Rpp Daring Buku Guru Dan Buku Siswa Pjok Kelas 4 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Guru dan Buku Siswa PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 - Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan bab integral dari agenda pendidikan nasional untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, teladan hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Pengembangan aspek-aspek tersebut dilakukan melalui pembekalan pengalaman berguru memakai aktivitas jasmani terpilih serta dilakukan secara sistematis dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.



Pembekalan pengalaman berguru dilakukan dengan menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Proses dan hasil pembelajaran diukur melalui evaluasi kinerja untuk mengetahui ketercapaian kompetensi. Kompetensi PJOK dikembangkan berdasarkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan akseptor didik.

Pengembangan kompetensi ranah fisik dan motorik didasarkan prinsip pertumbuhan serta perkembangan fisik dan gerak. Pembelajaran ranah fisik dan gerak dibedakan sesuai jenjang pendidikan. Pada jenjang pendidikan SD/MI kelas rendah (kelas 1–3) diarahkan mencapai penyempurnaan dan pemantapan teladan gerak dasar, pengembangan kebugaran jasmani, serta teladan hidup sehat.

Pencapaian kompetensi dilakukan melalui permainan sederhana dan tradisional, acara senam, acara gerak berirama, aktivitas air, dan bahan kesehatan. Pada kelas tinggi (4–6) diarahkan untuk pengembangan gerak dasar menuju kesiapan gerak spesifik, pengembangan kebugaran jasmani, serta gaya hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, bela diri, senam, gerak berirama, acara air, dan bahan kesehatan.

Buku Guru Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI ini sebagai panduan guru dalam menggunakan buku siswa Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas IV SD/MI. Buku Guru ini memudahkan guru memberikan materi, melaksanakan penilaian, menyajikan remedial, pengayaan, serta berinteraksi dengan orang tua. Guru dapat mengelola kegiatan pembelajaran yang variatif dan menyenangkan.

Buku ini disusun menurut pada kompetensi mata pelajaran untuk membantu guru memfasilitasi akseptor didik untuk belajar aktif, efisien, dan efektif sehingga mencapai kompetensi tertentu.

Pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk mewujudkan generasi cerdas dan berakhlak mulia dalam memperluas wawasan, menguasai teknologi, mempunyai rasa cinta tanah air, serta mempunyai perilaku pantang menyerah. Dengan Kurikulum 2013, pemerintah mempersiapkan generasi penerus yang bisa menuntaskan permasalahan dan menjawab tantangan pada masa depan. Generasi ini juga diharapkan mampu menuntaskan duduk kasus berkategori higher order thinking skills (HOTS). Pada pembelajaran PJOK, akseptor didik diarahkan menguasai keterampilan kurun XXI, mencakup communication, collaborative, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation.

Mengingat beratnya tantangan guru PJOK, implementasi Kurikulum 2013 dikembangkan dengan teladan pembelajaran berikut :

  1. Pembelajaran berpusat pada akseptor didik.
  2. Pembelajaran bersifat interaktif.
  3. Pembelajaran secara berjejaring.
  4. Pembelajaran bersifat aktif–mencari.
  5. Pembelajaran berbasis kelompok.
  6. Pembelajaran berbasis alat multimedia.
  7. Pembelajaran untuk pengembangan potensi akseptor didik.
  8. Pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisiplin).
  9. Pembelajaran menjadi bersifat kritis.



Pada pemberlakuan Kurikulum 2013, guru sebagai ujung tombak yang memilih tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Guru juga bersentuhan pribadi dalam kegiatan pembelajaran sebagai dinamisator, motivator, dan fasilitator. Oleh alasannya yaitu itu, guru dituntut mempunyai wawasan serta kemampuan mengelola kegiatan pembelajaran. Buku Guru inilah yang membantu guru memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.


PJOK tidak hanya memuat bahan acara fisik untuk mengasah kompetensi keterampilan akseptor didik atau meningkatkan pengetahuan wacana kesehatan dan keterampilan berolahraga.

PJOK juga tidak menuntut akseptor didik menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu. Melalui acara fisik dalam PJOK, peserta didik diajak menikmati suasana gembira. Peserta didik pun dapat bereksplorasi dan menemukan sesuatu yang gres secara tidak langsung.

Pengembangan Kompetensi Dasar (KD) tidak dibatasi rumusan Kompetensi Inti (KI), tetapi diubahsuaikan karakteristik mata pelajaran, kompetensi, lingkup bahan dan psiko-pedagogi. Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK kelas IV sebagai berikut.

  1. Gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
  2. Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil.
  3. Aktivitas atletik.
  4. Aktivitas bela diri.
  5. Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
  6. Aktivitas senam.
  7. Aktivitas gerak berirama.
  8. Aktivitas air dan keselamatan diri.
  9. Kesehatan.



Berdasarkan jumlah kompetensi dasar terutama terkait penjabaran KI 3, buku PJOK kelas VI disusun menjadi sepuluh pelajaran berikut : 
  1. Pelajaran I : Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar
  2. Pelajaran II : Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Kecil
  3. Pelajaran III : Variasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar
  4. Pelajaran IV : Gerak Dasar Bela Diri (Pencak Silat)
  5. Pelajaran V : Aktivitas Kebugaran Jasmani
  6. Pelajaran VI : Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dominan dalam Aktivitas Senam Lantai
  7. Pelajaran VII : Aktivitas Gerak berirama
  8. Pelajaran VIII : Renang Gaya Bebas
  9. Pelajaran IX : Jenis-Jenis Cedera dan Cara Menanganinya
  10. Pelajaran X : Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Sehari-hari


Secara umum, tujuan pembelajaran PJOK di jenjang sekolah dasar yaitu memicu pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, emosional, dan sosial yang selaras dalam upaya membentuk dan membuatkan gerak dasar, menanamkan nilai, sikap, dan membiasakan hidup sehat. Secara khusus, tujuan PJOK pada kelas IV sebagai berikut : 

  1. Mendorong perkembangan dan acara sistem peredaran darah,
  2. pencernaan, pernapasan, dan saraf.
  3. Mendorong pertumbuhan jasmani, contohnya pertumbuhan tinggi badan dan berat badan. Menanamkan nilai-nilai disiplin, kerja sama, sportivitas, jujur, tanggung jawab, peduli sosial, dan empati (nilai penguatan pendidikan karakter).
  4. Meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan acara jasmani dan mempunyai perilaku konkret terkait pentingnya acara jasmani.
  5. Meningkatkan kebugaran jasmani.
  6. Meningkatkan pengetahuan pendidikan jasmani.
  7. Mengembangkan kegemaran untuk melaksanakan acara jasmani.


Unduh Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Pada link yang sudah kamis sediakan dibawah ini :

1. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 ( Unduh Disini )


2. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 ( Unduh Disini )



Demikian Kami Sampaikan Buku Guru dan Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 , Semoga Bermanfaat .

0 Response to "Rpp Daring Buku Guru Dan Buku Siswa Pjok Kelas 4 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel