Pdf RPP Kurikulum 13 terintegrasi PPK, Literasi dan HOTS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LITERASI, PPK, HOTS
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : 6 / 2
Tema 8 : Bumiku
Sub Tema 3 : Bumi, Matahari, dan Bulan
Pembelajaran ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari/Tanggal : Rabu, 28 Februari 2018
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan | Kompetensi Dasar | Indikator |
Matematika | 3.4 Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola. 4.8 Menggambar plotting titik- titik di kuadran pertama | 3.4.1 Menemukan pola keterkaitan antar data masuk dan data keluar dari tabel yang ada. 4.8.1 Mengomunikasikan strategi pemecahan masalah yang berkaitan dengan pola yang ada pada data masuk dan data keluar dengan membuat materi pada power point menggunakan tablet. |
IPA | 3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | 3.3.1. Mengidentifikasi peristiwa gerhana Matahari. 4.2.1 Melakukan percobaan tentang peristiwa gerhana matahari. 4.2.2 Membuat laporan hasil percobaan tentang peristiwa gerhana matahari menggunakan power point dengan tablet |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan pola keterkaitan antara data masuk dan data keluar dari tabel yang ada dengan benar.
2. Setelah bereksplorasi menggunakan power point dengan tablet, siswa mampu mengomunikasikan strategi pemecahan masalah yang berkaitan dengan pola yang ada pada data masuk dan data keluar dengan benar.
3. Dengan menganalisis, siswa mampu mengidentifikasi peristiwa gerhana Matahari dengan benar.
4. Setelah menganalisis, siswa mampu melakukan percobaan tentang peristiwa gerhana matahari dengan benar.
5. Setelah melakukan percobaan tentang peristiwa gerhana matahari, siswa dapat membuat laporan tentang pertistiwa gerhana matahari menggunakan power point dengan tablet.
6. Melalui program silv, siswa dapat belajar secara online dan dapat mengerjakan qiuz dengan teliti dan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
MATEMATIKA : Pola matematika
IPA : Gerhana Matahari
PPKn : Sikap saling ketergantungan
E. PENDEKATAN, METODE, & MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, visualisasi, penugasan : membuat
power point dan tugas pribadi
Model : Berpasangan, Think Talk Write (Berfikir, Berbicara, Menulis), Problem
Solving (pemecahan masalah)
F. MEDIA PEMBELAJARAN
Media/Alat Pembelajaran : LJK, LCD, Laptop, Tablet, Ms. Power Point, Video Pembelajaran
Gerhana Matahari, internet, Quiz Silv Book
G. SUMBER PEMBELAJARAN
Sumber Pembelajaran : Pengalaman Siswa
Pengamatan
Ebook Tema 8 Subtema 3
Buku:
Afriki, dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 8 “Bumi, Matahari, dan Bulan” Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki, dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 8 “Bumi, Matahari, dan Bulan” Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN | DESKRIPSI KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
Kegiatan Awal | 1. Guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Nasional, Tepuk PPK, Salam Literasi, Salam Adiwiyata. PPK (religius, nasionalis) 2. Presensi. PPK (mandiri) 3. Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.PPK (mandiri, gotong royong, integritas) 4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran ruang lingkup materi yang akan dipelajari. 5. Guru mengaitkan materi pembelajaran kemarin yaitu tentang gerhana bulan dengan materi pembelajaran hari yaitu gerhana matahari. | 10 menit |
Kegiatan Inti | 1. Siswa mengamati pola data pada suatu tabel pada papan tulis.(literasi) 2. Bertanya jawab tentang pola data yang sesuai. (4C:Critical Thinking, communication, collaboration, HOTS : Memprediksi dan mengidentifikasi tujuan membaca, menggumpulkan data) 3. Secara berpasangan siswa membaca Ebook tentang materi pola data pada tablet (tema 8 ST 3 PB 4). (literasi, 4C:collaboration, HOTS: menggumpulkan data) 4. Secara berpasangan siswa berdiskusi secara aktif membuat 1 soal tentang pola data pada tabel. (4C:collaboration, communication, creativitythinking & problem solving, PPK/gotong royong,) 5. Secara berpasangan siswa berdiskusi secara aktif menjawab soal yang dibuat (4C: collaboration, Communication, Critical Thinking & Problem Solving, HOTS :memprediksi, berfikir logis, PPK: integritas,mandiri, gotong royong) 6. Siswa menulis soal dan jawaban hasil disuksi dengan membuat power point menggunakan tablet. (4C:Creativity & Innovation, HOTS : mendesain, memperkirakan, memprediksi) 7. Siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas dan pasangan lain memberikan komentar, mengemukakan pendapatnya tentang ppt yang ditampilkan. (PPK: integritas, gotong royong , 4C:collaboration, communication, Critical Thinking & problem solving, HOTS :menyampaiakn informasi, konfirmasi, revisi) 8. Siswa memperhatikan vidio pembelajaran tentang gerhana matahari.(literasi) 9. Secara berpasangan siswa secara aktif berdiskusi tentang video pembelajaran gerhana matahari.(literasi, 4C:Critical Thingking, HOTS : identifikasi informasi) 10. Secara berpasangan siswa membaca materi gerhana matahari pada Ebook yang terdapat pada tablet Tema 8 subtema 3 PB 4. (literasi, 4C: collaboration, communication, HOTS: menggumpulkan data) 11. Secara berpasangan siswa membuat power point tentang gerhana matahari dengan menggunakan tablet. (PPK:gotong royong, 4C:Creativity & Innovation, HOTS : mendesain, memperkirakan) 12. Siswa mempresentasikan hasil power pointnya di depan kelas dan pasangan lain memberikan komentar, mengemukakan pendapatnya tentang ppt yang dipresentasikan. (PPK: integritas, gotong royong,4C: collaboration, communication, critical Thinikgn & problem solving, HOTS :menyampaiakn informasi, konfirmasi, revisi) 13. Siswa menjawab pertanyaan (quiz) dengan menggunakan program silv pada tablet. (PPK : mandiri, 4C:Critical thinking & problem solving, HOTS:memprediksi, memperkirakan,) | 40 menit Mengamati Menanya Mencoba, menalar Mengamati Mencoba, menalar Mengkomunikasikan Mengamati Menanya, mencoba, menalar Mengamati Mencoba, menalar Mengkomunikasikan Menalar |
Kegiatan Akhir | 1. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran (4C: Critical Thinking, Communication, HOTS: konfiramsi informasi) 2. Refleksi PPK integritas 3. Salam dan doa penutup menyanyikan lagu daerah PPK religius, kebangsaan) | 20 menit |
I. PENILAIAN
Teknik Penilaian : Penilaian Tugas IPA gerhana matahari
Matematika Tugas soal tentang pola data
Bentuk Instrumen : Format pengamatan
Isian
Pengayaan :
Kegiatan memahami slogan, dapat juga divaria sikan dengan membuat sebuah poster besar bersama-sama yang berisi slo gan tersebut, poster ini nantinya dapat dipajang di dinding sekolah
Remidi :
Siswa yang masuk kesulitan mengerjakan soal bisa dibimbing secara individu oleh guru. Misalkan setiap hari siswa bertemu guru selama 10 menit. Siswa bereksplarasi lagi tentang materi. Guru bisa memulainya dari soal-soal yang paling mudah
J. Lampiran :
1. Lampiran 1 : Materi Pelajaran
2. Lampiran 2 : LK Berpasangan
3. Lampiran 3 : Evaluasi
4. Lampiran 4 : Kunci Jawaban
5. Lampiran 5 : Penilaian
6. Lampiran 6 : Refleksi
Mengetahui Pasuruan, 28 Februari 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas VIA
Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M V. Cahya Fujikana, S.Pd
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
1. MATEMATIKA
Pola Operasi Hitung
Perhatikan tabel data di bawah ini
Data Masuk | Data Keluar |
1 | 2 |
2 | 6 |
3 | 10 |
4 | 14 |
5 | 18 |
Jika kamu lihat pada data keluar selalu bertambah 4.
•• Sekarang kita coba jika hubungannya adalah dikali 4.
•• Kita masukkan 1, maka 1 x 4 hasilnya 4.
•• Ternyata, hasilnya tidak sesuai karena yang diminta adalah 2.
•• Kita kurangkan 4 dengan 2 hasilnya 2.
•• Kita masukkan 2, maka 2x4 lalu dikurangkan 2 hasilnya 6.
Sehingga pola data adalah data keluar = data masuk x 4 – 2
2. IPA
Gerhana Matahari
1. Gerhana matahari adalah:
Ø Fenomena alam yang terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis.
2. Gerhana matahari:
a. Gerhana matahari terjadi pada saat bulan baru.
b. Gerhana matahari total paling lama berlangsung selama 7 menit.
c. Gerhana matahari dibedakan menjadi 3, yaitu:
d. Gerhana matahari total : daerah yang mengalami gerhana matahari total adalah daerah yang terkena bayangan inti bulan (umbra)
e. Gerhana matahari sebagian : daerah yang mengalami gerhana matahari sebagian adalah daerah yang terkena bayangan penumbra bulan.
f. Gerhana matahari cincin : terjadi ketika bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi.
g. Skema gerhana matahari
|
|
h. Terjadi pada siang hari
i. Bagian bumi yang mengalami siang hari akan menjadi gelap karena bulan menghalangi sinar matahari ke bumi.
Lampiran 2
LK POLA DATA MATEMATIKA KELAS 6 / TEMA 8 / SUBTEMA 3 KD 3.4 & 4.8
Nama :______________________ Hari/Tanggal : Rabu, 28-2-2018
: ______________________
Bersama pasanganmu, buatlah tabel data masuk dan data keluar, tentukan pola datanya dengan menggunakan power point pada tablet!
Presentasikan hasilnya di depan kelas!
Lampiran 3
LK IPA GERHANA MATAHARI KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 3/KD 3.3 dan 4.2
NAMA/NO. ABBSEN : ________________________________________________
________________________________________________
Bersama pasanganmu buatlah power point tentang gerhana matahari di tablet!
Presentasikan hasilnya di depan kelas!
Lampiran 5
PENILAIAN KI 3 & KI 4 MUATAN MATEMATIKA KD 3.4 & 4.8
No | Nama Siswa | KD 3.4 | KD 4.8 | ||
Ket Berfikir | Komunikasi | Jumlah Nilai | |||
1 | Alicia Joyceline Tiffany Halim | | | | |
2 | Axel Lew Budiharto | | | | |
3 | Clarisa Revanata | | | | |
4 | Damar Aidir Ramdhani | | | | |
5 | Dewa Panji Dharma Martana | | | | |
6 | Gabriel Jovico Prathama | | | | |
7 | Juan Ramot Demak Tambunan | | | | |
8 | Maria Ratih Octavinintya | | | | |
9 | Olivia Esther Wijaya | | | | |
10 | Philip Radot Haratua Tambunan | | | | |
11 | Rafael Christofer Anggono | | | | |
12 | Agnesia Angel Winata | | | | |
13 | Alex Ajun Prasetyo | | | | |
14 | Athalia Irawan | | | | |
15 | Baginda Cornelius Yoshua Sirait | | | | |
16 | Dwynda Tatiana Suwanto | | | | |
17 | Faustine Feodora | | | | |
18 | Stephanus Andhika Nugraha Purba | | | | |
19 | Jocelyn Anastasia Wahyudi | | | | |
20 | Hogi Dama Santoso | | | | |
Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Kurang |
4 | 3 | 2 | 1 | |
Keterampilan Berpikir | Membuat rencana dan melaksanakannya untuk menemukan masalah. Strategi yang digunakan sesuai dan dapat menyelesaikan masalah. | Membuat rencana dan melaksanakannya untuk menemukan masalah. Strategi yang digunakan sesuai namun tidak dapat menyelesaikan masalah. | Membuat rencana dan melaksanakannya untuk menemukan masalah. Strategi yang digunakan tidak sesuai sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah. | Rencana yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Tidak ada strategi yang dihasilkan. |
Komunikasi | Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis, sistematis dan menggunakan kalimat Matematika dengan benar. | Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis, dan menggunakan kalimat Matematika dengan benar namun kurang sistematis. | Mengomunikasikan hasil pekerjaan dengan logis namun kurang sistematis; atau penggunaan kalimat matematika kurang benar. | Masih membutuhkan bimbingan saat mengomunikasikan hasil. |
Mengetahui Pasuruan, 28 Februari 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas 6A
Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M. V. Cahya Fujikana, S.Pd.
PENILAIAN KI 3 & KI 4 MUATAN IPA KD 3.3 & 4.2
No | Nama Siswa | KD 3.3 | KD 4.2 | ||
Ket Berfikir | Komunikasi | Jumlah Nilai | |||
1 | Alicia Joyceline Tiffany Halim | | | | |
2 | Axel Lew Budiharto | | | | |
3 | Clarisa Revanata | | | | |
4 | Damar Aidir Ramdhani | | | | |
5 | Dewa Panji Dharma Martana | | | | |
6 | Gabriel Jovico Prathama | | | | |
7 | Juan Ramot Demak Tambunan | | | | |
8 | Maria Ratih Octavinintya | | | | |
9 | Olivia Esther Wijaya | | | | |
10 | Philip Radot Haratua Tambunan | | | | |
11 | Rafael Christofer Anggono | | | | |
12 | Agnesia Angel Winata | | | | |
13 | Alex Ajun Prasetyo | | | | |
14 | Athalia Irawan | | | | |
15 | Baginda Cornelius Yoshua Sirait | | | | |
16 | Dwynda Tatiana Suwanto | | | | |
17 | Faustine Feodora | | | | |
18 | Stephanus Andhika Nugraha Purba | | | | |
19 | Jocelyn Anastasia Wahyudi | | | | |
20 | Hogi Dama Santoso | | | | |
Kriteria | Baik Sekali | Baik | Cukup | Kurang |
4 | 3 | 2 | 1 | |
Penerapan Konsep | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. | Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Mengetahui Pasuruan, 28 Februari 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas 6A
Sr. Ursula PIJ, S.Pd., M.M. V. Cahya Fujikana, S.Pd.
Lampiran 6
LEMBAR REFLEKSI KEGIATAN BELAJAR SISWA KELAS 6A
Nama/No. Absen :__________________________________________________
1. Bagaimana perasaan kalian tentang belajar hari ini?
Mengapa demikian?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Hal-hal apa sajakah yang kalian dapatkan hari ini?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
LEMBAR REFLEKSI KEGIATAN BELAJAR SISWA KELAS 6A
Nama/No. Absen :__________________________________________________
1. Bagaimana perasaan kalian tentang belajar hari ini?
Mengapa demikian?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Hal-hal apa sajakah yang kalian dapatkan hari ini?
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
0 Response to "Pdf RPP Kurikulum 13 terintegrasi PPK, Literasi dan HOTS"
Post a Comment