Download Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, SBDP dan IPA.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku TemaTerpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 119-126 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Download  Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Perhatikan gambar di atas! 
Pernahkah kamu menemui anak-anak yang bekerja menjadi pemulung seperti di atas? Pernahkah kamu berpikir mengapa mereka bekerja di usia muda mereka? Apakah yang dilakukan mereka? Apakah peran mereka di masyarakat?

Baca Juga :

Tahukah kamu, bahwa beberapa anak pemulung tetap bersekolah. Mereka memiliki cita-cita juga seperti kamu. Bahkan ada beberapa pemulung yang , telah mencapai cita-citanya dengan gemilang.
Simaklah bacaan berikut dengan saksama!

Ayo Membaca
Aku, Sarjana Pemulung
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Download  Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Namaku Wahyudin,  biasa dipanggil Wahyu. Aku anak pasang an buruh tani. Aku tinggal
bersama kelima saudara tiriku dan dua adikku, selain orang tuaku. Karena kemiskinan, tidak
ada satu pun dari kakak tiriku yang dapat menamatkan sekolah dasarnya. Aku pun terancam demikian, karena kami tidak punya uang untuk sekolah.

Tetapi aku bertekad, aku harus sekolah. Saat subuh aku pergi mengumpulkan sampah plastik dan kardus untuk dijual. Pekerjaanku ini disebut memulung. Aku adalah seorang pemulung. Hasil dari memulung digunakan untuk membayar uang sekolahku. Aku memulung sejak usia 10 tahun pada saat aku duduk di kelas IV SD.

Untuk menamatkan sekolah dasar, aku perlu tambahan biaya. Selain memulung, aku pun menggembalakan kambing tetangga. Sewaktu SMP, aku juga berjualan gorengan. Apa pun kulakukan agar aku dapat sekolah. Pada saat SMA aku menjalani tujuh profesi sekaligus agar aku tetap sekolah. Tetapi meski demikian, aku selalu dapat menjadi juara di sekolahku.

Pada tahun 2013, aku telah menyelesaikan kuliahku di Jakarta dengan tetap menjadi pemulung. Lalu, aku mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah kembali di ITB (Institut Teknologi Bandung), yang kini hampir selesai. Aku bangga telah mencapai cita-citaku untuk terus sekolah, meskipun dengan perjuangan yang panjang dan berat.
Sumber: www.news.detik.com/ dengan pengubahan

Kunci jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 121

Ayo Berdiskusi
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!


 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Download  Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Alternatif Jawaban:
Halangan yang dihadapi : Keterbatasan ekonomi keluarga
Cita-Cita Wahyudin : Bisa terus bersekolah
Sikap yang dimiliki : mau bekerja keras, disiplin, pantang menyerah, dan berkomitmen.
Usaha yang dilakukan : memulung dan menggembalakankambing
Prestasi yang telah diraih Wahyudi : selalu mendapat juara di sekolah dan mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di ITB
Kesimpulan : Wahyudi adalah sosok orang yang bekerja keras untuk mencapai-cita-citanya

Ayo Membaca 
Bacalah puisi berikut di dalam hati!


 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Download  Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 122

Ayo Berdiskusi
Setelah membaca puisi tersebut, lakukanlah kegiatan berikut!
1.  Baca lagi puisi "Sahabatku Seorang Pemulung" di dalam hati.
2.  Tentukan tanda jeda untuk menentukan waktu berhenti lama dan berhenti sejenak.
Altrernatif Jawaban :
Tangan-tangan kecilmu begitu lincah //
Mengais / dan memilah sampah rumah //
Kamu // mencari plastik //
Bahkan kertas dan kardus //

Berbekal karung dan tongkat kecil //
Kamu // mencari dan menemukan //
Barang-barang yang telah dibuang pemiliknya //
Untuk // ditukarkan kepada para pengepul //

Aku mengagumimu, // sahabatku //
Kamu // tidak pernah menyerah
Kamu // tidak pernah mengeluh //
Kamu // selalu bersemangat //

Semoga kamu dapat / mencapai cita-citamu //
Seperti aku pun // berjuang untuk itu //
Mari kita saling mendukung //
Untuk menjadi yang kita mau ///

Keterangan :
/ = berhenti sejenak untuk mengambil napas, biasanya karena ada koma atau di tengah baris
// = berhenti agak lama, biasanya ada koma do akhir baris atau ganti baris
/// = berhenti lama sekali, biasanya pada akhir baris terakhir  atau akhir dari puisi.

3.  Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu. Minta temanmu untuk menyimak cara membacamu dengan penempatan tanda jeda yang sesuai.
4.  Diskusikan pendapat kalian. Lakukan secara bergantian.
5.  Bacakan puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang jelas dan jeda yang sesuai.

Ayo Berkreasi
Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa. Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.  Kali ini kamu akan membuatkarya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas.

Tahukah kamu tentang kolase? Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.
Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai membuat kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.
1.  Selembar kertas, bisa kertas karton atau kertas sketsa/gambar.
2.  Lem.
3.  Gunting.
4.  Koran bekas.
5.  Gambar.

Langkah-langkah  kolase sebagai berikut  membuat .
1.  Siapkan gambar pola pada selembar kertas.
2.  Buatlah potongan-potongan bahan (koran bekas, kardus, plastik).
3.  Tempelkan potongan-potongan tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Download  Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Download  Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126

Tahukah Kamu
Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi masalah lingkungan yang semakin sulit diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa samudra dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak hewan laut mati karena memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat kini adalah dengan menggalakkan gerakan daur ulang sampah plastik. Tujuan mendaur ulang sampah plastik untuk memperpanjang usia pemakaian barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu. Dengan demikian, jumlah sampah dapat dikurangi jumlahnya. Dengan melakukan penghematan penggunaan barang dari alam, kita telah melakukan usaha pelestarian mahluk hidup di sekitar kita.

Ayo Membaca
Keanekaragaman makhluk hidup telah memberikan manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, agar senantiasa dapat memperoleh manfaatnya.

Masyarakat dunia sekarang harus segera bertindak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Dampak buruk yang diakibatkan kepunahan makhluk hidup telah merugikan bagi manusia itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis hewan dan tumbuhan asli Indonesia berada di ambang kepunahan. Bahkan, beberapa sudah punah.

Pelestarian makhluk hidup dapat dilakukan melalui cara-cara di antaranya berikut.
1. Upaya Pelestarian Tumbuh-tumbuhan 
Upaya yang dilakukan sebagai berikut.
a. Kebun koleksi, biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.
b. Kebun plasma nutfah, merupakan perkembangan kebun koleksi Contoh: Kebun plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti, talas, dan suweg.
c. Kebun botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor, terkenal dengan nama kebun raya bogor.

2. Upaya Pelestarian Hewan 
Upaya yang dilakukan sebagai berikut.
a. Menangkar hewan langka dengan cara mengisolasi hewan tersebut.
b. Mengambil telur-telur hewan untuk dibantu menetaskannya.
c. Memindahkan hewan langka ke tempat yang lebih cocok.
d. Membuat undang-undang perburuan.
e. Menindak tegas para pelanggar dengan memberikan sanksi hukum sesuai hukum yang berlaku.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas dan dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Bersama dengan teman sekelompokmu carilah informasi sebanyak banyaknya terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.
Alternatif Jawaban : 
Usaha melestarikan mahluk adalah dengan cara tidak berburu hewan sembarangan, melindungi hewan langka, membudi dayakan hewan langka,tidak menebang pohon sembarangan, melakukan tebang pilih dan menanam kembali tanaman yang telah di manfaatkan.

2. Cari informasi apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu.
3. Cari tahu kegiatan pelestarian apa sajakah yang telah dilakukan, jenis hewan dan tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.
4. Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.
5. Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 126

Ayo Renungkan
Sebutkan hal yang paling menarik bagimu pada kegiatan belajar hari ini!
Alternatif Jawaban : halyang paling menarik adalah seorang pemulung bisa menjadi sarjana karena kerja kerasnya untuk mencapai cita-citanya.

Sebutkan peran para pemulung untuk pelestarian lingkungan!
Alternatif Jawaban : peran pemulung adalah menjadi pemilah sampah, menghindari pencemaran tanah dengan cara mendaur ulang sampah

Kerja Sama dengan Orang Tua
Buatlah sebuah kolase bersama anggota keluarga di rumah dengan menggunakan berbagai barang bekas di rumah, seperti koran, majalah, atau kain.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku TemaTema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 2 . Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

0 Response to "Download Kunci Jawaban Buku Tema Tema 6 Kelas 4 Halaman 121, 122, 125, 126"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel