Pdf Rangkuman Tema 6 Panas dan Perpindahanya Subtema 2 Kalor di Sekitar Kita Kelas 5 K13 revisi 2017
RANGKUMAN TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DISEKITAR KITA KELAS 5
BAHASA INDONESIA
1. Kata Kunci adalah kata yang mewakili gagasan pokok.
2. Kata kunci dapat ditemukan berdasarkan judul, tema, dan topik bacaan.
3. Teks penjelasan disebut juga teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan penyebab dan proses suatu topik yang berhubungan dengan fenomena alam maupun sosial.
4. Ciri-ciri teks eksplanasi
a. Informasi yang diterbitkan berdasarkan Fakta (faktual).
b. Topiknya adalah suatu fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
c. Sifat yang diinformasikan dan tidak memengaruhi pembaca.
d. Teks penjelas terdiri dari pernyataan umum, urutan, sebab akibat dan interprestasi
5. Kaidah kebahasaan teks eksplanasi :
a. Menggunakan istilah ilmiah
b. Menggunakan kata kerja mateial dan relasional (berhubungan)
c. Menggunakan kata hubung waktu dan kausal (sebab akibat)
6. Langkah meringkas teks eksplanasi
a. membaca karangan
b. mencari ide pokok
c. menyusun ide pokok menjadi kalimat pendek
d. memadukan dan menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
Bacalah bacaan di bawah ini!
Perpindahan Panas atau Kalor
Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.
Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer). Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010
Tuliskan informasi penting berdasarkan bacaan di atas !
Paragraf | Hal-Hal Penting |
Satu | Pembuktian bahwa panas dapat berpindah. Panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. |
Dua | Panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita merasakan hangatnya sinar matahari. |
Tiga | Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Perpindahan panas melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. |
Mencari arti kata-kata yang bercetak miring dan menulis dalam bentuk kalimat!
Kata | Arti | Kalimat |
Api | Panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar dan bernyala. | Api merupakan salah satu sumber energi panas. |
Panas | Energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda | Benda yang menghasilkan panas adalah rice cooker dan solder. |
Berpindah | Beralih atau bertukar tempat/beranjak ke tempat lain. | Panas dapat berpindah dari ujung besi yang dipanaskan ke pangkal besi. |
Suhu | Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda | Suhu air yang mendidih adalah 100oC. |
Logam | Logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat kuat, liat, keras, penghantar listrik dan panas. | Alat musik gamelan terbuat dari bahan logam. |
Mendidih | Menggelembung-gelembung atau meluap-luap karena dipanaskan | Air yang akan digunakan untuk membuat kopi harus dimasak sampai mendidih. |
Pancaran | Sinar yang disemburkan/ dikeluarkan oleh suatu benda | Pancaran sinar matahari sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di bumi. |
Peta pikiran berdasarkan bacaan di atas
Panas atau kalor dapat berpindah. Contoh : api kompor dapat memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Meskipun letak bumi jauh dari matahari, namun panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita merasakan hangatnya sinar matahari. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.
IPA
1. Proses perpindahan panas terjadi dari benda dengan suhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah.
2. Perpindahan panas terjadi melalui 3 cara yaitu :
Konduksi/hantaran, yaitu perpindahan panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan zat yang dilaluinya. Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.
Contohnya besi yang dipanaskan ujungnya akan menghantarkan panas keseluruh besi
· Konveksi/aliran, yaitu perpindahan panas melalui suatu zat disertai dengan perpindahan zat yang dilalui. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut pindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya.
Contohnya :
- pergantian mengalirnya angin darat dan angin laut. Angin darat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. Keadaan ini digunakan para nelayan untuk pergi melaut pada malam hari dan kembali ke darat pada pagi atau siang hari.
- peritiwa mendidihnya air yang direbus.
- Pemanfaatan ventilasi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah juga memanfaatkan perpindahan panas secara konveksi.
- penggunaan cerobong asap pada pabrik.
· Radiasi / pancaran, yaitu perpindahan panas tanpa zat perantara.
Contoh : badan kita akan terasa panas ketika di dekat api unggun dan di bawah matahari.
SBdP
1. Pola lantai adalah garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari.
2. Garis lantai ada 2 macam yaitu :
a. garis lantai yang dilalui oleh penari
b. garis lantai dibuat penari untuk formasi penari kelompok
3. Pola lantai pada dasarnya ada dua yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tapi kuat. Garis lengkung memberikan kesan lembut dan lemah.
4. Contoh pola lantai :
5. Pola lantai garis lurus dapat dikembangkan menjadi horizontal, diagonal, vertikal, zig-zag, segitiga, segi empat, segi lima seperti contoh di bawah ini :
6. Pola lantai lengkung dapat dikembangkan menjadi bentuk lingkaran, setengah lingkaran /lengkung ke depan, setengah lingkaran /lengkung ke belakang, angka delapan, seperti gambar di bawah ini :
7. Kebanyakan pola lantai sebuah tarian hanya digunakan sebagai formatur tari atau penambah estetika tari, namun tidak dengan Tari Bedhaya Semang yang berasal dari Yogyakarta. Tari klasik ini mempunyai pola lantai yang sudah tertentu dan mempunyai makna tertentu. Pola lantai yang digunakan pada tari ini pun memiliki nama tertentu, seperti gawang jejer wayang, gawang tigatiga, gawang perang, dan gawang kalajengking.
8. Perhatikan pola lantai di bawah ini!
9. Tari kreasi adalah bentuk gerak tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tradisional klasik. Tari kreasi disebut juga tari modern.
10. Gerak tari kreasi dibedakan menjadi 2 yaitu :
a. Tari kreasi berpola tradisi
Tari ini dilandasi oleh kaidah-kaidah tari tradisi.
b. Tari kreasi baru tidak berpola tradisi (nontradisi)
Tari ini tidak menggunakan pola-pola tradisi. Tari ini memberikan kebebasan koreografi untuk berekspresi.
11. Tari Pedet :
Tari Pedet adalah tari yang berasal dari Bali. Lahirnya tari Pendet berawal dari ritual sakral Odalan di Pura yang disebut dengan mamendet atau mendet. Tari ini tarikan oelh remaja putri secara berpasangan atau secara masal dengan membawa perlengkapan, berupa bokor, sesajen, dan bunga. Tari Pendet menceritakan tentang dewi-dewi kahyangan yang turun ke bumi. IPS
1. Manusia, memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai kesejahteraan.
3. Kebutuhan hidup manusia berupa kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
a. Kebutuhan pokok adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya. seperti sandang (pakaian), papan (tempat tinggal) dan pangan (makanan)
b. Kebutuhan sekunder kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Beberapa contoh yang termasuk ke dalam kebutuhan sekunder ini, di antaranya adalah bersekolah, rekreasi, bekerja, dan bersosialisasi dengan orang lain.
c. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada dasarnya, kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia terhadap barang-barang dan jasa yang tergolong mewah (luks), seperti mobil mewah, kapal pesiar, pesawat terbang pribadi, berpakaian mewah, dan wisata ke luar negeri. Kebutuhan tertier ini tidak harus dipenuhi. Bahkan seseorang bisa tetap berbahagia andai saja kebutuhan tertiernya tidak terpenuhi.
4. Luasnya lautan dan samudra yang mengelilingi wilayah Indonesia, memengaruhi kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat nelayan setempat.
5. Keterikatan antara masyarakat nelayan dengan lingkungannya terwujud salah satunya melalui kegiatan upacara tradisi nelayan. Seperti Upacara Petik Laut yang dilakukan oleh masyarakat nelayan pulau Jawa, termasuk di Kota Pasuruan. Festival Mane’e, merupakan tradisi adat untuk penangkapan ikan yang dilakukan oleh masyarakat Pantai Malo, Kokorotan, Sulawesi Utara.
6. Manfaat Festival Mane’e yaitu : sebagai ucapan syukur dan permohonan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Mengandung nilai-nilai kebersamaan antar anggota masyarakat dan kepedulian untuk memelihara laut sebagai sumber kehidupan masyarakat. Nilai-nilai kerja sama, persatuan dan kesatuan pun, sangat bisa dirasakan sepanjang persiapan hingga dilaksanakannya ritual ini.
7. Tempat pelelangan ikan (TPI) merupakan tempat bertemunya para pembeli ikan dan para nelayan yang menangkap ikan sebagai penjual ikan. Para pembeli di pelelangan ikan, biasanya adalah para pedagang besar. Mereka akan menjual kembali hasil tangkapan para nelayan ini, kepada para konsumennya.
8. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) biasanya dibangun di daerah pelabuhan ikan, dimana para nelayan biasa berlabuh untuk membawa hasil tangkapannya. TPI biasanya dibangun oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk melindungi para nelayan agar hasil tangkapannya mendapatkan harga yang baik untuk memenuhi kehidupan keluarganya.
9. Peran setiap orang yang terlibat di dalam kegiatan pelelangan ikan :
Nelayan | Peran : Menangkap ikan di laut/penyedian ikan dan sebagai penjual ikan di TPI |
Juru Lelang | Peran : Menawarkan harga kepada calon pembeli |
Pedagang Besar/Pembeli di TPI | Peran : Membeli ikan dari nelayan dan menjual ikan ke daerah lain |
Penyedia alat transportasi | Peran : Membawa ikan dari TPI ke daerah lain |
PPKn
1. Hak dan kewajiban sebagai warga negara diatur dalam UUD 1945.
2. Hak warga negara adalah segala sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai warga negara.
3. Kewajiban warga negara adalah keharusan yang dilakukan dalam melaksanakan perannya sebagai warga negara.
4. Hak warga negara sebagai warga negara yang tercantum dalam UUD 1945
a. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).
b. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).
c. Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).
d. Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya (Pasal 28).
e. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).
f. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1). 7. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
5. Kewajiban harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab karena menyangkut hak orang lain. Ada juga kewajiban yang bersifat pribadi.
6. Hak dan kewajiban tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang kerena kedua-duanya sama-sama harus dijalankan dan didapatkan.
7. Hak dan kewajiban seseorang bisa berbeda-beda sesuai dengan peran dan profesi masing-masing.
8. Berikut adalah beberapa contoh kewajiban warga negara Indonesia.
a. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) (Pasal 23A).
b. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya (Pasal 27 ayat 1).
c. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
d. Setiap warga negara wajib untuk menghormati hak asasi orang lain dan menjunjung tinggi moral, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum.
e. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.
f. Setiap warga negara wajib untuk mengikuti pendidikan dasar yang sepenuhnya dibiayai oleh Negara.
9. Hak dan Kewajiban nelayan, petani dan pelajar
Hak | Kewajiban | |
Nelayan Lamalera atau nelayan Pantai Malo | Memperoleh ikan dan memanfaatkan sumber daya laut lainnya untuk kebutuhan maupun dijual Memperoleh informasi tentang kelautan Memperoleh hasil buruan dengan adil | Menjaga kelestarian laut Menaati peraturan adat Membagi hasil buruan dengan adil |
Petani | Memperoleh informasi tentang pertanian Tersedianya bibit dan pupuk serta obat-obatan yang digunakan dalam pertanian Memanfaatkan Menerima pendapatan dari hasil pertanian | Mencegah, menanggulangi dan memulihkan kerusakan lahan pertanian. |
Pelajar | Memperoleh pendidikan dan pengajaran yang baik | Rajin belajar dan mematuhi semua peraturan yang ada di sekolah. |
10. Peran, hak dan kewajiban dalam kegiatan pelelangan ikan di TPI :
0 Response to "Pdf Rangkuman Tema 6 Panas dan Perpindahanya Subtema 2 Kalor di Sekitar Kita Kelas 5 K13 revisi 2017"
Post a Comment