Pdf Rangkuman Tema 8 Subtema 1 Kelas 5


RANGKUMAN TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS 5

IPA
1.      Manfaat air bagi kehidupan
a.       Manfaat air bagi manusia
Zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Adapun manfaat air bagi manusia adalah :
·         Keperluan rumah tangga, misalnya air digunakan untuk minum, masak, mandi, mencuci dan mengepel lantai.
·         Keperluan industri, misalnya air digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan, selain itu air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh sektor industri.
·         Keperluan rekreasi dan olah raga, ada beberapa cabang olah raga yang memanfaatkan air sebagai sarananya. Misalnya olahraga renang, selancar, dayung, dan arung jeram.
·         Keperluan pertanian dan peternakan, para petani sangat membutuhkan air dalam jumlah yang banyak untuk mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Para peternak juga sangat membutuhkan air untuk memelihara ternak mereka.
·         Keperluan transportasi, misalnya dalam pelayaran sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi. Demikian juga di daerah kalimantan air sungai dimanfaatkan sebagai sarana transportasi penduduk setempat.

b.      Manfaat air bagi hewan
·         Untuk minum, hewan memerlukan air untuk metabolisme dalam tubuh hewan.
·    Untuk produksi susu, bagi hewan yang menyusui air sangat berperan dalam proses produksi susu.
·         Sebagai tempat hidup, ada beberapa hewan yang hidup dia air, misalnya berbagai jenis ikan , udang, lumba-lumba, dan ikan paus.
·         Hewan juga membutuhkan air untuk membersihkan tubuhnya, misalnya saja kerbau biasanya membersihkan tubuhnya dengan cara masuk ke dalam air.
·         Sebagai alat perlindungan, Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air adalah agar kuda nil bisa menghindari panas terik di siang hari.
·         Sebagai senjata, ikan pemanah adalah penembak jitu di dalam sungai, dan sebuah jet air adalah senjatanya. Dengan bidikan yang tepat, ikan ini mampu mengambil serangga apapun dalam beberapa meter tanpa menggunakan apa-apa selain air yang disemprotkan dari mulutnya.

c.       Manfaat air bagi tumbuhan
·         Sebagai tempat hidup, ada beberapa jenis tumbuhan yang hidup dia air, misalnya eceng gondok, teratai, dan pandan air.
·         Menjadi pelarut bagi zat hara yang diperlukan tumbuhan. Zat hara yang ada dalam tumbuhan dilarutkan oleh air dan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
·         Menjadi alat transportasi untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut dapat berupa bahan mineral dari dalam tanah, bahan - bahan organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.
·         Menjadi bahan dasar pada fotosintesis, tanpa adanya air fotosintesis tidak dapat berlangsung.

2.      Kegiatan yang membutuhkan air di rumah :
a.       mandi
b.      memasak
c.       mencuci baju,  piring dan mobil
d.      mengepel dan mengelap kaca
e.       menyiram tanaman

3.      Siklus Air
a.        Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air/siklus hidrologi merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer,  lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan.
b.      Siklus air dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu
1. Siklus Pendek / Siklus Kecil
Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari (evaporasi)→ Terjadi kondensasi dan pembentukan awan→ Turun hujan di permukaan laut




2. Siklus Sedang
Air laut menguap menjadi uap  gas karena panas matahari →Terjadi evaporasi→Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat→Kondensasi dan Pembentukan awan→Turun hujan di permukaan daratan→Air mengalir di sungai menuju laut kembali.


 




3. Siklus Panjang / Siklus Besar

Air laut menguap menjadi uap  gas karena panas matahari→Uap air mengalami sublimasi→Pembentukan awan yang mengandung kristal es→Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat→Pembentukan awan→Turun salju→Pembentukan gletser→Gletser mencair membentuk aliran sungai→Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut.

c.       Perhatikan gambar di bawah ini!


 Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara (transpirasi). Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara  turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan). Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan (presipitasi). Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah (infiltarasi). Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur. Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke  perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.


PPKn
1.      Bentuk rumah adat setiap suku bangsa menyesuaikan kondisi lingkungan alam sekitarnya. Rumah adat Kalimantan biasanya berupa rumah panggung untuk menghindari serangan hewan-hewan liar.
2.      Rumah adat Betang Uluk Palin (rumah panjang) uluk palin terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 
3.      Keunikan Rumah Betang Uluk Palin adalah :
·         Rumah betang dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.
·         Rumah Betang bentuknya memanjang serta terdapat sebuah tangga dan pintu masuk ke dalam Betang.
·         Betang yang dibangun tinggi dari permukaan tanah untuk menghindari musuh, binatang buas, ataupun banjir. 
·         Rumah betang Uluk Palin tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan Sungai Nyabau akibat erosi.
·         Hampir semua Rumah Betang dapat ditemui di pinggiran sungai-sungai besar yang ada di Kalimantan.
·         Dalam tradisi Dayak, rumah betang dan hutan adalah pusat sekaligus bagian terpenting semesta kehidupan.
·         Bagi suku dayak rumah betang juga merupakan pemersatu.
·         Rumah betang adalah kekayaan budaya Indonesia.

4.      Keunikan Rumah adat Joglo dari Jawa Timur
a.       Berbentuk limasan (dara gepak) yang memiliki dua ruangan, yaitu:
b.      Pendopo:ruang depan yang digunakan untuk menerima tamu, balai pertemuan, dan upacara-upacara adat.
c.       Ruang belakang yang digunakan untuk kamar tidur dan dapur
d.      Terdapat hiasan di pintu utama yang disebut dengan makar/ sulur gelung,  hiasan tersebut dimaksudkan untuk menolak hal hal jahat di dalam rumah tersebut.
e.       Pada bagian kiri rumah (barat), terdapat tempat tidur orang tua yang disebut dempil. Ruangan ini, dihubungkan langsung dengan ruang belakang (pasepen) yang biasanya digunakan sebagai tempat melakukan kerajinan.
f.       Sedangkan dibagian sebelah kanan, terdapat dapur (tempat memasak), pendaringan dan gudang (tempat menyimpan peralatan tani).

5.      Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia
a.       Bahasa
Setiap suku di Indonesia menggunakan bahasa daerah sendiri untuk berkomunikasi, namun untuk berkomunikasi antar suku, masyarakat Indonesia mempunayi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.
b.      Rumah Adat
1.      Rumoh Aceh, Rumah Krong Bade Aceh
2.      Rumah Balai Batak Toba, Rumah Bolon Sumatra Utara
3.      Rumah Gadang Sumatra Barat
4.      Balai Salaso Jatuh  atau Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar, Rumah Melayu Atap Belah Bubung, Rumah Melayu Atap Lipat Kajang, dan Rumah Melayu Atap Lontik Riau
5.      Rumah Melayu Atap Limas Potong Kepulauan Riau
6.      Rumah Panggung Jambi
7.      Rumah Bubungan Lima Bengkulu
8.      Rumah Limas Sumatra Selatan
9.      Rumah Rakit dan rumah Limas Bangka Belitung
10.  Rumah Nuwou Sesat Lampung
11.  Rumah Kasepuhan Jawa Barat
12.  Rumah Adat Badui Banten
13.  Rumah Kebaya dan Rumah Gudang DKI Jakarta
14.  Rumah Joglo Jawa Tengah
15.  Rumah Joglo DI Yogyakarta
16.  Rumah Joglo Jawa Timur
17.  Rumah Panjang Kalimantan Barat
18.  Rumah Betang Kalimantan Tengah
19.  Rumah Baloy Kalimantan Utara
20.  Rumah Lamin Kalimantan Timur
21.  Rumah Banjar Kalimantan Selatan
22.  Gapura Candi Bentar Bali
23.  Laikas Sulawesi Utara
24.  Rumah Adat Doloupa Gorontalo
25.  Souraja atau Rumah Raja atau Rumah Besar, Rumah Tambi Sulawesi Tengah
26.  Rumah Adat Mandar Sulawesi Barat
27.  Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan
28.  Rumah Adat Buton atau Rumah Adat Banua Tada Sulawesi Tenggara
29.  Dalam Loka Samawa Nusa Tenggara Barat
30.  Sao Ata Mosa Lakitana Nusa Tenggara Timur
31.  Rumah Baileo Maluku
32.  Rumah Baileo Maluku Utara
33.  Rumah Baileo Maluku Utara

c.       Pakaian Adat
Pakaian Adat Pakaian adat tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki negara Indonesia. Pakaian adat di Indonesia memiliki ciri-ciri khusus dalam pembuatan atau dalam mengenakan pakaian adat tersebut. Berikut beberapa nama pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.
1. Elee Balang Aceh
2. Ulos Sumatra Utara
3. Bundo Kanduang Sumatra Barat
4. Pakaian Tradisional Melayu Riau
5. Teluk Belanga Kepulauan Riau
7. Aesan Gede Sumatra Selatan
8. Paksian Bangka Belitung
9. Kebaya Jawa Barat
10. Baju Pangsi Banten
11. Kebaya Jawa Tengah
12. Kebaya Ksatrian DI Yogyakarta
13. Pesa’an Jawa Timur
14. Perang Kalimantan Barat
15.Pengantian Bagajah Gamuling Baular Lulut Kalimantan Selatan
16. Kulavi (Donggala) Sulawesi Utara
17. Baju Nggembe Sulawesi Tengah
18. Baju Bodo Sulawesi Selatan
19. Baju Cele Maluku
20. Pakaian Manteren Lamo Maluku Utara

d.      Setiap suku bangsa memiliki kesenian khas terdiri atas tari-tarian dan lagu daerah. Berikut beberapa nama tari dari berbagai daerah di Indonesia.
1. Tari Seudati, Tari Saman Meusekat Aceh
2. Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor Sumatra Utara
3. Tari Piring, Tari Payung Sumatra Barat
4. Tari Tandak, Tari Makan Sirih Riau
5. Tari Joget Lambak Kepulauan Riau
6. Tari Sekapur Sirih, Tari Selampir Delapan Jambi
7. Tari Andun, Tari Bidadari Teminang Anak Bengkulu
8. Tari Tanggai, Tari Putri Bekhusek Sumatra Selatan
9. Tari Campak Bangka Belitung
10. Tari Jangget, Tari Melinting, Tari Badana Lampung
11.Tari Jaipong, Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak Jawa Barat
12. Tari Merak, Tari Cokek Banten
13. Tari Topeng, Tari Yopong DKI Jakarta
14.Tari Serimpi, Tari Blambang Cakil, Tari Gambyong Jawa Tengah
15. Tari Golek Menak, Tari Bedhaya DI Yogyakarta
16. Tari Remong, Tari Reog Ponorogo, Tari Padang Wulan Jawa Timur
17. Tari Monong, Tari Zapin Tembung Kalimantan Barat
18. Tari Tambun dan Bungai, Tari Balean Dadas Kalimantan Tengah
19. Tarian Kancet Ledo Kalimantan Utara
20. Tari Gong, Tari Perang Kalimantan Timur
21. Tari Baksa Kembang, Tari Radab Rahayu Kalimantan Selatan
22 Tari Legong, Tari Kecak, Tari Pendet Bali
23. Tari Maengket, Tari Polo Sulawesi Utara
24. Tari Saronde Gorontalo
25. Tari Lumense, Tari Moduai, Tari Peule Cinde Sulawesi Tengah
26. Tari Toerang Batu Sulawesi Barat
29. Tari Kipas, Tari Bosara Sulawesi Selatan
28. Tari Balumpa, Tari Dinggu Sulawesi Tenggara
18. Tari Mpa Lenggogo, Tari Gandrung Nusa Tenggara Barat
19. Tari Perang, Tari Caci, Tari Gawi Nusa Tenggara Timur
31. Tari Lenso, Tari Cakelele Maluku
32. Tari Perang, Tari Nahar Ilaa Maluku Utara
33. Tari Suanggi, Tari Perang Papua Papua Barat
34. Tari Selamat Datang, Tari Musyoh Papua

6.      Bentuk sikap toleransi atas keragaman budaya di lingkungan
a. Menghormati sesama yang sedang menjalankan ibadah
b. Mengucapkan selamat hari raya kepada teman/tetangga yang merayakan Hari Raya Keagamaan
c. Berteman dengan semua orang meskipun berbeda agama
       d. Membantu teman tanpa membedagan keyakinan


IPS
1.      Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia melakukan berbagai usaha. Berbagai kegiatan dan jenis usaha yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa.
2.      Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut usaha agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan,  perhutanan, peternakan, dan perikanan.
3.      Usaha persawahan dan perkebunan dilakukan di daerah perdesaan karena tanahnya masih luas. Pertanian dan perkebunan, adalah usaha pengelolaan suatu lahan dengan menanam tanaman budi daya
4.      Usaha penanaman pada lahan sempit, dapat dilakukan dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal).
5.      Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija.
6.      Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.
7.      Peternakan, adalah usaha pembudi dayaan hewan yang dimanfaatkan secara langsung untuk konsumsi atau diolah menjadi bahan baku, misalnya bebek, ayam dimanfaatkan telur dan dagingnya, sapi dimanfaatkan daging dan susunya. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra dapat menghasilkan serat bahan baku kain sutra.
8.      Perikanan, adalah usaha penangkapan dan pembudi dayaan berbagai jenis hewan perairan. perikanan yaitu:
a.       Perikanan darat dapat dilakukan di bendungan/waduk, kolam-kolam di lahan persawahan, contoh perikanan air tawar : ikan nila, ikan mas, gurame, lele, perikanan air payau seperti udang dan cumi-cumi
b.      Perikanan air laut contohnya adalah ikan kerapu, tuna, cakalang
c.       Perikanan di ari payau bisa dilakukan di tambak-tambak dekat pantai seperti udang, dan bandeng.
9.      Jenis usaha  ekstraktif,  kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang usaha ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.
a.       Perhutanan, adalah usaha pegelolaan sumber daya hutan untuk memenuhi kebutuhan manusia, contoh hasil perhutanan adalah kayu jati, rotan, damar, yang dapat diolah menjadi mebel dan bahan bangunan rumah
b.      Pertambangan, pertambangan adalah usaha menggali dan mengelola sumber daya dari dalam bumi, hasil pertambangan dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
·         mineral logam contohnya emas, perak alumunium, timah.
·         mineral nonlogam contohnya batu kapur, belerang, pasir dan
·         sumber energi contohnya minyak bumi dan gas
10.   Aktivitas penduduk yang memanfaatkan sumber daya alam
No.
Jenis Usaha
SDA yang digunakan
Hasil Usaha
Manfaat
1.
Kebun sayur
tanaman,tanah pekarangan
Bayam, tomat, kacang panjang
Bahan pangan keluarga dan
untuk dijual
2.
Berternak sapi
Hewan, perkarangan/lahan
Daging dan Susu
Bahan pangan dan untuk dijual
3
Berternak ayam
Hewan perkarangan/lahan
Daging dan telur
Bahan pangan dan untuk dijual
4.
Tambak
Hewan, tambak di daerah pantai
Udang, bandeng
Bahan pangan dan untuk dijual
5.
Petani sawah
Lahan sawah, tanaman
Gabah dan beras
Bahan makanan pokok dan untuk dijual
6
Kolam ikan
Hewan, lahan
ikan
Bahan pangan dan untuk dijual, sebagai hiasan
7.
Menebang hutan
Hutan
Berbagai jenis kayu
Sebagai bahan bangunan dan meubelair

11.  Kebutuhan dalam keluargamu yang memanfaatkan hasil dari usaha bidang agraris
a. makanan           : padi, jagung, sayur, ubi, buah, daging sapi/ayam, telur, ikan
b. pakaian             : kapas, sutra dari serat ulat sutra, wol dari bulu domba
c. obat-obatan      : mengkudu, jahe, kunyit, jambu, sirih dan tanaman toga lainnya
d. minyak goreng : dari kelapa sawit
e. rumah               : kayu jati dari perkebunan jati, bambu



12.  Jenis usaha masyarakat Indonesia
Perindustrian
Perdagangan
Jasa
Pengertian
Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin.
Pengertian
Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli.
Pengertian
Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen).
Ciri-ciri :
a. Indutri besar
1.    Memiliki modal besar, memiliki tenaga kerja andal, mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi dengan menggunakan peralatan canggih.
2.    Berusaha menghasilkan produk yang berkualitas, produk yang dihasilkan banyak (kapasitas besar) dan  menyediakan layanan purnajual.
b. Industi kecil
a.       menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih kecil
b.      Berusaha menghasilkan produk yang berkualitas, kapasitas produk yang dihasilkan sedikit,  menyediakan layanan purnajual

Ciri-ciri :
1.      Mempunyai tempat penyimpan barang yang dibeli dari produsen sebelum dijual lagi kepada pengguna, 
2.      Mengemas barang dagangan dengan baik dan menarik bagi konsumen.
3.      Menyediakan kemudahan layanan bagi konsumen dalam memperoleh dan membayar barang dagangan.
4.      Adanya alur distribusi barang yaitu dari pengusaha ke produsen, ke pedagang eceran dan kekonsumen.
5.      Barang-barang yang diperdagangkan antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dsb.
Ciri-ciri :
1.      Mengutamakan layanan yang baik kepada konsumen
2.      Membutuhkan keahlian khusus sesuai jasa yang ditawarkan
3.      Menjaga loyalitas (kesetiaan) pelanggan.
Contoh :
a. Industri besar
lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil, indutri makanan dalam kapasitas besar, kosmetik

b. Industri kecil
perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, pembuatan makanan rumahan/kue dan perajin keramik
Contoh :
Perdagangan di swalayan, di toko eceran, mini market, di pasar
Contoh :
guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata



SBdP
1.      Mengidentifikasi lagu Air Terjun
Diciptakan oleh    : A.T. Mahmud
Nada dasar           : do=C
Birama                  : 6/8
Tempo                  : sedang
Tema lagu : cerita tentang air terjun
Makna lagu          :  Air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Setiap hari kita membutuhkan air untuk berbagai keperluan, mulai dari membersihkan diri sampai memasak/
2.       Mengidentifikasi lagu Kampungku
a.      Diciptakan oleh           : A.T. Mahmud
b.      Nada dasar                  : do=C
c.       Birama                         : 3/4
d.      Tempo                         : Agak Cepat
e.       Cerita lagu                   : menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu
3.      Tangga nada diatonis mayor memiliki interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½.

4.      Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut. a. Bersifat riang gembira. b.  Bersemangat. c.  Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).
5.      Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, dan Mars Sang Timur.
6.      Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 11 ½ 1 1.
 

7.       Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah, seperti contoh di bawah ini:

8.      Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
  1. Lagu bersifat sedih.
  2. Lagu kurang bersemangat.
  • c     Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

9.      Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga, dan Bubuy Bulan.
10.  Contoh permainan tradisional yaitu gangsing, enggrang, bendan, bentengan, dhinglik aglik/pepete jengkol, bakiak

BI
1.      Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal-hal yang terjadi dalam kehidupan seharihari. Contoh teks nonfiksi yaitu : biografi, karya ilmiah, laporan berita, tulisan sejarah.
2.      Salah satu cara mengidentifikasi teks adalah dengan membaca kemudian mencatat gagasan pokoknya.
3.      Isi teks akan mudah diingat apabila ditulis dalam bentuk peta pikiran. Peta pikiran adalah suatu bagan yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gagasan suatu teks. Peristiwa dalam teks nonfiksi dapat ditemukan dengan membaca teks secara seksama.
4.       Teks nonfiksi tersusun dari beberapa bagian yaitu pengantar, pemunculan masalah, masalah dan penyelesaian masalah
5.      Urutan peristiwa dibedakan menjadi 3 macam :
a. berdasarkan urutan waktu terjadinya
b. berdasarkan hubungan sebab akibat
c. berdasarkan tema bacaan
6.      Langkah-langkan menentukan urutan peristiwa :
a. Bacalah teks dengan seksama
b. cermatilah tiap-tiap paragraf
c. perhatikan waktu serta kejadian
d. catatlah kejadian yang terjadi secara urut.
7.      Mengidentifikasi bacaan
Bacalah bacaan di Bawah ini!
Bunga Paling Berharga

Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan. Hujan jarang turun di desa itu sehingga tidak banyak tetumbuhan. Jangankan bunga-bungaan, semak-semak pun jarang ditemui.
Suatu hari, sebelum berakhirnya pelajaran, Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis. Buku tulis itu halaman-halaman dalamnya berwarna putih dan bersampul merah. Indah sekali.
“Buku tulis itu untuk kalian. Kalian boleh menulis apa saja di dalamnya,” kata Bu Mala.
“Saya mau menuliskan catatan harian di buku ini,” kata Nola.
“Saya mau menggambar wajah setiap orang yang saya temui,” kata Wendi yang hobi menggambar.
“Saya mau membuat herbarium,” kata Makale.
Bu Mala memandang Makale dengan penuh keheranan mendengar ucapan Makale.
“Kamu mau membuat herbarium?” tanya Bu Mala kepada Makale.
“Ya. Seorang pelancong pernah menunjukkan buku herbariumnya kepada saya. Herbarium itu sangat indah,” jawab Makakale.
“Tetapi, untuk membuat herbarium kamu akan membutuhkan banyak daun. Tahukah kamu?” tanya Bu Mala.
Makale menganggukkan kepalanya sambil berkata, “Atau bunga...”
“Di mana kamu akan mencarinya?” tanya teman-teman Makale.
Makale memandang keluar jendela. Tidak tampak tanaman sama sekali.
“Saya akan mendapatkannya,” kata Makale sambil tersenyum.
Hari berganti hari. Waktu berlalu dengan cepat. Buku tulis merah milik para siswa Bu Mala telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto. Hanya buku tulis Makale yang masih kosong.

Pada suatu hari, sebuah awan hitam berhenti di atas desa tempat tinggal Makale. Tak lama kemudian awan hitam itu mencurahkan hujan yang sangat deras. Benih-benih tumbuhan yang terkubur di dalam tanah tandus desa itu pun tumbuh. Sepetak kebun terbentuk. Bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun itu.
Makale senang. Dipetiknya sekuntum bunga merah. Hanya satu. Kemudian, ditempelkannya bunga itu di dalam buku tulis merahnya. Hari berikutnya, bunga-bunga lainnya telah layu karena terbakar matahari.
Di dalam kelas, Makale berseru dengan gembira.
“Saya sudah membuat herbarium saya, Bu Mala.”
Bu Mala membuka buku tulis merah Makale. Herbarium itu hanya satu halaman. Hanya ada satu bunga di dalamnya. Namun, bunga itu paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

Disadur dari “52 Dongeng di hari Kamis”; Jakarta: BIP.

1.  Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.
·         Bu Mala sebuah buku tulis besampul warna merah kepada seluruh siswa
·         Bu Mala meminta siswa menggunakan buku untuk kegiatan apa saja
·         Makale ingin membuat herbarium, walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.
·         Buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.
·         Di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.
·         Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. 
·         Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. 
·         Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita.
·       Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.
·       Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis bersampul merah. 
·       Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui, dan Makale ingin membuat herbarium,
·       Makale ingin membuat herbarium.
·       Makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong menunjukkan buku herbariumnya yang sangat indah.
·       Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun. 
·       Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat makale mendapatkan bunga.
·       Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.
·       Waktu berlalu dengan cepat dan buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.
·       Pada suatu hari di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.
·       Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. 
·       Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakar matahari.
·       Makale gembira karena sudah membuat berhasil herbarium dan menunjukannya kepada Bu Mala.
·       Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. 
·       Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.


Literasi

Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak

            Pada hari Minggu, 11 Desember 2016 digelar acara Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Acara ini biasa digelar setiap tahun. Tujuan digelarnya acara ini adalah supaya anak Indonesia mengenal keragaman lingkungan dan kebudayaannya.
Saat ini anak-anak dibanjiri dengan permainan digital melalui alat-alat elektronika. Dengan permainan digital itu anak merasa tidak perlu bermain dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, permainan tradisional menjadi jurus ampuh agar anak-anak kembali kepada nilai-nilai kebersamaan. Hal tersebut setidaknya diutarakan Zaini Alif dari Komunitas Hong saat di acara Festival Permainan Tradisional Anak Indonesia.
Zaini Alif mengatakan, “Permainan tradisional itu aset budaya bangsa yang sekarang mulai ditinggalkan, karena munculnya gadget. Kita tidak antipatipada gadget, tapi bagaimana menyeimbangkan gadget dengan permainan tradisional, karena permainan tradisional mengajarkan nilai, etika, dan identitas budaya bangsa.”
 “Banyak permainan tradisional di Indonesia yang tidak hanya menyajikan keseruan, tapi juga kaya nilai-nilai. Misalnya di Jawa ada permainan dingklik oglak aglik, di Sunda ada perepet jengkol, dan sebagainya. Keragaman itu mengajarkan bagaimana kita toleran atas perbedaan. Jadi perbedaan bukan menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan, justru itu bisa menjadi suatu keunggulan,” kata Zaini.
Anak-anak zaman sekarang merupakan generasi emas para pemimpin bangsa di era 100 tahun Indonesia. Kita mengharapkan tiga puluh tahun lagi generasi ini  adalah generasi yang dapat mengenali keragaman bangsa, bertoleransi, serta menjaga dan melestarikan kebudayaan.

Sumber: lifestyle.liputan6.com

0 Response to "Pdf Rangkuman Tema 8 Subtema 1 Kelas 5"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel