Rpp Daring Aplikasi Kkm Tematik Kelas 5 Kurikulum 2013 Sd/Mi Tahun Pelajaran 2020 / 2021
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ialah kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi kelulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik penerima didik, karakteristik muatan pelajaran, dan kondisi Satuan Pendidikan. Penentuan KKM harus mempertimbangkan setidaknya 3 aspek, yakni karakteristik penerima didik (intake), karakteristik muatan/mata pelajaran (kompleksitas), dan kondisi satuan pendidikan (pendidik dan daya dukung.
- Aspek karakteristik materi/kompetensi yaitu memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan berdasarkan data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan 8 Panduan Penilaian untuk SD (SD) KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/kompetensi, semakin menantang guru untuk meningkatkan kompetensinya.
- Aspek intake yaitu memperhatikan kualitas penerima didik yang dapat diidentifikasi antara lain menurut hasil ujian jenjang sebelumnya, hasil tes awal yang dilakukan oleh sekolah, atau nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKMnya.
- Aspek guru dan daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil Uji Kompetensi Guru), rasio jumlah peserta didik dalam satu kelas, sarana prasarana pembelajaran, dukungan dana, dan kebijakan sekolah. Semakin tinggi aspek guru dan daya dukung, semakin tinggi pula nilai KKMnya.
Dalam tetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama-sama kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dicantumkan dalam Dokumen I KTSP dan bersifat dinamis, artinya memungkinkan mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan proses pembelajaran.
KKM dituliskan dalam bentuk angka (bilangan bulat) dengan rentang 0 – 100. Dengan demikian, penentuan KKM muatan pelajaran merupakan kewenangan pendidik yang disetujui di tingkat Satuan Pendidikan melalui rapat dewan guru. KKM sanggup dibentuk berbeda untuk setiap mata pelajaran dan sanggup juga dibuat sama untuk semua mata pelajaran pada suatu sekolah. Apabila sekolah menentukan KKM yang berbeda untuk setiap mata pelajaran, sekolah harus mempertimbangkan panjang interval setiap mata pelajaran. KKM yang berbeda akan menjadikan interval predikat dan penentuan predikat yang berbeda.
Misalnya, muatan pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75, sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60.Hal ini berimplikasi antara lain pada format dan pengisisan rapor. Apabila sekolah menentukan KKM yang sama untuk semua mata pelajaran, contohnya dengan menjadikan KKM mata pelajaran paling rendah sebagai KKM satuan pendidikan.
Hal ini akan menyederhanakan penentuan interval predikat serta format dan pengisian rapor. Nilai KKM ditulis dalam dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan disosialisasikan kepada semua warga sekolah.
Berikut ini kami Bagikan Aplikasi Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Tematik Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2020 / 2021 .
Aplikasi KKM Tematik Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2020 / 2021 ( Unduh Disini )
Demikian kami sampaikan Aplikasi KKM Tematik Kelas 5 Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2020 / 2021, Semoga Bermanfaat
Perangkat Kelas 5 lain yang wajib untuk Dikunjungi dan Diunduh :
- Daftar Tema K13 Kelas 5
- RPP Kelas 5 K13 Revisi 2020
- Buku Guru dan Buku Siswa K13 Kelas 5
- Silabus K13 Kelas 5
- KKM K13 Kelas 5
- Prota & Promes K13 Kelas 5
- Pemetaan KI-KD K13 Kelas 5
- Jurnal K13 Kelas 5
- Penilaian Harian (PH) Kelas 5
- Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 5
- Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 5
0 Response to "Rpp Daring Aplikasi Kkm Tematik Kelas 5 Kurikulum 2013 Sd/Mi Tahun Pelajaran 2020 / 2021"
Post a Comment