Download Kunci Jawaban Buku Tema Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 temanya adalah tentang Lingkungan Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 17-21
Hari itu Edo mendapat tugas untuk menyiapkan sebuah lagu daerah. Lagu itu akan dinyanyikan di depan teman-teman sekelasnya. Edo dan keluarganya berasal dari Papua. Edo teringat lagu daerah di lingkungan tempat tinggalnya di Papua. Edo akan menyanyikan lagu dari Papua yang berjudul ”Yamko Rambe Yamko”.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu daerah berikut dengan penuh semangat.
Edo berhasil menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan baik. Saat bernyanyi, Edo memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Apa kamu masih ingat tentang tempo dan tinggi rendah nada? Mari, mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, lagu yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat.
Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.
Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.
Semakin ke kanan, nada semakin tinggi. Sebaliknya, semakin ke kiri, nada semakin rendah. Nada bertitik di bawah berarti nada rendah, nada tidak bertitik berarti nada sedang, dan nada bertitik di atas berarti nada tinggi.
Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada oktaf rendah, nadanada yang tidak bertitik disebut tangga nada oktaf sedang, dan nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada oktaf tinggi. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada yang berurutan naik atau turun disebut tangga nada. Tentu saja jarak antarnada yang berurutan itu naik atau turun tertentu pula 1 2 3 4 5 6 7 i.
Amatilah teks lagu “Yamko Rambe Yamko”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi lagu di depan. Apa yang kamu temukan?
Alternatif Jawaban :
Pada notasi angka lagu “ Yamko Rambe Yamko ” menggunakan nada tinggi dan nada sedang.Nada rendah tidak digunakan dalam notasi lagu “ Yamko Rambe Yamko ”
Nyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama gurumu sesuai dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan aba-aba tempo atau kecepatan dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu ”Yamko Rambe Yamko”! Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo itu dipercepat.
Alternatif Jawaban :
Yamko Rambe Yamko
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe.
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe.
Teemi nokibe kubano ko bembo ko yumano bungo awe ade.
Teemi nokibe kubano ko bembo ko yumano bungo awe ade.
Hongke hongke hongke riro hongke jombe jombe riro.
Hongke hongke hongke riro hongke jombe jombe riro.
Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo lagu itu dipercepat. Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?
Alternatif Jawaban :
Judul Lagu: “ Yamko Rambe Yamko ”
Daeras asal: Papua
Makna: Lagu “ Yamko Rambe Yamko ” merupakan lagu yang bertemakan peperangan. Lagu ini menceritakan tentang pertikaian yang terjadi di dalam negeri. Pelantun lagu ingin menjadi bunga bangsa atau pahlawan yang rela berkorban sampai mati untuk mempertahankan negara Indonesia dari penjajah.
Edo bernyanyi lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat dan percaya diri. Tidak disangka setelah semua teman-teman bernyanyi, Ibu Guru bercerita mengenai cerita rakyat Papua. Edo merasa bangga karena lingkungantempat tinggal keluarga besarnya kaya budaya. Ada lagu daerah dan juga cerita rakyat. Berikut cerita yang disampaikan Ibu Guru.
Ayo Membaca
Bacalah cerita rakyat berikut.
Lama-kemalaan Kasuari semakin serakah. Tidak hanya buah-buahan di pohon saja yang diambilnya, tetapi juga buah-buahan yang jatuh ke tanah. Burung-burung lain pun jengkel. Mereka mencari cara agar Kasuari sadar dari sifat serakahnya.
”Bagaimana jika lomba terbang? Siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Kalau Kasuari kalah, dia tidak boleh mencurangi kita lagi,” usul Dara Makota.
”Siapa yang bisa melawan Kasuari? Badannya besar. Sayapnya lebar. Sekali mengepakkan sayap, dia pasti bisa terbang jauh. Kita tidak akan menang,” jawab Pipit pesimis.
”Ingat, kita harus menggunakan akal. Serahkan semuanya kepadaku. Aku akan melawannya dalam perlombaan ini,” kata Dara Makota sambil tersenyum. Dia berusaha meyakinkan teman-temannya.
Teman-teman Dara Makota saling berpandangan. Mereka bertanyatanya dalam hati. Mungkinkah Dara Makota yang bertubuh kecil dapat mengalahkan Kasuari yang besar?
Dara Makota menyampaikan tantangannya kepada Kasuari. Kasuari menyetujui tantangan Dara Makota. Saat pertandingan tiba, semua burung hadir untuk menyaksikan.
Dengan sombongnya Kasuari menertawakan Dara Makota. ”Sudahlah, kamu menyerah saja daripada mendapat malu,” ejek Kasuari.
Dara Makota bergeming. ”Siapa yang tertawa belakangan, dia yang menang,” sahut Dara Makota.
Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Mereka melesat dengan kencang. Kasuari terbang cepat sekali. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Dia takut jika Dara Makota menyusulnya.
Saat asyik menoleh, tiba-tiba... BRAAK.... Kasuari menabrak batang pohon. Sebelah sayapnya pun patah. Semua yang hadir tertegun, tetapi Kasuari tak mau menyerah. Dia berusaha bangkit dan mengepakngepakkan sayapnya. Sayangnya, dia terus terjatuh dan menggelepar di tanah. Sementara itu, Dara Makota terus melesat jauh meninggalkan Kasuari.
Kasuari hanya dapat memandang Dara Makota dengan rasa malu. Sekarang dia baru tahu rasanya menjadi makhluk lemah. Selama ini dia selalu merasa menjadi burung terhebat. Namun, dalam sekejap dia tidak mampu terbang lagi.
Beberapa burung lain turun ke tanah. Mereka membantu Kasuari. Kasuari semakin malu karena selama ini dia telah mencurangi mereka.
Sejak saat itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, sejak saat itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.
Disadur dari: Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.
Pada Pembelajaran 1 telah dijelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan cerita fiksi. Cerita yang diceritakan Ibu Guru di atas juga merupakan cerita fiksi. Ayo, melakukan kegiatan berikut.
Ayo Berlatih
Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-temandan gurumu.
Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.
Carilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut!
Alternatif Jawaban :
Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya sebagai berikut.
1. Cerita rakyat
Jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.
a. Cerita jenaka adalah cerita pendek berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar.
Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang.
b. Mite adalah cerita berhubungan dengan kepercayaan suatu benda, peristiwa gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, seperti dewa, peri, dan Tuhan.
Contoh: Putri Tunjung Buih dan Putri dari Bambu
c. Fabel adalah cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan hidup dan bermasyarakat seperti manusia.
Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.
d. Legenda adalah cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah.
Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dan Malinkundang.
e. Saga adalah cerita lama yang mengandung unsur sejarah, misalnya kepahlawanan.
Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung.
2. Cerpen
Cerpen adalah cerita fiksi yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek.
Cerpen dapat selesai dibaca dalam sekali duduk.
Contoh: cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar.
3. Novel
Novel adalah cerita fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak setiap tokoh.
Contoh: Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Bacalah kembali cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota. .
Kemudian, identifikasilah jenis cerita fiksi tersebut.
Alternatif Jawaban :
Cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota termasuk jenis cerita rakyat. Cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan cerita rakyat berjenis legenda. Alasannya, isi cerita
tersebut mengisahkan asal mula terjadinya suatu tempat, yaitu Telaga Warna.
Sementara itu, cerita Kasuari dan Dara Makota merupakan cerita rakyat berjenis fabel. Alasannya, tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita adalah binatang, yaitu burung. Burungburung itu diceritakan hidup, bersosialisasi, dan dapat berbicara layaknya manusia.
Kasuari dan Dara Mahota dalam cerita di depan memiliki sayap untuk terbang. Dengan terbang, mereka dapat menuju tempat tertentu. Demikian juga dengan manusia. Manusia seringkali menggunakan saranatranspotasi, seperti sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat, dan kapal untuk menuju tempat tertentu.
Pulang sekolah Edo mengendarai sepeda. Di jalan cukup ramai, Edo mengurangi kekuatan saat mengayuh sepedanya. Laju sepeda menjadi lambat. Di jalan lengang, Edo menambah kekuatan saat mengayuh sepeda. Laju sepeda menjadi cepat.
Kekuatan mengayuh memengaruhi laju sepeda. Saat Edo mengurangi kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah mengurangi gaya. Sepeda pun bergerak lambat atau pelan. Sebaliknya, saat Edo menambah kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah menambah gaya. Sepeda pun bergerak cepat. Dengan demikian, gaya berpengaruh terhadap gerak benda.
Apa kamu masih ingat tentang gaya dan gerak?
Ayo Mencoba
Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.
Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman
Tujuan : mengetahui perubahan gerak akibat gaya
Alat : meja
Langkah kegiatan
1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
2.
Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh.
Perhatikan gerakan meja.
Apa yang kamu rasakan?
3.
Kemudian, doronglah meja bersama temanmu.
Gunakan kekuatan penuh seperti saat mendorong sendirian.
Perhatikan gerakan meja.
Apa yang kamu rasakan?
Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?
Alternatif Jawaban :
Meja yang didorong sendiri dengan kekuatan penuh dengan meja didorong dengan dua orang anak dengan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong
satu anak
2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua?
Alternatif Jawaban :
Gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat
3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?
Alternatif Jawaban :
Kesimpulannya adalah pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
1. Menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada
2. Mencari informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi
3. Menentukan Jenis cerita fiksi “ Kasuari dan Mara Makota” dan Asal Mula Telaga Warna
4. Melakukan percobaan mendorong meja Sendiri dan Bersama Teman
Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi?
Alternatif Jawaban :
Hal yang perlu di perhatikan adalah tempo dan tinggi rendah nada
Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?
Alternatif Jawaban :
pengaruh gaya terhadap gerak benda antara lain :
1. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak lebih cepat
2. Gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak
3. Gaya daoat menyebabkan benda berubah arah
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bertanyalah kepada orang tuamu tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu. Apa saja lagu daerahmu? Kemudian, pilih satu lagu daerahmu. Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya. Tuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuamu.
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku TemaKelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 17-21
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-21
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu daerah berikut dengan penuh semangat.
Edo berhasil menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan baik. Saat bernyanyi, Edo memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Apa kamu masih ingat tentang tempo dan tinggi rendah nada? Mari, mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, lagu yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat.
Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.
Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.
Semakin ke kanan, nada semakin tinggi. Sebaliknya, semakin ke kiri, nada semakin rendah. Nada bertitik di bawah berarti nada rendah, nada tidak bertitik berarti nada sedang, dan nada bertitik di atas berarti nada tinggi.
Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada oktaf rendah, nadanada yang tidak bertitik disebut tangga nada oktaf sedang, dan nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada oktaf tinggi. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada yang berurutan naik atau turun disebut tangga nada. Tentu saja jarak antarnada yang berurutan itu naik atau turun tertentu pula 1 2 3 4 5 6 7 i.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 14, 15
Ayo BerlatihAmatilah teks lagu “Yamko Rambe Yamko”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi lagu di depan. Apa yang kamu temukan?
Alternatif Jawaban :
Pada notasi angka lagu “ Yamko Rambe Yamko ” menggunakan nada tinggi dan nada sedang.Nada rendah tidak digunakan dalam notasi lagu “ Yamko Rambe Yamko ”
Nyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama gurumu sesuai dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada. Gurumu akan memberikan aba-aba tempo atau kecepatan dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu ”Yamko Rambe Yamko”! Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo itu dipercepat.
Alternatif Jawaban :
Yamko Rambe Yamko
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe.
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe.
Teemi nokibe kubano ko bembo ko yumano bungo awe ade.
Teemi nokibe kubano ko bembo ko yumano bungo awe ade.
Hongke hongke hongke riro hongke jombe jombe riro.
Hongke hongke hongke riro hongke jombe jombe riro.
Kamu dapat pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo lagu itu dipercepat. Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?
Alternatif Jawaban :
Judul Lagu: “ Yamko Rambe Yamko ”
Daeras asal: Papua
Makna: Lagu “ Yamko Rambe Yamko ” merupakan lagu yang bertemakan peperangan. Lagu ini menceritakan tentang pertikaian yang terjadi di dalam negeri. Pelantun lagu ingin menjadi bunga bangsa atau pahlawan yang rela berkorban sampai mati untuk mempertahankan negara Indonesia dari penjajah.
Edo bernyanyi lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat dan percaya diri. Tidak disangka setelah semua teman-teman bernyanyi, Ibu Guru bercerita mengenai cerita rakyat Papua. Edo merasa bangga karena lingkungantempat tinggal keluarga besarnya kaya budaya. Ada lagu daerah dan juga cerita rakyat. Berikut cerita yang disampaikan Ibu Guru.
Ayo Membaca
Bacalah cerita rakyat berikut.
Kasuari dan Dara Makota
Kasuari memiliki badan besar dan sayap lebar. Dia mampu terbang tinggi. Namun, Kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buahyang telah masak. Buah-buahan itu disembunyikan di bawah sayap- nya sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan Kasuari. Oleh karena itu, tidak seekor burung pun mau berteman dengannya. Meski demikian, Kasuari tidak memedulikannya.Lama-kemalaan Kasuari semakin serakah. Tidak hanya buah-buahan di pohon saja yang diambilnya, tetapi juga buah-buahan yang jatuh ke tanah. Burung-burung lain pun jengkel. Mereka mencari cara agar Kasuari sadar dari sifat serakahnya.
”Bagaimana jika lomba terbang? Siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Kalau Kasuari kalah, dia tidak boleh mencurangi kita lagi,” usul Dara Makota.
”Siapa yang bisa melawan Kasuari? Badannya besar. Sayapnya lebar. Sekali mengepakkan sayap, dia pasti bisa terbang jauh. Kita tidak akan menang,” jawab Pipit pesimis.
”Ingat, kita harus menggunakan akal. Serahkan semuanya kepadaku. Aku akan melawannya dalam perlombaan ini,” kata Dara Makota sambil tersenyum. Dia berusaha meyakinkan teman-temannya.
Teman-teman Dara Makota saling berpandangan. Mereka bertanyatanya dalam hati. Mungkinkah Dara Makota yang bertubuh kecil dapat mengalahkan Kasuari yang besar?
Dara Makota menyampaikan tantangannya kepada Kasuari. Kasuari menyetujui tantangan Dara Makota. Saat pertandingan tiba, semua burung hadir untuk menyaksikan.
Dengan sombongnya Kasuari menertawakan Dara Makota. ”Sudahlah, kamu menyerah saja daripada mendapat malu,” ejek Kasuari.
Dara Makota bergeming. ”Siapa yang tertawa belakangan, dia yang menang,” sahut Dara Makota.
Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Mereka melesat dengan kencang. Kasuari terbang cepat sekali. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Dia takut jika Dara Makota menyusulnya.
Saat asyik menoleh, tiba-tiba... BRAAK.... Kasuari menabrak batang pohon. Sebelah sayapnya pun patah. Semua yang hadir tertegun, tetapi Kasuari tak mau menyerah. Dia berusaha bangkit dan mengepakngepakkan sayapnya. Sayangnya, dia terus terjatuh dan menggelepar di tanah. Sementara itu, Dara Makota terus melesat jauh meninggalkan Kasuari.
Kasuari hanya dapat memandang Dara Makota dengan rasa malu. Sekarang dia baru tahu rasanya menjadi makhluk lemah. Selama ini dia selalu merasa menjadi burung terhebat. Namun, dalam sekejap dia tidak mampu terbang lagi.
Beberapa burung lain turun ke tanah. Mereka membantu Kasuari. Kasuari semakin malu karena selama ini dia telah mencurangi mereka.
Sejak saat itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, sejak saat itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.
Disadur dari: Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.
Pada Pembelajaran 1 telah dijelaskan bahwa cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan cerita fiksi. Cerita yang diceritakan Ibu Guru di atas juga merupakan cerita fiksi. Ayo, melakukan kegiatan berikut.
Ayo Berlatih
Siapa saja tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara lisan cerita tersebut di depan teman-temandan gurumu.
Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 17
Ayo BerdiskusiCarilah informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi berikut!
Alternatif Jawaban :
Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya sebagai berikut.
1. Cerita rakyat
Jenis cerita rakyat antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.
a. Cerita jenaka adalah cerita pendek berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar.
Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang.
b. Mite adalah cerita berhubungan dengan kepercayaan suatu benda, peristiwa gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, seperti dewa, peri, dan Tuhan.
Contoh: Putri Tunjung Buih dan Putri dari Bambu
c. Fabel adalah cerita dengan tokoh-tokoh binatang yang diceritakan hidup dan bermasyarakat seperti manusia.
Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.
d. Legenda adalah cerita lama mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, kejadian alam, asal-usul suatu benda, atau kejadian di suatu tempat atau daerah.
Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dan Malinkundang.
e. Saga adalah cerita lama yang mengandung unsur sejarah, misalnya kepahlawanan.
Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung.
2. Cerpen
Cerpen adalah cerita fiksi yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek.
Cerpen dapat selesai dibaca dalam sekali duduk.
Contoh: cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar.
3. Novel
Novel adalah cerita fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak setiap tokoh.
Contoh: Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 18
Ayo BerlatihBacalah kembali cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota. .
Kemudian, identifikasilah jenis cerita fiksi tersebut.
Alternatif Jawaban :
Cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota termasuk jenis cerita rakyat. Cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan cerita rakyat berjenis legenda. Alasannya, isi cerita
tersebut mengisahkan asal mula terjadinya suatu tempat, yaitu Telaga Warna.
Sementara itu, cerita Kasuari dan Dara Makota merupakan cerita rakyat berjenis fabel. Alasannya, tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita adalah binatang, yaitu burung. Burungburung itu diceritakan hidup, bersosialisasi, dan dapat berbicara layaknya manusia.
Kasuari dan Dara Mahota dalam cerita di depan memiliki sayap untuk terbang. Dengan terbang, mereka dapat menuju tempat tertentu. Demikian juga dengan manusia. Manusia seringkali menggunakan saranatranspotasi, seperti sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat, dan kapal untuk menuju tempat tertentu.
Pulang sekolah Edo mengendarai sepeda. Di jalan cukup ramai, Edo mengurangi kekuatan saat mengayuh sepedanya. Laju sepeda menjadi lambat. Di jalan lengang, Edo menambah kekuatan saat mengayuh sepeda. Laju sepeda menjadi cepat.
Kekuatan mengayuh memengaruhi laju sepeda. Saat Edo mengurangi kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah mengurangi gaya. Sepeda pun bergerak lambat atau pelan. Sebaliknya, saat Edo menambah kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah menambah gaya. Sepeda pun bergerak cepat. Dengan demikian, gaya berpengaruh terhadap gerak benda.
Apa kamu masih ingat tentang gaya dan gerak?
Ayo Mencoba
Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.
Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman
Tujuan : mengetahui perubahan gerak akibat gaya
Alat : meja
Langkah kegiatan
1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
2.
Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh.
Perhatikan gerakan meja.
Apa yang kamu rasakan?
3.
Kemudian, doronglah meja bersama temanmu.
Gunakan kekuatan penuh seperti saat mendorong sendirian.
Perhatikan gerakan meja.
Apa yang kamu rasakan?
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 20, 21
Ayo MenulisTulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa perbedaan yang kamu rasakan saat mendorong meja sendiri dan berdua?
Alternatif Jawaban :
Meja yang didorong sendiri dengan kekuatan penuh dengan meja didorong dengan dua orang anak dengan kekuatan penuh berbeda. Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong
satu anak
2. Bagaimana pergerakan meja saat didorong sendiri dan berdua?
Alternatif Jawaban :
Gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat
3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?
Alternatif Jawaban :
Kesimpulannya adalah pemberian gaya berpengaruh terhadap kecepatan gerak benda
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
1. Menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada
2. Mencari informasi tentang jenis-jenis cerita fiksi
3. Menentukan Jenis cerita fiksi “ Kasuari dan Mara Makota” dan Asal Mula Telaga Warna
4. Melakukan percobaan mendorong meja Sendiri dan Bersama Teman
Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi?
Alternatif Jawaban :
Hal yang perlu di perhatikan adalah tempo dan tinggi rendah nada
Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?
Alternatif Jawaban :
pengaruh gaya terhadap gerak benda antara lain :
1. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak lebih cepat
2. Gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak
3. Gaya daoat menyebabkan benda berubah arah
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bertanyalah kepada orang tuamu tentang lagu daerah di lingkungan tempat tinggalmu. Apa saja lagu daerahmu? Kemudian, pilih satu lagu daerahmu. Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya. Tuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuamu.
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku TemaKelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
0 Response to "Download Kunci Jawaban Buku Tema Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21"
Post a Comment