Majumundurnya sebuah negara tergantung kepada


LATIHAN TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANYA SUBTEMA 1 KELAS 5A
NAMA : _____________________________                                              NO. : ____________
PKn
1.      Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada ……………………. warga negaranya.
2.      Setiap warga negara juga memiliki ……………………. dan kewajiban sesuai perannya di dalam masyarakat.
3.      Setiap warga negara Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam ……………………. sebagai dasar Negara Republik Indonesia.
4.      Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan keyakinan teman dan anggota masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila …………………….
5.      Menghargai pendapat orang lain, merupakan salah satu cara untuk menjaga ……………………. dan  ……………………. bangsa yang juga merupakan pengamalan sila keempat Pancasila.
6.      Hak mendapat pendidikan yang layak sesuai dengan..............
7.      Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan...................
8.      Orang yang dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia disebut.......................
9.      Tujuan konvensi Hak-hak Anak yang disahkan oleh PBB adalah..........................
10.  Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukung konvensi Hak-hak Anak pada tahun.......
11.  Tuliskan 4 kelompok hak anak menurut konvensi Hak-hak Anak!
12.  Tuliskan 3 tanggung jawab sebagai Warga Negara Indonesia!
13.  Tuliskan masing-masing 3 hak dan kewajiban anak di rumah!
14.  Apa saja yang menjadi hak anak di sekolah? Tuliskan 3!
15.  Ana adalah anak yang sedang belajar di sekolah dasar. Sebagai seorang pelajar, Ana mempunyai kewajiban. Apa saja kewajiban Ana di sekolah?

Bahasa Indonesia
1.      Setiap pagi ayah membaca surat kabar di teras rumah sambil minum teh. Sedangkan ibu membaca majalah setiap sore. Media penyampaian informasi yang diterima ayah dan ibu merupakan media......
2.      Media cetak yang paling lama dalam menyajikan informasi adalah..................
3.      Informasi dapat diperoleh melalui media.................... dan ...............................
4.      Penyajian ide pokok suatu teks nonfiksi dapat berupa .............................................................
5.      Perhatikan paragraf di bawah ini!
a.      Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
kata kunci pada penggalan paragraf di atas adalah.......................... 
b.      Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda.  Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api.  Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas.  Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat.  Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.  Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
 kata kunci pada penggalan paragraf di atas adalah..........................
c.       Termometer pertama kali dibuat pada tahun 1592 oleh seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei yang menggunakan udara dan air.  Pada tahun 1714, ilmuwan Jerman bernama Daniel Gabriel Fahrenheit membuat termometer yang berisi air raksa. Dan pada tahun 1742, ilmuwan Swedia bernama Andres Celsius  menemukan termometer yang menggunakan skala ukuran 100. Di Indonesia, termometer yang banyak digunakan saat ini adalah termometer Celsius yang menggunakan ukuran 0 hingga 100 derajat.
 kata kunci pada penggalan paragraf di atas adalah..........................
d.      Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
e.      kata kunci pada penggalan paragraf di atas adalah..........................

6.      Tuliskan kesimpulan dari bacaan di bawah ini!
                 Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya.  Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.  Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
                 Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.
                 Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung  memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)
Kesimpulan dari bacaan di atas adalah_________________________________________________
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7.      Bacalah bacaan di bawah ini!
            Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.  Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.
                 Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya.  Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
                 Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan  kerugian yang sangat besar.  (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)
Kesimpulan dari bacaan di atas adalah_________________________________________________
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
8.      Bacalah bacaan di bawah ini!
Perubahan Akibat Perubahan Suhu
                 Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.
                 Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.
a.       Pemasangan Kaca Jendela Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.
b.      Ban Sepeda/Motor dan Mobil Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.
c.       Kawat/kabel Listrik dan Telepon Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang.
d.      Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.
e.       Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.
f.       Penggunaan Termometer Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut atau ketiak.  Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh.  Setelah beberapa lama, cairan di dalam termometer akan naik karena terjadi pemuaian setelah mendapatkan panas dari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk menunjukkan suhu tubuh. Ketika termometer tidak digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan. 
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)

9.      Berdasarkan bacaan nonfiksi di atas, sajikan informasi penting dalam bentuk diagram/peta pikiran!
10.  Bacalah bacaan di bawah ini!
Tanggung Jawab Warga Negara
                 Pernahkah kamu mendengar kata-kata bijak berikut: “Maju mundur suatu bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya”? Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh karenanya, tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat. 
                 Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945. Apa saja tanggung jawab warga negara Indonesia? Warga negara Indonesia, antara lain mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.  Warga negara Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah. 
                 Sebagai seorang siswa, kamu pun memiliki tanggung jawab. Salah satunya adalah dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa. Peraturan sekolah harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila dalam Pancasila. Peraturan sekolah juga harus sejalan dengan peraturan dan undangundang yang berlaku di Indonesia. (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013)
Berdasarkan bacaan di atas sajikan pokok pikiran dalam bentuk kolom!

IPA
1.      Marcel mengosokkan kedua telapak tangan. Lama kelamaan telapak tangan Marcel terasa panas. Gosokkan telapak tangan yang menghasilkan panas disebut......................
2.      Sumber panas terbesar dibumi berasal dari............................................
3.      Hari ini Joceline tidak masuk sekolah karena sakit. Badannya terasa panas. Mama Joceline mengukur panas badan Joceline menggunakan.................................
4.      Seorang ilmuwan dari Italia yang pertama kali membuat alat untuk mengukur suhu adalah............................
5.      Termometer yang digunakan di Indonesia adalah termometer yang ditemukan oleh...............................
6.      Satuan yang digunakan untuk mengukur suhu adalah.....................................
7.       Tujuan pemasangan rel kereta api yang dibuat renggang adalah......
8.      Ibu sedang menggoreng  telur untuk sarapan pagi. Peristiwa perubahan benda akibat energi panas adalah......................
9.      Suhu dapat menunjukkan ................................
10.  Contoh benda-benda yang dapat menghasilkan energi panas adalah.........................................................
11.  Kakak sedang membuat coklat. Kakak memotong-motong coklat batangan dan menanak di atas kompor agar dihasilkan coklat cair. Perubahan  yang terjadi pada coklat  disebut.......................
12.  Adik mendapatkan tugas pengamatan. Adik menuangkan bensi pada gelas bekas dan meletakkan di udara terbuka. Setelah satu jam adik kembali untuk melihat bensi dalam gelas. Betapa terkejutnya adik, karena gelas itu kosong. Perubahan yang terjadi pada bensin dalam gelas disebut........................
13.  Agar ruangan harum, kakak meletakkan pewangi padat di salah satu sudut ruang. Setelah beberapa hari pewangi padat itu habis. Peristiwa ini disebut..............................
14.  Kaca jendela mengalami penambahan lebar dan luas akibat terkena panas. Untungnya bingkai jendela dibuat lebih besar dari ukuran kaca. Peristiwa bertambah lebar dan luasnya kaca akibat panas disebut........................................
15.  Perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin disebut.......................................
16.  Bagaimana prinsip kerja  termometer ?
17.  Apa saja manfaat energi panas bagi manusia ? Tuliskan 5!
18.  Buatlah kolom yang berisi 5 kegiatan yang menggunakan energi panas, alat yang digunakan dan sumber energi panas !
19.  Berilah 3 contoh peristiwa pemuaian !
20.  Berilah 3 contoh peristiwa penyusutan !

IPS
1.      Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan................
2.      Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena.........
3.      Akibat interaksi yang tidak baik yang dilakukan manusia terhadap alam adalah.......
4.      Pembangunan rumah dan penebangan pohon secara liar dilereng gunung atau bukit dapat mengakibatkan bencana..............
5.      Penebangan pohon secara liar dapat menyebabkan bencana banjir bandang, hal ini disebabkan karena..............................
6.      Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik, hal ini terjadi karena.........................................
7.      Daerah yang banyak tanaman terasa sejuk. Hal ini terjadi karena....................................
8.      Sebagai seorang nelayan Andi harus pandai membaca cuaca di laut. Hal ini bertujuan untuk..............................................
9.      Pada jaman dahulu membajak sawah dengan menggunakan sapi/kerbau, namun seiring dengan perkembangan jaman membajak sawah dilakukan dengan menggunakan traktor. Dari kejadian tersebut, manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya dengan menggunakan.................
10.  Tujuan manusia bercocok tanam adalah........................
11.  Tuliskan contoh bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup!
12.  Tuliskan hubungan antara makhluk hidup dan benda mati
13.  Bagaimana cara manusia menyesuaikan diri dengan alam ?
14.  Bagaimana cara  manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhannya?
15.  Perilaku yang bagaimana yang dapat merusak lingkungan ?

SBdP
1.      Sundari adalah seorang pesinden. Ketika dia menyanyikan lagu jawa, alat musik yang digunakan untuk mengiringi nyanyian Sundari adalah.......................
2.      Alat musik yang memiliki sistem tangga nada diatonis adalah.......................
3.      Susunan tangga nada pelog adalah..................................
4.      Susunan tangga nada slendro adalah.................................
5.      Alat musik gamelan dibuat dari campuran...............................
6.      Alat musik gamelan memiliki suara yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh......................
7.      Gamelan dibuat melalui proses.............................
8.      Tangga nada lagu Cing Cangkeling adalah............................................
9.      Kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu Cing Cangkeling adalah.......................
10.  Nama alat musik yang ada pada gamelan adalah..........................................
11.  Sani ingin menyanyikan lagu jawa yang memiliki tangga nada pelog. Lagu apa saja yang bisa dinyanyikan oleh Sani ?
12.  Hazel mendapat tugas dari guru untuk menyanyikan lagu slendro. Lagu apa saja yang bisa dinyanyikan oleh Hazel ?
13.  Apa makna dari lagu Gundhul-Gundhul Pacul ?
14.  Apa makna lagu Suwe Ora Jamu ?
15.  Identifikasilah lagu Gundhul-Gundhul Pacul !

0 Response to "Majumundurnya sebuah negara tergantung kepada "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel