Rpp Daring Panduan Kerja Implementasi Administrasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Kurun Pandemi Covid-19 ( Sd,Smp,Sma & Smk)

Panduan Kerja Implementasi Manajemen Kepemimpinan  Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19 ( SD,SMP,SMA & SMK) - FILOSOFI PENDIDIKAN SISTEM AMONG MENURUT KI HAJAR DEWANTARA Pendidikan Sistem Among yang digagas Ki Hajar Dewantara dengan ikon-ikon pembelajaran  odern, antara lain, Mindset Tumbuh (Growth Mindset, Carrol Dweck: 2007), Belajar dari kesalahan (Value Mistakes, Cannon and Edmondson: 2005), Berbagi Praktik Dalam Komunitas (Community of Practice, Lave and Wenger: 2016), dan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring).


DASAR HUKUM

  1. SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 perihal Langkah Pencegahan Covid 19 pada Satuan Pendidikan
  2. SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 perihal Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid 19
TUJUAN
Memberikan panduan bagi Kepala Sekolah dalam melaksakan kiprah dan fungsinya pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

  1. SIKAP AMONG DARI KEPALA SEKOLAH - Among, yakni guru sebagai pamong pembelajaran daring yang bersikap saling mengasah, saling mengasuh, saling mengasihi, saling mengajari, saling melatih, saling membimbing, dan saling meng- coach/ mentor.
  2. MENJAMIN KUALITAS BELAJAR MURID DI RUMAH - Kinerja kepala sekolah untuk memenuhi kiprah dan fungsinya mengelola penyelenggaraan pembelajaran daring di ketika Pandemik Covid 19 ialah menjamin bahwa pembelajaran berlangsung dengan terukur kualitasnya dan memberi pertolongan kepada guru dalam pelaksanaan mengajar dari rumah
  3. MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN - Membuat perencanaan secara terprogram, melaksanakan semua perencanaan yang telah dibuat, dan melaksanakan penilaian secara kontinyu dalam jadwal pembelajaran secara daring di rumah
  4. MONITORING PEMBELAJARAN - Melakukan analisis kebutuhan monitoring, menyusun instrumen pemantauan pembelajaran, mensosialisasikan instrumen monitoring, melaksanakan monitoring, menganalisis data hasil monitoring, menindaklanjuti hasil monitoring.
  5. PEMBELAJARAN DARING - mengidentifikasi duduk masalah pembelajaran daring, memilih taktik pembelajaran daring, menganalisis modalitas/gaya berguru murid, memilih jenis pembelajaran daring sesuai kebutuhan
  6. SUPERVISI PEMBELAJARAN - Membuat perencanaan supervisi, melaksanakan supervisi dimulai dengan pra observasi, pengamatan pembelajaran, dan pasca observasi, dan melaksanakan penilaian pelaksanaan supervisi


Langkah Perencanaan Implementasi Manajemen Kepemimpinan  Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19 
  1. Melakukan koordinasi efektif dengan Disdik, Komite, Guru dan Staf Sekolah
  2. Update informasi resmi untuk dibagikan kepada Komite/ Guru/Karyawan/Paguyuban orang tua
  3. Membuat surat kiprah kepada guru untuk pembelajaran daring
  4. Membuat surat pemberitahuan/ edaran (online) kepada orangtua perihal pelaksanaan pembelajaran daring
  5. Mendata kemampuan guru terkait penguasaan media pembelajaran daring (WA, FB, Webex, Zoom, Google Classroom, dll)
  6. Merancang solusi untuk guru dan muridyang mengalami hambatan dalam penggunaan media pembelajaran daring (pelatihan singkat, pendampingan teman sejawat, berguru mandiri, home visit, dll)
  7. Mendata kepemilikan kemudahan pembelajaran daring penerima didik (Komputer, HP, kuota internet, dll)
  8. Merevisi RKAS sesuai regulasi yang berlaku (Revisi Juknis BOS Reguler/ SE Terkait) Permendikbud No 19 tahun 2020 dan SE No 4 Tahun 2020
  9. Meminta guru menciptakan perencanaan pembelajaran daring (harian/mingguan/yang disepakati sehingga orangtua paham yang harus dilakukan)
  10. Mendelegasikan kepada guru untuk sosialisasi pelaksanaan pembelajaran daring dan media yang dipakai kepada orang renta penerima didik.
  11. Meminta guru menyiapkan/ menyusun materi ajar/tugas yang akan diunggah/didistribusikan kepada penerima didik
  12. Meminta guru untuk mengirim/ mengunggah bahan/media pembelajaran berupa modul, tutorial, video, latihan soal, dan lembar kerja ke media yang telah ditetapkan atau disepakati bersama.
Langkah Pelaksanaan Implementasi Manajemen Kepemimpinan  Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19 

  1. Memberi isyarat guru biar memperlihatkan klarifikasi atas pertanyaan/tugas yang disampaikan kepada orangtua/murid
  2. Memberi isyarat guru untuk menyidik dan melaksanakan penilaian atas proses pembelajaran dari rumah untuk mendapat umpan balik hasil pembelajaran.
  3. Memberi isyarat guru untuk memperlihatkan umpan balik ragam penugasan yang telah diselesaikan siswa
  4. Mengagendakan koordinasi/rapat online secara rutin dengan seluruh guru dan staf sekolah secara intensif (media WAG, Telegram, Webex, Zoom, dll) perihal perkembangan pelaksanaan pembelajaran daring
  5. Menjalin komunikasi intensif sesama Kepala Sekolah (MKKS/K3S) untuk berguru dari pengalaman komunitas sejawat
  6. Melibatkan pihak-pihak terkait (Pengawas sekolah, komite sekolah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat) dalam rangka membangun kepercayaan bersama
  7. Memantau kesehatan guru/peserta didik melalui WAG atau media lain yang dikelola oleh wali kelas/guru kelas
  8. Memberikan informasi perkembangan faktual perihal pandemi Covid-19 dan tips-tips untuk hidup sehat kepada guru, orangtua, maupun murid
Langkah Evaluasi Implementasi Manajemen Kepemimpinan  Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19 
  1. Memberikan umpan balik kepada guru terkait kiprah pembelajaran daring yang telah dilakukan guru (reward/penghargaan bagi guru yang rajin/kooperatif,dll)
  2. Melakukan pembimbingan/ pendampingan online bagi guru yang belum melaksanakan kiprah dengan baik
  3. Melaksanakan supervisi/monitoring pembelajaran secara online untuk memantau keterlaksanaan proses pembelajaran daring
  4. Mengidentifikasi kendala/permasalahan yang ditemukan sehabis pembelajaran daring
  5. Melaporkan hasil acara berguru daring kepada dinas Pendidikan dan orang renta penerima didik
MONITORING KEGIATAN PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID - 19 


Monitoring lebih menekankan pada pemantauan terhadap proses pelaksanaan” (Depdiknas: 2001), Monitoring merupakan Kegiatan untuk mengetahui apakah jadwal yang telah dibentuk berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, adakah hambatan yang terjadi dan bagaimana para pelaksana jadwal itu mengatasi hambatan tersebut.

















Silahkan Unduh PDF  Panduan Kerja Implementasi Manajemen Kepemimpinan  Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19 Pada Link yang sudah kami siapkan dibawah ini :




(Unduh Disini) Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19.pdf


Demikian kami sampaikan Panduan Kerja Implementasi Manajemen Kepemimpinan  Kepala Sekolah di Masa Pandemi COVID-19, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Rpp Daring Panduan Kerja Implementasi Administrasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Kurun Pandemi Covid-19 ( Sd,Smp,Sma & Smk)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel