berguru memakai aktivitas jasmani terpilih serta dilakukan secara sistematis dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.

Pembekalan pengalaman berguru dilakukan dengan menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Proses dan hasil pembelajaran diukur melalui evaluasi kinerja untuk mengetahui ketercapaian kompetensi. Kompetensi PJOK dikembangkan berdasarkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik.

Pengembangan kompetensi ranah fisik dan motorik didasarkan prinsip pertumbuhan serta perkembangan fisik dan gerak. Pembelajaran ranah fisik dan gerak dibedakan sesuai jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan SD/MI kelas rendah (kelas 1–3) diarahkan mencapai penyempurnaan dan pemantapan contoh gerak dasar, pengembangan kebugaran jasmani, serta contoh hidup sehat.

Pencapaian kompetensi dilakukan melalui permainan sederhana dan tradisional, acara senam, acara gerak berirama, aktivitas air, dan bahan kesehatan. Pada kelas tinggi (4–6) diarahkan untuk pengembangan gerak dasar menuju kesiapan gerak spesifik, pengembangan kebugaran jasmani, serta gaya hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, bela diri, senam, gerak berirama, acara air, dan bahan kesehatan.

Buku Guru Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI ini sebagai panduan guru dalam menggunakan buku siswa Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI. Buku Guru ini memudahkan guru memberikan materi, melaksanakan penilaian, menyajikan remedial, pengayaan, serta berinteraksi dengan orang tua. Guru dapat mengelola kegiatan pembelajaran yang variatif dan menyenangkan.

Buku ini disusun menurut pada kompetensi mata pelajaran untuk membantu guru memfasilitasi penerima didik untuk belajar aktif, efisien, dan efektif sehingga mencapai kompetensi tertentu.

Pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk mewujudkan generasi cerdas dan berakhlak mulia dalam memperluas wawasan, menguasai teknologi, mempunyai rasa cinta tanah air, serta mempunyai perilaku pantang menyerah. Dengan Kurikulum 2013, pemerintah mempersiapkan generasi penerus yang bisa menuntaskan permasalahan dan menjawab tantangan pada masa depan. Generasi ini juga diharapkan mampu menuntaskan dilema berkategori higher order thinking skills (HOTS). Pada pembelajaran PJOK, penerima didik diarahkan menguasai keterampilan era XXI, mencakup communication, collaborative, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation.

Mengingat beratnya tantangan guru PJOK, implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan dengan contoh pembelajaran berikut :

  1. Pembelajaran berpusat pada penerima didik.
  2. Pembelajaran bersifat interaktif.
  3. Pembelajaran secara berjejaring.
  4. Pembelajaran bersifat aktif–mencari.
  5. Pembelajaran berbasis kelompok.
  6. Pembelajaran berbasis alat multimedia.
  7. Pembelajaran untuk pengembangan potensi penerima didik.
  8. Pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisiplin).
  9. Pembelajaran menjadi bersifat kritis.
Pada pemberlakuan Kurikulum 2013, guru sebagai ujung tombak yang memilih tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Guru juga bersentuhan eksklusif dalam kegiatan pembelajaran sebagai dinamisator, motivator, dan fasilitator. Oleh sebab itu, guru dituntut mempunyai wawasan serta kemampuan mengelola kegiatan pembelajaran. Buku Guru inilah yang membantu guru memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.


PJOK tidak sekadar memuat bahan acara fisik untuk mengasah kompetensi keterampilan penerima didik atau meningkatkan pengetahuan perihal kesehatan dan keterampilan berolahraga.

PJOK juga tidak menuntut penerima didik menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu. Melalui aneka macam acara fisik dalam PJOK, peserta didik diajak dalam suasana gembira. Dengan demikian, peserta didik sanggup bereksplorasi dan menemukan sesuatu yang baru secara tidak langsung.


Pada kelas VI bahan pembelajaran PJOK disampaikan untuk meraih kompetensi berikut : 



  1. Memahami dan mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.
  2. Memahami dan mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.
  3. Memahami dan mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar.
  4. Memahami dan mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif gerak dasar seni bela diri.
  5. Memahami latihan kebugaran jasmani dan pengukuran tingkat kebugaran jasmani.
  6. Memahami dan mempraktikkan rangkaian tiga contoh gerak dominan dalam acara senam.
  7. Memahami dan mempraktikkan penggunaan variasi dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
  8. Memahami dan mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang dan dasar-dasar evakuasi diri.
  9. Mendeskripsikan perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi.

Pengembangan Kompetensi Dasar (KD) tidak dibatasi rumusan Kompetensi Inti (KI), tetapi diadaptasi karakteristik mata pelajaran, Aktif Berolahraga - Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 7 kompetensi, lingkup bahan dan psiko-pedagogi. Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK kelas VI sebagai berikut :


  1. Gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
  2. Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil.
  3. Aktivitas atletik.
  4. Aktivitas bela diri.
  5. Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
  6. Aktivitas senam.
  7. Aktivitas gerak ber irama.
  8. Aktivitas air dan keselamatan diri.
  9. Kesehatan.

Berdasarkan jumlah kompetensi dasar terutama terkait penjabaran KI 3, buku PJOK kelas VI disusun menjadi sembilan pelajaran sebagai berikut : 


  1. Pelajaran I : Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar
  2. Pelajaran II : Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Berbagai Permainan Bola Kecil
  3. Pelajaran III : Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar
  4. Pelajaran IV : Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor dan Nonlokomotor dalam Seni Bela Diri (Pencak Silat)
  5. Pelajaran V : Aktivitas Kebugaran Jasmani
  6. Pelajaran VI : Gerakan Dominan dalam Aktivitas Senam
  7. Pelajaran VII : Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Aktivitas Gerak Ber irama
  8. Pelajaran VIII : Renang dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air
  9. Pelajaran IX : Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi
Unduh Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Pada link yang sudah kamis sediakan dibawah ini :

1. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 ( Unduh Disini )


2. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 ( Unduh Disini )



Demikian Kami Sampaikan Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 , Semoga Bermanfaat .

0 Response to "Rpp Daring Buku Guru Dan Buku Siswa Pjok Kelas 6 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel