Bagaimana Pembelajaran yang Sesuai Kebutuhan Siswa
Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa
NoveHasanah.Blogspot.Co.Id
Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning)
Seberapa penting bagi para pendidik untuk menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai bagi kebutuhan siswanya? Jawabannya adalah, sangat penting! Memenuhi kebutuhan peserta didikmelalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan membuat pembelajaran itu menjadi sangat bermakna bagi siswa, Bermaknanya pembelajaran demikian disebabkan karena apa yang peserta didikpelajari dapat dipergunakan di dalam kehidupan mereka, serta akan membuat peserta didikmenjadi merasa nyaman dalam proses belajar mengajar yang dilakukan.Pembelajaran yang Sesuai Kebutuhan Siswa |
Sebuah program pembelajaran akan dirasakan manfaatnya oleh peserta didikjika saja menggunakan pembelajaran yang memadukan konteks nyata kehidupan peserta didik(pembelajar). Selain itu sebaiknya pembelajaran menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didikdengan tidak menggunakan penyampaian tradisional/konvensional.
Penggunaan Pendekatan yang Berpusat pada Siswa (Student Centered Approach)
Pada suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa, terlihatciri menonjol di mana peserta didikselalu aktif dalam kegiatan pembelajaran.Bagaimana melakukan pembelajaran seperti ini? Salah satu teknik yang dapat dilakukan guru ialahdengan membuat peserta didikmemanajemen sendiri kegiatan belajarnya dengan sadar. Guru dapat membantu dengan menanyakan program pembelajaran seperti apa yang mereka butuhkan, kemudian mengeceknya sepanduanperiodik. Hal ini harus dilakukan karena terkadang kebutuhan saat ini bisa berbeda dengan kebutuhan di masa yang akan datang, atau kebutuhan peserta didikhari ini berbeda dengan kebutuhan mereka pada waktu yang lalu. Guru dapat membantu dengan memahami bagaimana kondisi kehidupan peserta didiksehari-hari, kebutuhan-kebutuhan mereka, hingga tujuan pendidikan dan pembelajaran yang mereka ingin capai.
Salah satu contoh pembelajaran (misal mata pelajaran IPS-Ekonomi) yang sesuai kebutuhan dan kondisi real ialahmengajak peserta didikmelakukan penelitian sederhana mengenai harga-harga pada beberapa toko yang ada di daerah mereka, untuk membandingkan jenis barang barang yang dijual, kelengkapan dan ketersediaannya, hingga toko mana yang memberikan harga paling murah. Penelitian semacam ini tentu saja sangat bermakna dan bermanfaat bagi peserta didikkarena langsung berkait dengan kehidupan mereka sehari-hari dan sangat dibutuhkan.
Baca juga: Model Pembelajaran Aktif (Active Learning)
Keleluasaan Siswa dan Bimbingan Guru
Selanjutnya, dalam pelaksanaannya, peserta didikdiberikan keleluasaan bagaimana panduanmelakukan penelitiannya, walaupun tentu saja masih diperlukan bantuan dalam bentuk layanan konsultasi dan koreksi dari guru pembimbing agar penelitian yang dilakukan dapat lebih akurat, efektif, dan efisien.Pemanfaatan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didikini sangatlah penting karena, pertama: Bukti-bukti penelitian yang dilakukan oleh para ahli pendidikan menunjukkan bahwa pendekatan ini benar-benar sukses pada banyak pembelajaran di berbagai institusi dan lembaga pendidikan; Kedua: pendekatan dengan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didikini membuat peserta didikdapat dengan mudah menghubungkan pembelajaran di kelas dengan kehidupan mereka sehari-hari (real life situation). Tambahan, pendekatan berpusat kepada peserta didikini ternyata juga sepanduannyata membantu meningkatkan kemampuan/literasi peserta didikdan keterlibatan yang lebih mendalam dengan literasi dalam kehidupan mereka.
Baca Juga: Langkah Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013
0 Response to "Bagaimana Pembelajaran yang Sesuai Kebutuhan Siswa"
Post a Comment