Pdf LATIHAN TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 5 K13 REVISI 2017


LATIHAN TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANYA SUBTEMA 2 KELAS 5A
NAMA : _____________________________                                              NO. : ____________
PKn
1.      Segala sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai warga negara. disebut....................
2.      Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan adalah hak warga negara yang tertuang pada UUD 1945 pasal ...................
3.      Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai adalah hak warga negara yang tertuang pada UUD 1945 pasal ...................
4.      Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran adalah hak warga negara yang tertuang pada UUD 1945 pasal.....
5.      Hak mendapat pendidikan dapat diperoleh anak-anak dengan mempunyai kesempatan untuk bersekolah. Oleh karena itu seorang pelajar berkewajiban untuk.....................
6.      Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang kerena .....
7.      Hak dan kewajiban seseorang bisa berbeda-beda sesuai dengan.................
8.      Yang menjadi kewajiban nelayan pada TPI (Tempat Pelelangan Ikan) adalah.....
9.      Hak yang didapat oleh juru lelang pada TPI (Tempat Pelelangan Ikan) adalah.....
10.  Tuliskan 3 kewajiban warga negara !
11.  Tuliskan hak dan kewajiban nelayan, petani dan pelajar! Buatlah dalam bentuk kolom!
12.  Buatlah peta pikiran yang berisi tentang peran, hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam TPI (Tempat Pelelangan Ikan) !
Bahasa Indonesia
1.      Teks yang berisi penjelasan penyebab dan proses suatu topik yang berhubungan dengan fenomena alam maupun sosial disebut..........
2.      Kata kunci dapat ditemukan berdasarkan...................
3.      Carilah kata kunci pada penggalan bacaan di bawah ini!
a.                  Perpindahan kalor secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran, yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat perantaranya. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.
Kata kunci pada penggalan bacaan di atas adalah.................
b.                  Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang tidak terpisahkan  Ada hak, maka di sana juga ada kewajiban.  Sebagai warga Negara Republik Indonesia, hak dan kewajiban warga negaranya diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 
 Kata kunci pada penggalan bacaan di atas adalah.................
c.                  Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Dapatkah kamu memberikan contoh lainnya perambatan kalor secara radiasi? Ketika kamu dan temanteman mu pergi ber kemah ke pegunungan, udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kamu perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuhmu tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatakan secara radiasi.
Kata kunci pada penggalan bacaan di atas adalah.................
4.      Carilah informasi penting pada penggalan bacaan di bawah ini!
a.                  Setrika listrik merupakan alat yang cara kerjanya menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Ketika setrika dihubungkan dengan arus listrik maka arus listrik akan mengalir melalui elemen pemanas. Panas dari elemen akan berpindah kebagian alas besi setrika yang tebal.
Informasi pada penggalan paragraf di atas adalah.........
b.                 Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari kelompok. Dalam tarian, terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pengembangan pola lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.
 Informasi pada penggalan paragraf di atas adalah.........
c.                  Masyarakat nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh nenek moyang mereka.  Tidak sembarang paus yang mereka buru, hanya paus yang sudah tua saja yang mereka buru. Jika mereka menemukan paus muda, masyarakat nelayan di desa ini akan mengembalikannya ke laut lepas. Mereka pun bersepakat secara adat bahwa dalam setahun, tidak boleh lebih dari 15 paus yang mereka buru. Dengan demikian, mereka tetap menjaga agar paus tidak punah.
Informasi pada penggalan paragraf di atas adalah.........

5.      Bacalah Bacaan di bawah ini!
Perpindahan Panas atau Kalor secara Konveksi
                 Perpindahan kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Zat yang menerima kalor akan memuai dan menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak ke atas. Saat zat yang lebih ringan tersebut pindah ke atas, molekul zat yang ada di atasnya akan menggantikannya.
                 Perpindahan secara konveksi dapat diumpamakan dengan kegiatan memindahkan setumpuk buku dari satu tempat ke tempat lain. Ketika kamu memindahkan buku tersebut ke tempat lain, tentu kamu akan ikut bersama dengan buku-buku tersebut. Jika buku-buku itu diumpamakan sebagai energi panas dan kamu adalah medianya, maka perpindahan kalor dengan cara konveksi akan menyertakan perantaranya.
                 Peristiwa konveksi terjadi pada saat merebus air. Air yang letaknya dekat dengan api akan mendapat panas sehingga air menjadi lebih ringan. Air akan bergerak ke atas dan digantikan oleh air yang ada di atasnya. Demikian seterusnya.
                 Perpindahan kalor secara konveksi juga mengakibatkan terjadinya angin darat dan angin laut. Angin darat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi. Keadaan ini digunakan para nelayan untuk pergi melaut pada malam hari dan kembali ke darat pada pagi atau siang hari. Sedangkan contoh peristiwa konveksi yang lain adalah penggunaan cerobong asap pada pabrik. Apakah di rumahmu dipasang jendela ventilasi? Pemanfaatan ventilasi sebagai sirkulasi udara di dalam rumah juga memanfaatkan perpindahan panas secara konveksi. (Sumber bacaan : IPA BSE Kelas 4 dan 7, dengan penyesuaian; Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13 Tema 6 Kelas 5)
Carilah informasi penting setiap paragrafnya dan sajikan dalam bentuk kolom!

6.      Bacalah bacaan di bawah ini!
Festival Mane’e, Tradisi Nelayan di Pantai Malo
                 Festival Mane’e, merupakan tradisi adat untuk penangkapan ikan.  Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Pantai Malo, Kokorotan, Sulawesi Utara.  Ritual ini biasa disebut dengan ritual menangkap ikan dengan doa-doa dalam bahasa adat kuno. Mereka berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak, dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya. 
                 Penangkapan ikan dimulai dengan berkumpulnya para pe muka adat bersama per wakilan pemerintah setempat. Mereka ber musyawarah untuk menentu kan tanggal yang tepat untuk melakukan ritual mane’e. Selanjutnya, para pemuka adat ini akan memanjatkan doa-doa dalam bahasa adat kuno. Sementara, masyarakat lainnya mengumpulkan tali dan janur (daun kelapa yang masih muda) untuk dibuat jaring yang disebut dengan sammy.
                 Tibalah hari yang ditentukan untuk melaksanakan ritual mane’e. Para pemuka adat dan pemerintah setempat, membawa sammy ke Pantai Malo. Beramai-ramai mereka menariknya sepanjang mungkin ke arah laut hingga membentuk sebuah kolam. Ketika ikan-ikan telah banyak terperangkap ke dalam sammy, masyarakat pun mulai menangkapnya. Hasil tangkapan ikan ini akan disantap bersama dalam pesta rakyat yang digelar saat itu. Ada hal yang menarik sepanjang ritual hingga pesta rakyat ini, yaitu masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan. 
                 Ritual seperti ini masih dilaksanakan hingga kini.  Masyarakat meyakini ritual ini sebagai ucapan syukur dan permohonan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kegiatan ini mengandung nilai-nilai kebersamaan antar anggota masyarakat dan kepedulian untuk memelihara laut sebagai sumber kehidupan masyarakat. Nilai-nilai kerja sama, persatuan dan kesatuan pun, sangat bisa dirasakan sepanjang persiapan hingga dilaksanakannya ritual ini.
(Sumber artikel : Berani, Weekly newspaper, No 15, 2015, dengan penyesuaian; Buku Tematik Terpadu Kurikulum 13 Tema 6 Kelas 5)

Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan di atas!
a.       Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?
b.      Apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?
c.       Ceritakanlah kegiatan serupa di daerah tempat tinggalmu !

7.      Bacalah bacaan di bawah ini!
Perpindahan Panas atau Kalor
            Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa api kompor dapat memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kamu memasak sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa panas dapat berpindah.
Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer).  Akan tetapi, panas dari matahari dapat berpindah atau merambat ke planet kita sehingga kita dapat merasakan hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak dapat berpindah ke bumi, dapatkah kamu membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?
Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas dapat berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan di atas kompor yang berapi. Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih. Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi. 
Sumber : IPA BSE kelas 5, Pusat Perbukuan, 2010

