Pdf RANGKUMAN TEMA 9 SUBTEMA 2 KELAS 5
RANGKUMAN TEMA 9 SUBTEMA 2 KELAS 5
PKn
1. Upaya mewujudkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut:
1. Festival Budaya Nusantara
Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara, sehingga akan menumbuhkan pengetahuan dan rasa cinta kepada bangsa Indonesia
2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan
· Memberi kesempatan kepada orang yang sedang melaksanakan ibadah
· Memberi ucapan selamat hari raya kepada orang yang berbeda agama
· Tidak mengganggu saat umat beragama lain beribadah
· Tidak mengolok-olok umat beragama lain
3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong
a. Di lingkungan rumah
· membantu orang tua
· menjaga kebersihan rumah
b. Di lingkungan sekolah
· bermain dan bekerjasama dengan teman
· menolong teman yang membutuhkan
c. Di lingkungan masyarakat
· ikut dalam kegiatan gotong royong
· membantu tetangga yang terkena musibah
d. Di lingkungan bangsa dan negara
· memberikan bantuan kepada korban bencana
· menjaga kerukunan dan persatuan
2. Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut
a. mempererat hubungan antar warga
b. menciptakan keamanan dan kedamaian
c. meningkatkan rasa cinta tanah air
d. menumbuhkan rasa syukur atas keberagaman di Indonesia
3. Peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut
· menjengkuk teman yang sakit
· bekerjasama menyelesaikan tugas
· membantu tetangga yang membutuhkan bantuan
· membantu korban kecelakaan
· kerjabakti
· ronda malam
4. Salah satu cara bangsa Indonesia mengenalkan kebudayaan daerah kepada dunia internasional, yaitu melalui pementasan beragam kebudayaan daerah di tempat-tempat pariwisata. Dalam hal ini ada andil besar dari dinas kepariwisataan.
5. Manfaat hidup rukun
a. menciptakan suasana tentram dan damai
b. menjaga keutuhan NKRI
c. pembangunan nasional berjalan lancar
d. mudah mendapat bantuan ketika mengalami kesulitan
Bahasa Indonesia
1. Iklan Elektronik
a. Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).
b. Iklan Televisi Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk, kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.
c. Iklan Internet Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet.
Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif
2. Paparan dalam iklan elektronik
a. Paparan Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.
b. Paparan Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi.
c. Paparan Iklan Melalui Internet
Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.
3. Contoh media elektronik radio, TV, laptop, HP, komputer.
4. Unsur-unsur iklan agar menarik :
1. Perhatian (Attention) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
2. Minat (Interest) Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
3. Keinginan (Desire) Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
4. Rasa Percaya (Conviction) Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5. Tindakan (Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
5. Ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran
6. Iklan dari segi isinya
1. Iklan politik
Iklan yang menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu. Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.
2. Iklan pendidikan
Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia
3. Iklan kesehatan
Iklan yang menawarkan produk kesehatan seperti obat, pasta gigi, pengobatan alternatif.
4. Iklan makanan dan minuman
Iklan yang menawarkan makanan dan minuman, seperti mie, kue, teh
5. Iklan otomotif
Iklan yang menawarkan produk otomotif, seperti ban, mobil, sepeda motor, oli.
6. Iklan kecantikan
Iklan yang berisi tentang produk-produk kecantikan seperti bedak, lipstik, sampo, sabun, cream wajah, parfum dsb
7. Mengidentifikasi iklan
Jenis iklan berdasarkan media : Iklan media elektronik
Jenis iklan berdasarkan isi : Iklan kesehatan
Unsur iklan : nama produk, kalimat informasi, gambar
Isi Iklan : menawarkan kepada masyarakat produk pasta gigi dan
kegunaannya
IPA
1. Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas.
Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.
2. Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
a. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.
b. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.
3. Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.
a. Zat campuran homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).
b. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.
4. Jika ditulis dalam bentuk bagan sebagai berikut
5. Ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
1. campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
2. campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
3. perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
4. sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya
6. Mengidentifikasi campuran :
No. | Jenis Campuran | Komponen Penyusun Campuran | Sifat Campuran |
1. | Kuningan | Tembaga dan Seng | Campuran terdiri dari dua unsur |
2. | Perunggu | Tembaga dan Timah | Campuran terdiri dari dua unsur |
3. | Air sirop | Air mineral, gula, dan sari buah | Campuran terdiri dari 2 senyawa (Air dan gula) dan 1 campuran (sari buah) |
4. | Air Kopi | Air, bubuk kopi, dan gula pasir | Campuran terdiri dari 2 senyawa senyawa (air dan gula), dan 1 campuran (bubuk kopi) |
5. | Teh Manis | Air, Teh dan Gula | Campuran terdiri dari 2 senyawa (air dan gula), dan 1 Campuran (Teh) |
6. | Minuman Ringan | Air, pemanis, pewarna dan gas Karbondioksida | Campuran terdiri dari 2 senyawa (air dan karbondioksida), 1 campuran (pemanis). |
7. | Es Krim | Air, Susu, Gula | Campuran terdiri dari 2 senyawa (air dan Gula), dan 1 Ca |
IPS
1. Kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
a. Pertanian
Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.
b. Perkebunan
Perkebunan semusim yaitu pemeliharaan tanaman dengan satu kali panen, seperti tembakau, tebu. Perkebuanan tahunan yaitu pemeliharaan tanaman dengan beberapa kali panen Hasil perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu
c. Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang piaraan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).
d. Perikanan
Usaha perikanan dalam hal ini adalah usaha perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan di perairan darat dengan cara membuat kolam. Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau. contoh hasil perikanan air tawar misalnya ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng.
e. Kehutanan
Usaha kehutanan dapat dilakukan dengan melakukan pencegahan terhadap penggundulan hutan dengan melakukan reboisasi atau peremajaan hutan. contoh hasil usaha kehutanan antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan
f. Pertambangan
Pertambangan adalah usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi. Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, dan batu bara.
g. Perindustrian
Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi ban.
h. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan yang dilakukan antarnegara disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.
i. Jasa
Usaha jasa adalah usaha menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba
2. Usaha Ekonomi yang dikelola sendiri
a. Usaha pertanian
b. Industri kecil Industri
c. Usaha perdagangan
d. Usaha jasa
3. Usaha ekonomi yang dikelola kelompok
a. firma
b. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)
c. PT (Perseroan Terbatas)
d. BUMN (Badan Usaha Milik Negara) BUMN atau Perusahaan Negara adalah perusahaan yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Ada tiga bentuk perusahaan negara, yaitu Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).
e. Perusahaan Daerah
f. Koperasi
SBdP
1. Ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.
2. Pola Lantai Vertikal (Lurus) ciri pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik.
3. Pola Lantai Diagonal Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
4. Pola Lantai Garis Melengkung Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan.
0 Response to "Pdf RANGKUMAN TEMA 9 SUBTEMA 2 KELAS 5"
Post a Comment