adalahorang yang lahir dan dibesarkan di Indonesia


RANGKUMAN TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SUB TEMA 1 KELAS 5

PPKn
1.      Warga Negara Indonesia (WNI) adalah orang yang lahir dan dibesarkan di Indonesia.
2.      Hak mendapat pendidikan yang layak sesuai dengan UUD 1945 pasal 31 ayat 1
3.      Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 20 November 1989.
4.      Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia.
5.      Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.
6.      Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1.      Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya. 
2.      Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu.  Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan. 
3.      Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak. 
4.      Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu.  Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.
7.      Setiap anak di Indonesia memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan  yang akan membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.
8.      Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
1.      mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2.      memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
3.      mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4.      mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5.      pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
6.      memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7.      menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan; 8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
9.      Kewajiban anak di sekolah
1.  Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.  Meninggalkan lingkungan sekolah segera setelah kegiatan yang diikutinya berakhir.
3.  Mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan
4.  Hadir di sekolah sebelum bel sekolah dibunyikan.
5.  Memberi keterangan izin/sakit/berhalangan yang sah (dari orang tua/wali/dokter/polisi) pada saat tidak masuk sekolah.
6.  Siswa wajib memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.
7.  Siswa wajib menggunakan pakaian sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan.
8.  Rambut harus rapi, tidak dicat dan tidak mengganggu belajar (untuk siswa putra tidak melebihi kerah kemeja, alis mata dan telinga)
9.  Siswa wajib membawa alat -alat belajar (buku paket, buku catatan, buku tugas, dan alat- alat tulis)
10.  Siswa tidak diperkenankan meninggalkan kelas tanpa seizin guru kelas atau guru piket.
11.  Siswa tidak boleh membawa barang-barang yang tidak berhubungan dengan pelajaran ke sekolah.
12.  Siswa wajib mengikuti penilaian yang diadakan sekolah.

10.  Hak Siswa di Sekolah:
1.  Mendapatkan pendidikan dan pengajaran.
2.  Menggunakan fasilitas pembelajaran sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
3.  Mendapatkan penghargaan berupa piagam penghargaan atas prestasi yang dicapai.
4.  Mendapatkan porsi pengembangan sesuai potensi yang dimiliki.
5.  Memperoleh bimbingan dan konsultasi secara optimal dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.
6.  Mendapatkan perlindungan selama berada di lingkungan sekolah pada jam belajar dan penugasan.
7.  Mendapatkan laporan dan umpan balik hasil proses pendidikan yang diikutinya.
11.  Contoh hak anak dirumah
1. mendapatkan makan dan minum
2. mendapatkan perlindungan dan keamanan
3. mendapatkan bimbingan orang tua waktu belajar
4. mendapatkan kesejahteraan hidup
12.  Contoh kewajiban anak di rumah
1. menjaga kebersihan rumah
2. mematuhi dan melaksanakan nasihat orang tua
3. menghormati,menyayangi dan menghargai anggota keluarga
4. mengerjakan Home Work dari sekolah
13.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh karenanya, tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.
14.  Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945.
15.  Warga negara Indonesia, antara lain mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.  Warga negara Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.



Bahasa Indonesia
1.      Teks penjelasan berupa informasi dapat diperoleh dari berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak adalah buku, majalah, dan koran/surat kabar. Media elektronik adalah radio, hp, laptop, internet.
2.      Media cetak yang paling lama dalam menyajikan informasi adalah surat kabar
3.      Kata kunci adalah kata-kata yang kamu anggap penting dalam sebuah paragraf.
4.      Perhatikan paragraf di bawah ini!
                 Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Kata kunci pada paragraf di atas adalah  energi panas; sumber energi; proses fotosintesis
5.       Penyajian ide pokok suatu teks nonfiksi dapat berupa diagram, peta pikiran dan kolom informasi
6.      Perhatikan teks di bawah ini!
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
            Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya.  Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.  
            Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya.  Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
             Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan  kerugian yang sangat besar.
7.      Berdasarkan bacaan di atas tulislah penyajian ide pokoknya dalam 3 bentuk!

b.       Penyajian dalam bentuk kolom informasi
No
Paragraf
Ide Pokok
Kata Kunci
1
1
Manfaat lingkungan alam bagi manusia
Lingkungan alam, bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, manfaat lingkungan alam.
2
2
Perilaku kurang baik yang dilakukan manusia terhadap lingkungan

contoh interakasi manusia  yang kurang baik dengan lingkungan alam,
kerusakan alam karena  interaksi yang tidak baik, dampak kerusakan alam
3
3
Bencana yang terjadi akibat interaksi manusia yang kurang baik antara dengan lingkungan
bencana akibat interaksi yang kurang baik, contoh perilaku kurang baik dan bencana yang ditimbulkan

 

IPA
1.      Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
2.      Sumber energi panas berasal dari :
a            .      Sumber panas yang berasal dari alam adalah matahari, panas bumi (magma)
b            .      Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda
c            .       Api  
d            .      listrik
3.      Sumber panas yang terbesar adalah matahari
4.      Manfaat energi panas
a.      Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis.
b.      menghangatkan  bumi dan makhluk hidup
c.       menjemur kerupuk, ikan asin, pakaian yang basah
d.      membantu petani garam dalam proses pembuatan garam
e.      menjemur hasil pertanian seperti gabah, kedelai, kacang hijau
f.        memasak makanan
5.       Kegiatan yang menggunakan energi panas :
           
Kegiatan

Alat yang Digunakan
Sumber Energi Panas yang Digunakan
Menanak nasi
dandang dan kompor
Api dari kompor gas/minyak tanah
Alat penanak nasi elektrik
listrik
Memasak makanan
Panci, wajan, alat pengaduk kompor
Api dari kompor gas/minyak tanah
Menyetrika baju
setrika
listrik

6.      Energi panas(kalor) merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.
7.      Suhu/temperatur adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.
8.       Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C).
9.      Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
10.  Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut.
11.  Benda yang menghasilkan energi panas dan kegunaannya
a.      setrika = menghalus baju dan membunuh kuman pada baju
b.      ricecooker = menanak nasi
c.       kompor = memasak
d.      hairdrayer = mengeringkan rambut
e.      oven = memasak makanan
12.  Termometer pertama kali dibuat pada tahun 1592 oleh seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei yang menggunakan udara dan air.  Pada tahun 1714, ilmuwan Jerman bernama Daniel Gabriel Fahrenheit membuat termometer yang berisi air raksa. Dan pada tahun 1742, ilmuwan Swedia bernama Andres Celsius  menemukan termometer yang menggunakan skala ukuran 100. Di Indonesia, termometer yang banyak digunakan saat ini adalah termometer Celsius yang menggunakan ukuran 0 hingga 100 derajat.
13.  prinsip kerja termometer adalah air di dalam botol memuai setelah menerima energi panas
14.  Pada peristiwa mendidihnya air, juga menunjukkan peningkatan suhu pada air sampai mencapai 100 derajat celcius. Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda
15.  Perubahan akibat energi panas :
a.      mencair
·         es batu, es cream dibiarkan diudara terbuka akan mencair
·         mentega, coklat blok, agar-agar padat akan mencair jika dipanaskan
b.      menguap
·         air yang dipanaskan lama kelamaan akan habis karena berubah menjadi uap
·         bensin, spirtus lama kelamaan akan habis karena berubah menjadi uap
c.       menyublim
·         Kapur barus diletakkan diudara terbuka lama kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas
·          Pewangi ruangan yang padat diletakkan diudara terbuka lama kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas
d.      Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Contohnya :
·         Pemasangan kaca jendela pada bingkai jendela yang lebih lebar dengan tujuan memberi ruang pemuaian ketika kaca terkena panas tidak retak.
·         Pengisian udara pada ban sepeda/motor dan mobil tidak sampai penuh, hal ini bertujuan untuk memberi ruang pemuaian udara saat terkena panas.
·         Pemuaian yang terjadi pada gelas kaca saat dituangi air panas.
·         Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung.
·         Penggunaan termometer. Air pada termometer akan naik/memuai saat terkena panas tubuh.
e.      Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air
·         Pemasangan kabel listrik dipinggir jalan yang melengkung. Hal ini bertujuan saat malam hari kabel akan menyusut karena hawa yang dingin.
IPS
1.      Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu dengan yang lain.
2.      Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat.
3.      Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
4.      Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.
5.       Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
6.      bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah
a.       jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut
7.      Bentuk hubungan antara makhluk hidup dan benda mati adalah
a.      Daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk.
b.      Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik
8.      Hubungan/interaksi antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua
a.      Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam.
·         cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
b.      Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya
·         Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan.
·         Bercocok tanam sehingga menghasilkan bahan makanan dari tanaman seperti buah, sayur, padi, jagung dll.
·         Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
9.      Perilaku manusia yang dapat merusak lingkungan alam
·         membuang sampah sembarangan
·         menebang pohon sembarangan
·         alih fungsi lahan untuk pertanian,  perkebunan dan pemukiman
10.  Bencana yang diakibatkan interaksi yang tidak baik antara manusia dan lingkungan yaitu banjir, tanah longsor.

SBdP
1.      Gamelan adalah sekumpulan alat musik tradisional. Setiap alat musik yang ada pada gamelan menghasilkan bunyi yang berbeda. Beberapa alat musik seperti gong dan bonang terbuat dari logam. Dalam pembuatannya gong dan bonang harus dibentuk dengan cara dipanaskan. Gamelan, digunakan untuk mengiringi beberapa lagu daerah yang dimainkan dalam tangga nada sederhana.
2.      Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan : do, re, mi, fa, sol, la, si, do.
3.      Jenis tangga nada adalah tangga nada diatonis dan pentatonis.
4.      Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. 
5.      Alat musik yang memiliki sistem tangga nada diatonis adalah piano dan orgen
6.      Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok.  Nada kedelapan merupakan pengulangan nada pertama.
7.      Tangga nada pentatonis, merupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok.
8.      Jenis tangga nada pentatonis adalah slendro dan pelog.
9.      Alat musik yang menggunakan tangga nada pentatonis adalah gamelan.
10.  Susunan tangga nada pelog :  do – mi – fa- sol – si ( 1  3  4  5  7 ). 
11.  Lagu yang menggunakan tangga  pelog adalah
a.      lagu Gundhul-Gundhul Pacul dari Jawa Tengah yang diciptakan oleh R.C. Hardjosubroto. Makna lagu ini adalah supaya bisa pemimpin  selalu amanah adil dan tidak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan dirinya sendiri.
b.      Suwe Ora Jamu, Gambang Suling, Kupu Kui
12.  Susunan tangga nada slendro  : do – re – mi – sol – la ( 1  2  3  5  6 )
13.  Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah. 
14.  Contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah
a.      lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah. Makna lagu ini yaitu untuk sampai kepada tempat Harta Sejati ( Cublak Suweng ) atau kebahagiaan sejati, orang harus mengeluarkan diri dari kecintaan pada dunia benda duniawi, mengosongkan diri, rendah hati, tidak merendahkan sesama, dan senantiasa memakai rasa dan mengasah hati nuraninya.
b.      Lir-Ilir, Pithik Tukung, Jamuran
15.   Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis. Alat musik pada gamelan Jawa seperti gong, bonang
16.  Alat musik gamelan dibuat dari campuran tembaga dan timah dengan ukuran tertentu dan beberapa dari besi.  Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut dapat menghasilkan suara yang berbeda. Campuran logam itu harus dipanaskan dengan suhu tinggi agar mencair dan mudah dibentuk. Proses ini disebut dengan peleburan.
17.  Mengidentifikasi lagu :
Judul Lagu : Cing Cangkeling
Asal daerah
Jawa Barat
Tangga nada yang dimainkan/digunakan
Slendro
Arti lirik atau syair lagu
Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan
Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai.
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu
Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten
Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang
Plos kakolong bapak satar buleneng
Agar mendapat dunia yang penuh rahmat
Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh
Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak
Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak
Kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu ini.
Gembira



 













0 Response to " adalahorang yang lahir dan dibesarkan di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel