Rpp Daring Pedoman / Modul Pendidikan Antikorupsi Dan Model Pembelajaran Antikorupsi

Muatan Kurikulum Pendidikan Antikorupsi

Pendidikan antikorupsi diawali dengan memastikan bahwa kurikulum mengakomodasi nilai-nilai antikorupsi. Sehubungan dengan ini, sebagai jantung pendidikan, kurikulum mempunyai dua kekuatan, yaitu:
  1. Pertama, ketepatan menentukan substansi atau lingkup pengetahuan yang akan dibelajarkan. Kebenaran substansi tidak disangsikan, urgent (penting) untuk dipelajari, benar-benar bermanfaat, relevan dengan kebutuhan akseptor didik dan kehidupan, serta memancing minat akseptor didik untuk mempelajari lebih lanjut secara mandiri.
  2. Kedua, pengelolaan kurikulum melalui pembelajaran yang efektif yang didukung oleh sistem evaluasi yang mengarah pada pencapaian kompetensi (valid) dan realiable (dapat dipercaya, ajeg, konsisten, jago dan stabil). Pengelolaan kurikulum diawali dengan penyusunan perencanaan pembelajaran yang benar-benar sanggup dijadikan sebagai pola dan pengendalian proses pembelajaran. Perencanaan tersebut memperhitungkan kelayakan dan keterlaksanaanya, diubahsuaikan dengan kondisi yang ada, mempertimbangkan perbedaan potensi dan kecepatan serta gaya berguru akseptor didik, menjadi bab yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari siswa, tanggap terhadap aneka macam perubahan situasi yang terjadi tiba-tiba, dan memperlihatkan aneka macam alternatif pengalaman belajar.

Kedua kekuatan itulah yang menjamin ketercapaian tujuan pembelajaran. Tanpa pengelolaan yang tepat, substansi yang hebat akan kehilangan makna. Demikian pula sebaliknya, kekeliruan dalam menentukan substansi menjadikan pembelajaran menjadi sia-sia. Agar substansi kurikulum sanggup dikelola dengan baik, maka guru sebagai pendamping siswa harus benar-benar memahami kedua aspek tersebut.

Supaya kurikulum memudahkan semua guru untuk melaksanakan pembelajaran, maka semua kebijakan pemerintah perihal kurikulum harus gampang dipahami, gampang dijabarkan, gampang diubahsuaikan dengan ke- butuhan akseptor didik dan kondisi yang ada di sekitarnya (flexible), gampang dikelola oleh guru (manageable), terukur ketercapaiannya (measurable), terlihat tahapan perkembangannya (observable) dan sanggup diprediksi risikonya (predictable).

Apabila semua itu terpenuhi, maka substansi yang semula dianggap sulit, akan gampang dipelajari oleh siswa (learnable). Substansi yang semula dianggap sebagai beban akan menjadi kebutuhan dan bermakna bagi kehidupan.

Artinya, keberadaan kurikulum menjadi alat bantu yang memudahkan dan melancarkan proses pembelajaran, bukan mempersulit apalagi merepotkan semua pihak (guru, siswa, dan orang tua).
Buku Panduan Insersi Pendidikan Antikorupsi


Berikut, Soft Copy dari Buku Panduan Insersi Implementasi Pendidikan Antikorupsi yang sanggup dipakai Guru sebagai panduan melaksanakan Insersi Pendidikan Antikorupsi di sekolah:




(Unduh Disini) 99+1 Model dan Inovasi Pembelajaran Antikorupsi.pdf

(Unduh Disini) Insersi Pendidikan Antikorupsi Melalui Mata Pelajaran PPKn Untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah


(Unduh Disini) Pendidikan Anti Korupsi, Modul Penguatan Nilai-nilai Antikorupsi Pada Pendidikan Dasar dan Menengah [Tingkat SD dan Mandrasah Ibtidaiyah Kelas 1-3].pdf

(Unduh Disini) Pendidikan Anti Korupsi, Modul Penguatan Nilai-nilai Antikorupsi Pada Pendidikan Dasar dan Menengah [Tingkat SD dan Mandrasah Ibtidaiyah Kelas 4-6]


(Unduh Disini) Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi – Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - SD dan MI Kelas 1.pdf

(Unduh Disini) Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi – Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - SD dan MI Kelas 2.pdf

(Unduh Disini) Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi – Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - SD dan MI Kelas 3.pdf


(Unduh Disini) Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi – Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - SD dan MI Kelas 4.pdf

(Unduh Disini) Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi – Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - SD dan MI Kelas 5.pdf


(Unduh Disini) Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi – Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - SD dan MI Kelas 6.pdf
Demikian Kami Sampaikan Seputar Modul Pendidikan Antikorupsi dan Model Pembelajaran Antikorupsi , Semoga bermanfaat . silahkan bagikan.

0 Response to "Rpp Daring Pedoman / Modul Pendidikan Antikorupsi Dan Model Pembelajaran Antikorupsi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel