Download Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan IPA.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku TemaTerpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 84-92 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!
Baca Juga :
Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!1. Apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?
2. Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?
3. Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan citacitanya?
Alternatif Jawaban :
1. Patih Gajah Mada memiliki cita-cita ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara
2. Usaha Patih Gajah Mada untuk mewujudkan cita-citanya adalah dengan melakukan sumpah palapa, isi dari sumpah palapa tersebut adalah ia menyatakan tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara
3. Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya dengan cara benar-benar melaksanakan sumpah palapa yang ia ucapkan ketika diangkat menjadi maha pati Majapahit dan bekerja keras untuk menaklukan seluruh daerah nusantara
Setelah melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah mada berikut
Alternatif Jawaban :
Asal-Usul : lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan
Cita-Cita : ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu
Perjalanan karir : Patih Gajah Mada memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara
dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja, Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani
Sikap dan nilai : Pemberani, bertanggung jawab tangkas kerja keras dan baik
Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut!1. Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.
2. Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil.
3. Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
4. Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.
5. Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
6. Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
7. Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.
8. Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
9. Bacakan puisimu di depan kelas.
Ayo Berkreasi
Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari daerah yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?
Lakukan kegiatan berikut ini bersama kelompokmu!
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga orang.
2. Carilah informasi dari dua orang teman di sekolahmu tentang suku asal atau daerah asal mereka.
3. Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4. Dengan menggunakan sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua informasi yang kamu dapatkan dengan rapi dan menarik.
5. Lakukan wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui
a. Cara mereka bekerja sama.
b. Cara mereka menghadapi perbedaan.
c. Manfaat yang diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang
berasal dari suku atau daerah yang berbeda.
6. Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kamu dapatkan.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!
Alternatif Jawaban :
Nama : Dinda
Daerah asal : Jakarta
Bahasa daerah : Betawi
Pakaiana adat: Pakaian adat abang dan none
Rumah adat: Rumah kebaya
Kebiasaan adat : Mengajarkan seni bela diri silat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, Nyambat, yakni kebiasaan turun temurun mengajak orang lain gotong royong dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Nama : Sari
Daerah asal : Bangka
Bahasa daerah : Melayu bangka
Pakaiana adat: Aisan Gede
Rumah adat: Rumah rakit, Rumah limas
Kebiasaan adat : Nganggung 1.000 dulang, tradisi ini adalah warisan budaya yang telah turun temurun untuk mengingat kebiasaan nenek moyang makan dulang bersama. Makan berdulang merupakan tradisi adat istiadat makan bersama tanpa memandang status sosial dari masyarakat yang mengikuti tradisi dari pulau Belitong.
Kesimpulan : Dinda berasal dari Jakarta dan Sari berasal dari Bangka mereka memiliki banyak perbedaan mulai dari bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat dan kebiasaan adat daerah asal mereka akan tetapi mereka tetap berteman dengan baik.
Usaha keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangat beralasan. Nusantara memiliki sumber daya alam yang beragam dan kaya dan kaya. Sumber daya alam digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia Tahukah kamu apa yang dimaksud sumber daya alam?
Ayo Mengamati
Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai, danau, laut, tanah persawahan, dan tanah hutan.
Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.
Alternatif Jawaban :
1. Air
2. Sebagai sumber pengairan dalam pertanian, sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga, sebagai media kebersihan dan sebagai sumber tenaga listrik
3. Menggunakan dengan sebaik-baiknya atau sesuai kebutuhan
Ayo Renungkan
1. Nilai-nilai apa saja yang dapat kamu pelajari dari Patih Gajah Mada?
2. Adakah usaha yang telah kamu lakukan untuk mulai mewujudkan citacitamu?
3. Sebutkan hal-hal baru yang kamu dapatkan pada hari ini!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan bagaimana keluargamu memanfaatkan sumber daya air yang ada di lingkungan sekitar rumahmu. Jelaskan cara keluargamu memanfaatkannya.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku TemaTema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku TemaTerpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 84-92 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!
Baca Juga :
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 84
Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!1. Apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?
2. Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?
3. Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan citacitanya?
Alternatif Jawaban :
1. Patih Gajah Mada memiliki cita-cita ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara
2. Usaha Patih Gajah Mada untuk mewujudkan cita-citanya adalah dengan melakukan sumpah palapa, isi dari sumpah palapa tersebut adalah ia menyatakan tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara
3. Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya dengan cara benar-benar melaksanakan sumpah palapa yang ia ucapkan ketika diangkat menjadi maha pati Majapahit dan bekerja keras untuk menaklukan seluruh daerah nusantara
Setelah melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah mada berikut
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 86
Alternatif Jawaban :
Asal-Usul : lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan
Cita-Cita : ingin mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu
Perjalanan karir : Patih Gajah Mada memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara
dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja, Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani
Sikap dan nilai : Pemberani, bertanggung jawab tangkas kerja keras dan baik
Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut!1. Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.
2. Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil.
3. Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
4. Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.
5. Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
6. Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
7. Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.
8. Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
9. Bacakan puisimu di depan kelas.
Ayo Berkreasi
Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari daerah yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?
Lakukan kegiatan berikut ini bersama kelompokmu!
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga orang.
2. Carilah informasi dari dua orang teman di sekolahmu tentang suku asal atau daerah asal mereka.
3. Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4. Dengan menggunakan sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua informasi yang kamu dapatkan dengan rapi dan menarik.
5. Lakukan wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui
a. Cara mereka bekerja sama.
b. Cara mereka menghadapi perbedaan.
c. Manfaat yang diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang
berasal dari suku atau daerah yang berbeda.
6. Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kamu dapatkan.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 90
Alternatif Jawaban :
Nama : Dinda
Daerah asal : Jakarta
Bahasa daerah : Betawi
Pakaiana adat: Pakaian adat abang dan none
Rumah adat: Rumah kebaya
Kebiasaan adat : Mengajarkan seni bela diri silat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, Nyambat, yakni kebiasaan turun temurun mengajak orang lain gotong royong dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Nama : Sari
Daerah asal : Bangka
Bahasa daerah : Melayu bangka
Pakaiana adat: Aisan Gede
Rumah adat: Rumah rakit, Rumah limas
Kebiasaan adat : Nganggung 1.000 dulang, tradisi ini adalah warisan budaya yang telah turun temurun untuk mengingat kebiasaan nenek moyang makan dulang bersama. Makan berdulang merupakan tradisi adat istiadat makan bersama tanpa memandang status sosial dari masyarakat yang mengikuti tradisi dari pulau Belitong.
Kesimpulan : Dinda berasal dari Jakarta dan Sari berasal dari Bangka mereka memiliki banyak perbedaan mulai dari bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat dan kebiasaan adat daerah asal mereka akan tetapi mereka tetap berteman dengan baik.
Usaha keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangat beralasan. Nusantara memiliki sumber daya alam yang beragam dan kaya dan kaya. Sumber daya alam digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia Tahukah kamu apa yang dimaksud sumber daya alam?
Ayo Mengamati
Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai, danau, laut, tanah persawahan, dan tanah hutan.
Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.
Kunci jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 91, 92
Alternatif Jawaban :
1. Air
2. Sebagai sumber pengairan dalam pertanian, sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga, sebagai media kebersihan dan sebagai sumber tenaga listrik
3. Menggunakan dengan sebaik-baiknya atau sesuai kebutuhan
Ayo Renungkan
1. Nilai-nilai apa saja yang dapat kamu pelajari dari Patih Gajah Mada?
2. Adakah usaha yang telah kamu lakukan untuk mulai mewujudkan citacitamu?
3. Sebutkan hal-hal baru yang kamu dapatkan pada hari ini!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan bagaimana keluargamu memanfaatkan sumber daya air yang ada di lingkungan sekitar rumahmu. Jelaskan cara keluargamu memanfaatkannya.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku TemaTema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 3. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih
0 Response to "Download Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 84, 86, 90, 91, 92"
Post a Comment