nilai luhur yang terkandungdalam Pancasila merupakan cara positif dalam mengisi kemerdeka
RANGKUMAN TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS 5
PKn
1. Mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila merupakan cara positif dalam mengisi kemerdekaan.
2. Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur yang telah berkembang di masyarakat sejak zaman dulu. Oleh karena itulah, Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi pedoman dalam bersikap bagi setiap warga negara Indonesia.
3. Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu panca dan sila. Panca artinya lima, dan sila artinya dasar. Jadi, Pancasila berarti lima dasar atau lima asas.
4. Istilah pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.
5. Dalam kitab Sutasoma, pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima.
6. Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara terjadi pada saat Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang pertama. Berikut usulan-usulan dasar negara yang disampaikan oleh tiga tokoh bangsa
a. Muhammad Yamin
b. Prof. Dr. Mr. Soepomo
c. Ir. Soekarno
7. Pada tanggal 18 Agustus 1945, disahkan Undang-Undang Dasar 1945 pada Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, termuat isi rumusan Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya pada alinea IV yang berbunyi sebagai berikut:
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
8. Pancasila merupakan ukuran dan pedoman nilai dan norma untuk menyikapi pengaruh dan perkembangan iptek. Untuk itu, diperlukan sikap yang bijaksana dan sikap yang mau dan bersedia membuka diri dan tetap waspada menerima perkembangan dunia. Hal tersebut berarti, kita berani menerima pengaruh globalisasi dan perkembangan iptek tanpa harus kehilangan kepribadian sebagai bangsa Indonesia.
9. Peran Pancasila dalam keberagaman Indonesia
· Pancasila sebagai dasar kuat dalam menghadapi perubahan jaman
· Pancasila sebagai pandangan hidup yang menyatukan bangsa Indonesia
· Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang harus diamalkan
10. Kegiatan untuk membantu anggota masyarakat yang lain secara bersama-sama dan sukarela disebut bergotong royong. Kegiatan ini dilakukan atas kesadaran bahwa dalam hal tertentu, permasalahan yang dihadapi salah satu anggota masyarakat dapat dibantu dengan sukarela dan bersama-sama. Kegiatan ini menunjukkan nilai-nilai Pancasila yang dilaksanakan secara sadar oleh masyarakat Indonesia untuk kepentingan bersama. Hal ini sesuai dengan sila Pancasila ke 3.
11. Ciri-ciri gotong royong antara lain sebagai berikut :
- Bertujuan untuk mensejahterakan seluruh anggota
- Mengganggap masalah merupakan sebuah tanggungan bersama
- Menyelesaikan suatu tantangan secara bersama
- Memiliki rasa peduli terhadap orang lain
- Terlihat jelas pada daerah pedesaan, daripada perkotaan
12. Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain:
Kebersamaan, Persatuan, Rela berkorban, Tolong menolong, Sosialisasi.
13. Musyawarah Mufakat untuk Mengatasi Masalah dalam Keberagaman sesuai dengan nilai Pancaila ke 4.
14. contoh yang mencerminkan kebhinnekatunggalikaan di daerah tempat tinggalmu
- Kegiatan gotong royong membangun tempat ibadah yang dihadiri oleh warga yang berlainan agama.
- Kegiatan musyawarah pelaksanaan lomba memperingati hari kemerdekaan.
15. caramu turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
- Rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara.
- Menyelenggarakan kerja sama dengan sesama.
- Memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
- Mempelajari berbagai kesenian dan budaya dari daerah lain.
- Memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
- Berteman tanpa membedakan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaan
16. contoh perilaku yang dapat kamu lakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
a. Menghormati asal usul teman
b. Berteman tanpa membedakan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaan
c. Menghormati tradisi yang dianut teman
d. Menyaksikan pertunjukan kesenian dari daerah lain
e. Mempelajari budaya dari daerah lain.
17. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan.
18. Nilai-nilai kepahlawanan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harimu.
o Rela Berkorban
Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi yang dapat diwujudkan dengan sikap saling peduli.
o Berjiwa Besar
Mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Contonya meminta maaf dan memaafkan, mengakui kesalahan, bersikap sportif.
19. Cara menghargai jasa para pahlawan
- Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
- Peduli kepada orang lain.
- Mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.
- Mengikuti upacara dengan tertib dan hikmat.
- Berprestasi mengharumkan nama bangsa
- Mengikuti kegiatan peringatan hari Nasional/hari Besar bangsa Indonesia
Bahasa Indonesia
1. Surat Undangan
· Surat undangan merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan.
· Kalimat yang digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang membacanya dapat segera mengerti isinya.
· Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
1. Undangan resmi Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.
2. Undangan setengah resmi Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.
3. Undangan tidak resmi Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.
2. Surat Undangan Resmi
· Surat undangan resmi,adalah surat yang dipakai untuk keperluan resmi
· contoh undangan resmi :
- undangan rapat suatu organisasi
- undangan upacara kenegaraan
- undangan pelantikan pejabat
- undangan pelatihan
· Bagian – bagian undangan resmi :
Keterangan
1. Kepala Surat (Kop Surat)
Fungsi kop surat juga penting sebagai media promosi dari lembaga atau organisasi pengirimnya.
Bagian kepala surat biasanya terdiri dari hal-hal berikut
· Nama lembaga
· Logo/lambang lembaga
· Alamat lembaga
· Nomor telepon lembaga
· Kode pos dan fax lembaga (jika ada)
· Alamat email dan website lembaga (jika ada)
2. Tempat dan Tanggal Surat
· Pencatuman tempat dan tanggal surat bertujuan untuk memberi informasi mengenai kapan dan dari mana surat tersebut dikirim.
o Cara penulisan tempat dan tanggal surat di Indonesia dimulai dari kabupaten/kota diikuti oleh tanggal, lalu bulan dan tahun.
§ Contoh penulisan tempat tanggal surat : Surabaya, 26 September 2018
3. 3. Nomor Surat
· Fungsi nomor surat adalah untuk memudahkan pengaturan dan penyimpanan surat serta mengetahui jumlah surat yang dikeluarkan sebuah lembaga.
§ Contoh penulisan nomor surat : 045/BNS/01/08/2017
4. 4. Lampiran yang Disertakan
· Bagian lampiran merupakan penjelas yang memberi informasi bahwa ada berkas atau dokumen lain yang disertakan dalam surat tersebut.
· Penulisan lampiran yang disertakan bisa disebutkan jumlah lembar, eksemplar atau cukup jumlah berkasnya dengan bentuk huruf. Jika lebih dari sepuluh maka ditulis dalam bentuk angka. Sedangkan jika tidak ada lampiran bisa ditulis tanda penghubung atau tanda minus.
5. 5. Hal/Perihal
· Fungsi bagian hal dalam surat adalah memberi petunjuk pada pembaca tentang kepentingan dan isi pokok dalam surat tersebut.
· Tata cara penulisan hal atau perihal yaitu tidak ditulis dengan huruf kapital keseluruhannya, tapi pada huruf pertama kata utamanya saja. Di akhir hal atau perihal juga tidak perlu diberikan tanda titik.
6. 6. Alamat Tujuan
· Alamat yaitu alamat yang dituju dalam pengiriman surat. Terdapat dua alamat tujuan yang ditulis yakni alamat luar yang ditulis di sampul surat serta alamat dalam yang ditulis di bagian dalam kertas surat.
· Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan alamat tujuan surat:
§ Bisa menggunakan kata Yth (singkatan dari yang terhormat) untuk menghormati pihak yang dikirim surat bisa berupa atasan, rekan kerja, kolega atau teman.
§ Bisa menggunakan sebutan Bapak, Ibu atau Sdr yang diikuti oleh nama orang yang dituju.
§ Di akhir tiap baris tidak perlu diberikan tanda titik, kecuali untuk singkatan.
· Contoh penulisan alamat tujuan surat :
Yth. Direktur PT Maju Jaya
Jalan Airlangga No. 15
Surabaya
7. 7. Salam Pembuka
o Fungsi salam pembuka adalah untuk membuka pembicaraan dalam surat sesuai adab sopan santun. Salam pembuka berisi sapaan-sapaan pada umumnya. Penulisan salam pembuka diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.
o Contoh salam pembuka :
§ Dengan hormat,
§ Assalamualaikum wr. wb,
§ Selamat pagi,
8. 8. Isi surat
Isi surat (inti surat) memuat apa saja yang perlu disampaikan oleh pengirim kepada orang atau lembaga yang dituju. Isi surat terdiri dari 3 bagian yakni :
8. Bagian pembuka pada isi surat berisi pengantar bagi pembaca untuk mengetahui isi dan berita yang akan disampaikan oleh pengirim surat.
9. Bagian inti pada isi surat berisi maksud dan tujuan utama dari pengiriman surat.
10. Bagian penutup pada isi surat berisi penegasan dan kesimpulan dari isi surat secara keseluruhan. Selain itu penutup juga bisa berisi harapan atau ucapan terima kasih pada pembaca atas penyampaian pesannya.
11. Salam Penutup
Salam penutup digunakan sebagai ucapan salam akhir untuk menambah kesantunan dalam berkirim pesan. Penulisannya diawali huruf kapital dan diakhiri oleh tanda koma.
Contoh salam penutup :
§ Hormat kami,
§ Wassalamualaikum wr.wb,
§ Terima kasih,
12. Nama pengirim dan tanda tangan
Nama yang tercantum adalah nama lengkap atau nama terang dari pengirim atau orang yang bertanggungjawab pada pengiriman surat tersebut dan dibubuhi tandatangan dari pengirim.
3. Surat Undangan setengah Resmi
· Mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi untuk kepentingan setengah resmi.
· Dikirim oleh perorangan kepada lembaga atau instansi. Seperti undangan halal bihalal, seseorang mengundang instansi untuk keperluan hajatan
· Dikirim oleh perorangan kepada perorangan untuk kepentingan setengah resmi, seperti rapat keluarga, rapat lingkungan
· Menggunakan bahasa resmi yang efektif dan sesuai dengan EYD atau aturan bahasa yang baik.
· Tidak memiliki kop surat, nomor surat, lampiran, perihal, dan stempel resmi
Contoh :
4. Undangan Tidak Resmi/Undangan Pribadi
Undangan tidak resmi adalah undangan yang dibuat oleh perseorangan untuk keperluan pribadinya.
contoh undangan tidak resmi :
- undangan ulang tahun
- undangan pernikahan
- undangan khitanan
Undangan tidak resmi adalah undangan yang dibuat oleh perseorangan untuk keperluan pribadinya.
contoh undangan tidak resmi :
- undangan ulang tahun
- undangan pernikahan
- undangan khitanan
Contoh :
Persamaan dan Perbedaan Undangan Resmi, Setengah Resmi, dan Tidak Resmi | ||
Jenis Undangan | Persamaan | Perbedaan |
Resmi | Berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan harus efektif | Mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya, dipergunakan untuk kepentingan kedinasan. |
Setengah Resmi | Mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi untuk kepentingan setengah resmi. | |
Tidak Resmi | Mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun. |
Kata Baku dan Tidak Baku
Kata Baku dan Tidak Baku | |||
Kosakata Baku | Arti | Kosakata Tidak Baku | Arti |
Pelajar | Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: | Plajar | - |
Generasi | Masa orang-orang satu angkatan hidup: | - | - |
Kualitas | Derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu: | Kwalitas | - |
Pramuka | Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan | Tekhnologi | - |
Kreatif | Aman sentosa dan makmur; selamat (terlepas dari segala macam gangguan); | Sejahtra | - |
Kata Baku dan Tidak Baku | |||
Kosakata Baku | Arti | Kosakata Tidak Baku | Arti |
Merdeka | Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: | | |
Teknologi | Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan | Tekhnologi | |
Sejahtera | Aman sentosa dan makmur; selamat (terlepas dari segala macam gangguan); | Sejahtra | |
Toleransi | merupakan sikap dan perilaku mau menerima perbedaan | - | |
IPA
1. Menyublim adalah perubahan wujud benda padat menjadi gas. Perubahan wujud ini disebabkan oleh peningkatan suhu yang dialami benda tersebut.
Contoh menyublim yaitu
pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis
Penguapan es kering dan membentuk gas CO2 yang sering digunakan sebagai efek dalam panggung pertunjukan dan film-film.
Air yang dididihkan lama kelamaan akan habis menjadi uap air.
2. Pengkristalan ialah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat dengan proses pelepasan maupun penyerapan kalor.
· Contoh peristiwa pengkristalan dengan proses pelepasan kalor adalah
- Salju dan gas yang didinginkan
- Pembuatan es kering atau dry ice
- Bunga es yang menempel di dinding freezer
· Contoh peristiwa pengkristalan dengan penyerapan kalor adalah
- pada proses pembuatan garam. Garam dibuat dari air laut, kemudian diuapkan dengan sinar matahari di dalam petak-petak hingga tersisa kristal-kristal garam,
- lubang knalpot yang menjadi kotor berwarna hitam karena gas CO2 yang berubah menjadi padat
3. Mengembun yaitu perubahan wujud benda dari gas menjadi cari.
Contoh :
Pada gelas yang berisi es, bagian luarnya akan muncul titik-titik embun. Hal ini disebabkan karena udara di sekeliling gelas atau plastik melepaskan kalor atau panas kepada es di dalam wadahnya. Hal tersebut karena suhu udara di luar gelas atau plastik lebih besar atau tinggi dibandingkan dengan suhu es dalam gelas atau plastik.
Titik-titik air di daun pada pagi hari merupakan embun yang berasal dari uap air yang mengembun menjadi titik-titik air.
4. Titik-titik air tersebut merupakan embun yang berasal dari uap air yang mengembun menjadi titik-titik air.
IPS
Faktor Pendukung Pembangun Indonesia
1. Sumber Daya Alam. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar di luar Jawa, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas.
2. Sumber Daya Manusia. Penduduk yang besar pada satu sisi dapat memdorong pembangunan karena,pertama,perkembangan itu memungkinkan pertambahan tenaga kerja dari masa kemasa.
Faktor Penghambat Pembangunan Indonesia
1. Sumber daya manusia. SDM yang berkualitas rendah dan juga keahlian dan kewirausahaan yang rendah menghambat pembangunan.
2. Sumber Daya Modal (investasi). Investasi di Indonesia masih rendah padahal modal sangat dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut.
3. Teknologi mang masih rendah. Penggunaan teknologi yang rendah menyebabkan ketidakefesien dan produktifitas yang rendah.
4. Perkembangan Penduduk. Jumlah penduduk yang besar tapi tidak berkualitas karena tidak disertai pendidikan terjadilah masyarakat yang tidak produktif dapat menjadi beban bagi pembanguan.
5. irokrasi Buruk. Indonesia masih menghadapi masalah besar dalam bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.
1. Cara-cara yang dapat dilakukan generasi bangsa untuk membangun Indonesia antara lain adalah
· mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia.
· memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar negara
· mengenal budaya bangsa sendiri.
· melestarikan budaya bangsa dengan memperlajari dan mengembangkan budaya
2. Rasa cinta tanah air dan bangsa dapat dipupuk dan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan sederhana, seperti mengunjungi berbagai daerah di Indonesia dan mengenal cara hidup dan nilai-nilai masyarakatnya.
· kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mengisi kemerdekaan
Para pemuda hendaknya dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya dan berkarya untuk membangun negara sendiri
Para pemuda hendaknya dapat menuntut ilmu setinggi-tingginya dan berkarya untuk membangun negara sendiri
· menguasai Berbagai ilmu dan teknologi untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara
3. Kita dapat mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebagai seorang siswa kita dapat mengisi kemerdekaan dengan belajar dengan tekun, mengembangkan bakat dan ilmu yang kita dapat untuk kemajuan Indonesia.
4. Pelajar merupakan bagian dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Generasi berkualitas pasti diperlukan untuk memajukan bangsa.
5. Kegiatan belajar di luar sekolah yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar seperti pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), kegiatan kesenian dan pelestarian budaya seperti mengikuti tari, membatik, ikut dalam opera, kegiatan olahraga seperti mengikuti club bulutangkis, renang, futsal, basket.
6. Perjuangan pelajar sebagai generasi muda saat ini adalah pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.
7. Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.
8. Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan
Kegiatan-Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan | ||
Di Rumah | Di Sekolah | Di Masyarakat |
Membantu pekerjaan ayah dan ibu dengan melaksanakan pekerjaan ruamh sehari-hari. | Menolong Teman Tanpa Membedakannya | Ikut serta dalam kegaitan kerja bakti dilingkungan |
Bekerja sama dengan anggota keluarga lainya. | Mematuhi seluruh tata tertib sekolah secara ikhlas dan bertanggung jawab | Menjaga kebersihan lingkungan |
Saling menghormati dan menghargai sesama anggota keluarga | Menumbuhkan Semangat Persaudaraan | Saling menghargai dengan baik antar warga negara Indonesia |
Melaksanakan perintah yang diberikan orang tua | Menjaga nama baik sekolah | Menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan |
Memanfaatkan waktu untuk belajar daripada bermain | Aktif dalam berbagai kegiatan sekolah | Ikut serta dalam mengemukakan gagasan /ide/ pendapat |
Mengerjakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya di rumah | Menghormati dan Menghargai Sesama Teman dengan sikap toleransi | Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat |
SBdP
1. Seni rupa daerah adalah seni rupa yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.
2. Seni rupa daerah dapat disebut juga seni rupa tradisional karena dikerjakan secara turun-temurun di suatu daerah.
3. Seni rupa daerah dapat berupa seni kerajinan, seni lukis, dan seni patung.
a. Seni kerajinan meliputi seni tekstil (batik, tenun, dan songket), seni anyam, seni ukir, seni keramik. Hasil karya seni tekstil dan seni lukis berbentuk dua dimensi, yaitu memiliki ukuran panjang dan lebar. Hasil karya seni anyam, seni keramik, dan seni patung pada umumnya berbentuk tiga dimensi, yaitu memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume.
b. Seni Lukis Daerah
Seni lukis adalah seni menggambarkan objek-objek berupa pemandangan alam, tumbuhan, binatang, manusia, benda di alam, untuk menimbulkan perasaan keindahan. Seni lukis daerah mengandung nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah.
Contoh seni lukis daerah yaitu
- seni lukis Kamasan dari Bali yang merupakan seni lukis klasik yang biasanya bertema kisah pewayangan, kehidupan bangsawan, dan dongeng binatang.
- seni lukis kaca Cirebon yang bertema khas lukis kaca Cirebon adalah wayang dan batik Cirebon dengan motif mega mendung
c. Seni Patung Daerah
Seni patung adalah seni membuat bentuk manusia atau binatang dengan bahan yang lunak atau bahan keras.
Patung dari bahan lunak dibuat dengan teknik membentuk, sedangkan patung dari bahan keras dibuat dengan teknik meraut atau memahat .
contoh patung tradisional adalah patung Asmat dari Papua,
d. Seni Kriya
Seni kriya merupakan seni kerajinan dalam membuat benda-benda pakai berdasarkan kegunaan dan keindahannya dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh
· Seni tekstil berupa batik, songket, dan tenun
· Seni anyaman merupakan seni menjalin bahan berbentuk bilah atau batang dengan menggunakan pola tertentu sehingga berbentuk sebuah benda. Bahan untuk menganyam yaitu bilah bambu, rotan, lidi, akar-akaran, pelepah pisang, dan daun pandan. Seni anyam digunakan untuk membuat tikar, keranjang, bakul, kursi, dan alat rumah tangga lainnya.
· Seni ukir menggunakan motif tertentu yang memiliki makna dan keunikan tersendiri sesuai dengan budaya masyarakat. Seni ukir Bali berhubungan dengan agama Hindu yang menggunakan motif-motif tumbuhan, manusia, dan binatang. Ukiran Jepara (Jawa) berhubungan dengan agama Islam dan banyak menggunakan motif tumbuhan.
0 Response to "nilai luhur yang terkandungdalam Pancasila merupakan cara positif dalam mengisi kemerdeka"
Post a Comment