Berdasarkan bacaan di atas tulislah kesimpulan dan carilah arti kata bergaris bawah!
IPA
1.       Proses perpindahan panas terjadi dari benda yang ... ke benda yang ....
2.      Perpindahan panas terjadi melalui 3 cara yaitu....
3.      Acara pesami di sekolahku ditutup dengan kegiatan api unggun. Saat berada di dekat api unggun, tubuhku terasa panas. Peristiwa ini terjadi karena adanya perpindahan panas secara....
4.      Air dalam panci yang dipanaskan di atas kompor lama-kelamaan akan mendidih. Peristiwa mendidihnya air dalam panci merupakan contoh dari perpindahan panas secara....
5.      Hari ini kami siswa kelas 5 melakukan percobaan untuk membuktikan perpindahan panas. Ibu guru meminta kami untuk memegang gagang sendok dan ujung sendok dibakar pada api lilin. Gagang sendok yang kami pegang awalnya terasa dingin, namun setelah beberapa menit gagang sendok terasa hangat. Peristiwa ini membuktikan bahwa panas dapat berpindah secara....
6.      Perhatikan percobaan di bawah ini!
Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:
1.  Segelas air panas
 2.  Es batu
3.  Air matang suhu ruang (untuk membuat es batu)
4.  1 buah kantung plastik ukuran kecil
5.  1 buah karet gelang
6.  Pewarna makanan
Percobaan ini memerlukan beberapa es batu berwarna. Oleh karena itu, buatlah es batu berwarna terlebih dahulu. Kamu dapat membuatnya sehari sebelum kegiatan percobaan ini. Ikutilah langkah berikut ini.
A.     Membuat es batu berwarna
1. Campurkan setetes pewarna makanan ke dalam air matang suhu ruang. 
2. Masukkan air yang telah diwarnai ke dalam kantong plastik.
3. Ikat kantong plastik tersebut dengan karet gelang.
4. Masukkan kantong plastik berisi air ke dalam lemari es sampai membeku. Es batu berwarna ini dapat diganti dengan es lilin warna-warni yang mungkin mudah didapatkan.
B. Langkah Kegiatan Percobaan:
1.      Siapkan satu buah gelas ukuran sedang.  Isi dengan air panas.  Usahakan gelas cukup besar sehingga dapat memuat es batu yang telah dibuat sebelumnya.
2.      Masukkan es batu berwarna ke dalam gelas air panas.
3.      Amati es batu yang ada di dalam gelas berisi air panas tersebut!
4.      Catat apa yang terjadi dengan es batu berwarna tersebut!
Jawablah pertanyaan berikut ini, berdasarkan percobaan di atas!
1. Bagaimana bentuk es batu setelah dimasukkan ke dalam air panas? Mengapa demikian?
2. Es batu mencair karena mendapatkan panas. Berasal dari manakah panas tersebut?
3. Apakah zat perantara pada percobaan ini ?

4. Termasuk peristiwa apakah perpindahan panas pada percobaan ini? Mengapa demikian?

7.      Tuliskan 3 contoh perpindahan panas secara konduksi !
8.      Tuliskan 3 contoh perpindahan panas secara konveksi!
9.      Tuliskan 3 contoh perpindahan panas secara radiasi !
10.  Mengapa ketika berolahraga badan kita terasa panas ? Perpindahan panas apa yang terjadi ?

IPS
1.      Manusia, memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan untuk ....
2.      Segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai kesejahteraan disebut....
3.      Kebutuhan hidup manusia dikelompokkan menjadi 3, yaitu ...., .... dan ....
4.      Kebutuhan utama berupa kebutuhan pangan, sandang dan papan, disebut kebutuhan ....
5.      Kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi disebut kebutuhan....
6.      Luasnya lautan dan samudra yang mengelilingi wilayah Indonesia, dapat memengaruhi kehidupan masyarakatnya dibidang....
7.      Keterikatan antara masyarakat nelayan dengan lingkungannya terwujud salah satunya melalui kegiatan upacara tradisional. Upacara tradisional yang ada di pesisir Pasuruan dan beberapa daerah pulau Jawa disebut upacara....
8.      Pemeran yang ada pada TPI (Tempat Pelelangan Ikan) adalah......
9.      Pak Eko membeli ikan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dalam jumlah yang besar dan menjual kembali ikan ke daerah lain. Dalam hal ini Pak Eko berperan sebagai.....
10.  Festival Mane’e, merupakan tradisi adat untuk penangkapan ikan yang dilakukan oleh ....
11.  Apa tujuan dari pembangunan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) ?
12.  Tuliskan contoh upacara yang dilakukan para nelayan sebagai wujud syukur!
13.  Jelaskan peran setiap orang yang terlibat di dalam kegiatan pelelangan ikan!
14.  Mengapa di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) setiap orang mempunyai peran yang berbeda ?
15.  Nilai-nilai apa yang terkandung pada upacara Festival Mane’e ?

SBdP
1.      Garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut....
2.      Pada dasarnya pola lantai terdiri dari dua yaitu..... dan ....
3.      Pola lantai lurus memberikan kesan....
4.      Pola lantai lengkung memberikan kesan....
5.      Pola lantai pada gambar di bawah ini adalah .....


6.      Tuliskan makna pola lantai yang ada pada Tari Bedhaya !
7.      Gambarlah 3 pengembangan pola lantai garis lurus!
8.      Gambarlah 3 pengembangan pola lantai melengkung!
9.      Tuliskan nama tari, asal tari dan pola lantai tari pada gambar di bawah ini!


10.  Jelaskan tentang Tari Pedet yang berasal dari Bali!

0 Response to "Pdf LATIHAN TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 5 K13 REVISI 2017"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel