Download Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan IPA.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku TemaTerpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 75-82 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?
Ayo Mengamati
Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.
Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai?
Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki?
Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!
Ayo Membaca
Apakah kamu menyukai seni tari? Ada banyak penari daerah yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari daerah biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia peran para penari daerah itu. Berikut ini adalah sebuah kisah tentang seorang penari daerah.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Alternatif Jawaban :
1. Nama tarian yang menjadi profesi Ibu Supina adalah Tari Gandrung yang bersal dari Banyuwangi Jawa Timur
2. Fungsi dari tari gandrung pada masa penjajahan belanda ini memiliki peran untuk melakukan mata-mata kaum geriliyawan melakukan kegiatan pengumpulan terhadap logistik untuk pasukan yang berada didaerah pedalaman.
3. Sikap dan nilai yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah adalah dapat melestarikan budaya daerah
4. Nilai, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang penari adalah sikap tanggung jawab , keterampilan menari, penguasaan teknik dan menghayati lagu dengan baik
Ayo Membaca
Kehidupan seorang penari menarik untuk diketahui. Dengan kecintaannya terhadap seni daerah, Ibu Supinah berupaya keras untuk melestarikan warisan budaya daerah. Mari kita simak sebuah puisi tentang seorang penari berikut ini!
Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Puisi Penari, Karya, Hascahya Trilion Laksono
2. 6 Bait
3. 12 Baris
4. Puisi tersebut menceritakan tentang seorang penari yang menari dengan hati sehingga bisa terpancar keindahan yang mempesona
Puisi penari diatas menceritakan mengenai lenggak lenggok seorang penari yang begitu mempesona tak bosan dipandang, semua gerakan seirama dengan melodi senyum yang terpancarpun membuat hati penonton senang. Itu semua karena penari melakukan dengan ketulusan hatinya sehingga menghasilkan keindahan yang mempesona.
5.
Ayo Mengamati
Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia.
Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal tari daerah tersebut!
Alternatif Jawaban :
Ayo Berlatih
Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut!
Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 78
Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
1. Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.
Alternatif Jawaban :
Tari Saman adalah tarian Suku Gayo yang berasal dari Aceh, Tari saman biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh dididrikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh.
2. Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
Alternatif Jawaban :
Tarian Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, Yakni tepuk tangan dan tepuk dada.
3. Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.
Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan perain laut yang luas . Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?
Ayo Membaca
Alternatif Jawaban :
1. Peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia
Manfaat tumbuhan bagi kehidupan
- Bahan makanan
- Bahan obat
- Pembuatan kain
- Penghasil oksigen
- Menyerap karbon dioksida
- Bahan bangunan
Manfaat Hewan bagi tumbuhan
- Bahan pangan
- Bahan pakaian
- Membantu pekerjaan manusia
2. Manfaat tumbuhan bagi kehidupan :
a. Menjadikan udara sekitarnya menjadi sejuk
b. Membantu manusia dan hewan membersihkan udara dari racun
c. Tumbuhan dapat mencegah tanah longsor
d. tumbuhan dapat mengatasi kekeringan karena akar-akar tumbuhan menyerap air sehingga air tidak langsung mengalir kelaut dan air bisa bertahan sebentar menjadi air bawah tanah
e. Manfaat tumbuhan jenis buah menghasilkan buah-buahan
f. Tumbuhan jenis obat menghasilkan bahan-bahan obat
g. bermanfaat menyediakan kayu sebagai bahan bangunan & kerajinan
h. tempat berteduh
3. Manfaat hewan bagi kehidupan
a. Penghasil bahan pangan misalnya daging (sapi, ayam, kambing ), Telur ( ayam, bebek ), Susu ( Sapi, Kambing )
b. Penghasil bahan Sandang misalnya kain sutra (ulat sutra ), wol ( bulu domba ), jaket kulit ( sapi, kerbau, ular) tas kulit (kulit ular, kulit buaya )
c. Penghasilan pupuk organik Misalnya Pupuk kandang ( kotoran sapi, kerbau, kambing )
d. Penghasil tenaga Misalnya Menarik delman ( kuda ), membajak sawah (kerbau), menarik pedati(sapi)
e. Penghasil bahan kerajinan Misalnya Satle cock (bulu angsa), wayang kulit (kulit sapi )
f. Untuk menggemburkan tanah Misalnya cacing tanah
4. Yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh
a. Daerah menjadi gersang
b. Sulit mendapatkan air (karena tidak ada tumbuhan yang menyimpan air tanah )
c. Udara kotor, karena tidak ada tumbuhan yang dapat menyerapkarbon dioksida
d. Udara jadi terasa panas, karena tidak ada tumbuhan penghasil oksigen
e. Hewan-hewan yang hidup didaerah tersebut juga hanya hewan yang bisa menyimpan air seperti unta, atau hewan yang bisa bertahan dengan sedikit air.
5. Yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia:
a. Hewan akan kehilangan habitatnya
b. Hewan pemakan tumbuhan (herbivora ) akan kehilangan sumber makanan
c. Hewan akan mati bahkan punah
d. Hewan akan turun gunung / masuk ke pemukiman
Ayo Mengamati
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.
Bandingkan hasil pengamatanmu. Ceritakan di depan kelas.
3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama?
Jelaskanlah!
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama?
Jelaskanlah!
Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
Alternatif Jawaban Halaman 82:
Kesimpulanku : Tumbuhan dan hewan yang hidup dilingkungan sekolah dan rumah memiliki banyak manfaat.
Ayo Renungkan
1. Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!
2. Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumahmu?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah gambar tentang sebuah tanaman yang ada di rumahmu. Jelaskan nama, bagian-bagian tumbuhan, dan manfaatnya bagi lingkunganmu.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku TemaTema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 2. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku TemaTerpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 75-82 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?
Ayo Mengamati
Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.
Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai?
Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki?
Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!
Ayo Membaca
Apakah kamu menyukai seni tari? Ada banyak penari daerah yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari daerah biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia peran para penari daerah itu. Berikut ini adalah sebuah kisah tentang seorang penari daerah.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 75
Alternatif Jawaban :
1. Nama tarian yang menjadi profesi Ibu Supina adalah Tari Gandrung yang bersal dari Banyuwangi Jawa Timur
2. Fungsi dari tari gandrung pada masa penjajahan belanda ini memiliki peran untuk melakukan mata-mata kaum geriliyawan melakukan kegiatan pengumpulan terhadap logistik untuk pasukan yang berada didaerah pedalaman.
3. Sikap dan nilai yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah adalah dapat melestarikan budaya daerah
4. Nilai, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang penari adalah sikap tanggung jawab , keterampilan menari, penguasaan teknik dan menghayati lagu dengan baik
Ayo Membaca
Kehidupan seorang penari menarik untuk diketahui. Dengan kecintaannya terhadap seni daerah, Ibu Supinah berupaya keras untuk melestarikan warisan budaya daerah. Mari kita simak sebuah puisi tentang seorang penari berikut ini!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 76, 77
Ayo BerdiskusiDiskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!
1. Puisi Penari, Karya, Hascahya Trilion Laksono
2. 6 Bait
3. 12 Baris
4. Puisi tersebut menceritakan tentang seorang penari yang menari dengan hati sehingga bisa terpancar keindahan yang mempesona
Puisi penari diatas menceritakan mengenai lenggak lenggok seorang penari yang begitu mempesona tak bosan dipandang, semua gerakan seirama dengan melodi senyum yang terpancarpun membuat hati penonton senang. Itu semua karena penari melakukan dengan ketulusan hatinya sehingga menghasilkan keindahan yang mempesona.
5.
Ayo Mengamati
Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 78
Amatilah gambar tari berikut ini!Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal tari daerah tersebut!
Alternatif Jawaban :
Ayo Berlatih
Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut!
Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 78
Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
1. Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.
Alternatif Jawaban :
Tari Saman adalah tarian Suku Gayo yang berasal dari Aceh, Tari saman biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh dididrikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh.
2. Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
Alternatif Jawaban :
Tarian Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, Yakni tepuk tangan dan tepuk dada.
3. Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.
Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan perain laut yang luas . Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?
Ayo Membaca
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 80, 81
Alternatif Jawaban :
1. Peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia
Manfaat tumbuhan bagi kehidupan
- Bahan makanan
- Bahan obat
- Pembuatan kain
- Penghasil oksigen
- Menyerap karbon dioksida
- Bahan bangunan
Manfaat Hewan bagi tumbuhan
- Bahan pangan
- Bahan pakaian
- Membantu pekerjaan manusia
2. Manfaat tumbuhan bagi kehidupan :
a. Menjadikan udara sekitarnya menjadi sejuk
b. Membantu manusia dan hewan membersihkan udara dari racun
c. Tumbuhan dapat mencegah tanah longsor
d. tumbuhan dapat mengatasi kekeringan karena akar-akar tumbuhan menyerap air sehingga air tidak langsung mengalir kelaut dan air bisa bertahan sebentar menjadi air bawah tanah
e. Manfaat tumbuhan jenis buah menghasilkan buah-buahan
f. Tumbuhan jenis obat menghasilkan bahan-bahan obat
g. bermanfaat menyediakan kayu sebagai bahan bangunan & kerajinan
h. tempat berteduh
3. Manfaat hewan bagi kehidupan
a. Penghasil bahan pangan misalnya daging (sapi, ayam, kambing ), Telur ( ayam, bebek ), Susu ( Sapi, Kambing )
b. Penghasil bahan Sandang misalnya kain sutra (ulat sutra ), wol ( bulu domba ), jaket kulit ( sapi, kerbau, ular) tas kulit (kulit ular, kulit buaya )
c. Penghasilan pupuk organik Misalnya Pupuk kandang ( kotoran sapi, kerbau, kambing )
d. Penghasil tenaga Misalnya Menarik delman ( kuda ), membajak sawah (kerbau), menarik pedati(sapi)
e. Penghasil bahan kerajinan Misalnya Satle cock (bulu angsa), wayang kulit (kulit sapi )
f. Untuk menggemburkan tanah Misalnya cacing tanah
4. Yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh
a. Daerah menjadi gersang
b. Sulit mendapatkan air (karena tidak ada tumbuhan yang menyimpan air tanah )
c. Udara kotor, karena tidak ada tumbuhan yang dapat menyerapkarbon dioksida
d. Udara jadi terasa panas, karena tidak ada tumbuhan penghasil oksigen
e. Hewan-hewan yang hidup didaerah tersebut juga hanya hewan yang bisa menyimpan air seperti unta, atau hewan yang bisa bertahan dengan sedikit air.
5. Yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia:
a. Hewan akan kehilangan habitatnya
b. Hewan pemakan tumbuhan (herbivora ) akan kehilangan sumber makanan
c. Hewan akan mati bahkan punah
d. Hewan akan turun gunung / masuk ke pemukiman
Ayo Mengamati
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.
Bandingkan hasil pengamatanmu. Ceritakan di depan kelas.
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama?
Jelaskanlah!
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama?
Jelaskanlah!
Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
Alternatif Jawaban Halaman 82:
Kesimpulanku : Tumbuhan dan hewan yang hidup dilingkungan sekolah dan rumah memiliki banyak manfaat.
Ayo Renungkan
1. Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!
2. Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumahmu?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah gambar tentang sebuah tanaman yang ada di rumahmu. Jelaskan nama, bagian-bagian tumbuhan, dan manfaatnya bagi lingkunganmu.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku TemaTema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku Pembelajaran 2. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
0 Response to "Download Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81, 82"
Post a Comment